an online Instagram web viewer
  • brother__jannah
    Brother Jannah
    @brother__jannah

Images by brother__jannah

CARI UNTUNG (hanya 1 menitan!)
Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri -hafizhahullah-
( https://bit.ly/2KR8Jko )
.
Video pendek diambil dari kajian:
"INGIN MULIA?"
( https://bit.ly/2m18MiA )
.
CARI UNTUNG (hanya 1 menitan!) Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri -hafizhahullah- ( https://bit.ly/2KR8Jko ) . Video pendek diambil dari kajian: "INGIN MULIA?" ( https://bit.ly/2m18MiA ) .
Menuntut ilmu syar’i merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Dengan ilmu maka kita bisa mengenal Islam dengan baik. Dengan ilmu kita akan mengetahui hakikat Islam yang sebenarnya yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan dalam seluruh segi kehidupan, manusia sangat butuh terhadap ilmu melebihi kebutuhannya terhadap makan dan minum.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah telah mengeluarkan sebuah perkataan emas yang patut dicatat dengan tinta emas. Beliau berkata:

الناس محتاجون إلى العلم أكثر من حاجتهم إلى الطعاموالشراب، لأن الطعام والشراب يحتاج إليه في اليوم مرة أومرتين، والعلم يحتاج إليه في عدد الأنفاس “Manusia sangat butuh kepada ilmu melebihi kebutuhan mereka kepada makan dan minum. Karena kebutuhan manusia kepada makan dan minum dalam sehari hanya sekali atau dua kali. Sedangkan kebutuhan mereka terhadap ilmu sebanyak bilangan nafasnya.” Islam merupakan agama yang mendasari segala sesuatu dengan ilmu. Allah mengangkat derajat seseorang dengan ilmu, Allah turunkan kitabNya dengan ilmu, para nabi dan rasul diperintahkan untuk mendakwahkan agamaNya dengan ilmu. Dan sebaliknya, Allah sangat mencela kebodohan yang merupakan lawan dari ilmu.

Allah Ta’ala berfirman:

شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاًبِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ “Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Ali Imran [3]: 18)

Di dalam ayat ini Allah Allah mengangkat para malaikat dan orang-orang yang berilmu menjadi saksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dari sini kita mengetahui bahwa kedudukan orang-orang berilmu itu sangatlah mulia di hadapan Allah.

#radiorodja #rodjatv #ilmu#majelisilmu#kajian#belajar#menuntutilmu
Menuntut ilmu syar’i merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Dengan ilmu maka kita bisa mengenal Islam dengan baik. Dengan ilmu kita akan mengetahui hakikat Islam yang sebenarnya yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan dalam seluruh segi kehidupan, manusia sangat butuh terhadap ilmu melebihi kebutuhannya terhadap makan dan minum. Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah telah mengeluarkan sebuah perkataan emas yang patut dicatat dengan tinta emas. Beliau berkata: الناس محتاجون إلى العلم أكثر من حاجتهم إلى الطعاموالشراب، لأن الطعام والشراب يحتاج إليه في اليوم مرة أومرتين، والعلم يحتاج إليه في عدد الأنفاس “Manusia sangat butuh kepada ilmu melebihi kebutuhan mereka kepada makan dan minum. Karena kebutuhan manusia kepada makan dan minum dalam sehari hanya sekali atau dua kali. Sedangkan kebutuhan mereka terhadap ilmu sebanyak bilangan nafasnya.” Islam merupakan agama yang mendasari segala sesuatu dengan ilmu. Allah mengangkat derajat seseorang dengan ilmu, Allah turunkan kitabNya dengan ilmu, para nabi dan rasul diperintahkan untuk mendakwahkan agamaNya dengan ilmu. Dan sebaliknya, Allah sangat mencela kebodohan yang merupakan lawan dari ilmu. Allah Ta’ala berfirman: شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاًبِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ “Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Ali Imran [3]: 18) Di dalam ayat ini Allah Allah mengangkat para malaikat dan orang-orang yang berilmu menjadi saksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dari sini kita mengetahui bahwa kedudukan orang-orang berilmu itu sangatlah mulia di hadapan Allah. #radiorodja  #rodjatv  #ilmu #majelisilmu #kajian #belajar #menuntutilmu 
﷽
JANGAN JADI SUAMI DAYYUTS !!
.
Apa itu DAYYUTS ?
Dayyuts adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu.
Suami bertipe semacam ini adalah yang tercela sebagaimana disebutkan dalam hadits yaitu hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ –sampai pada Nabi ﷺ -, dimana beliau bersabda,
.
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ
.
“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamr, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain)
.
Yang dimaksud tidak punya rasa cemburu dari suami adalah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Bentuknya pada masa sekarang adalah:
1. Membiarkan anak perempuan atau anggota keluarga perempuan berhubungan via telepon/chating dengan laki-laki yang bukan mahram. Mereka saling berbincang hangat, sambil bercumbu rayu, padahal tidak halal.
2. Merelakan anggota keluarga perempuan berdua-duaan dengan laki-laki bukan mahram.
3. Membiarkan anggota keluarga perempuan mengendarai mobil sendirian bersama laki-laki bukan mahram, misalnya sopirnya.
4. Merelakan anggota keluarga perempuan keluar rumah tanpa menggunakan jilbab atau hijab syar’i, sehingga bisa dipandang dengan leluasa, ditambah parahnya menggunakan pakaian ketat yang merangsang nafsu birahi para pria.
5. Mendatangkan film dan majalah penyebar kerusakan dan kemesuman ke dalam rumah.
.
Semoga Allah menyelamatkan kita (para suami) dari sifat dayyuts. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.
.
Wallahu a'lam.
.
🌎 Sumber: rumaysho.com
#pasangan#keluarga#istri#muslimah#akhwat#viral
﷽ JANGAN JADI SUAMI DAYYUTS !! . Apa itu DAYYUTS ? Dayyuts adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu. Suami bertipe semacam ini adalah yang tercela sebagaimana disebutkan dalam hadits yaitu hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ –sampai pada Nabi ﷺ -, dimana beliau bersabda, . ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ . “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamr, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) . Yang dimaksud tidak punya rasa cemburu dari suami adalah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Bentuknya pada masa sekarang adalah: 1. Membiarkan anak perempuan atau anggota keluarga perempuan berhubungan via telepon/chating dengan laki-laki yang bukan mahram. Mereka saling berbincang hangat, sambil bercumbu rayu, padahal tidak halal. 2. Merelakan anggota keluarga perempuan berdua-duaan dengan laki-laki bukan mahram. 3. Membiarkan anggota keluarga perempuan mengendarai mobil sendirian bersama laki-laki bukan mahram, misalnya sopirnya. 4. Merelakan anggota keluarga perempuan keluar rumah tanpa menggunakan jilbab atau hijab syar’i, sehingga bisa dipandang dengan leluasa, ditambah parahnya menggunakan pakaian ketat yang merangsang nafsu birahi para pria. 5. Mendatangkan film dan majalah penyebar kerusakan dan kemesuman ke dalam rumah. . Semoga Allah menyelamatkan kita (para suami) dari sifat dayyuts. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. . Wallahu a'lam. . 🌎 Sumber: rumaysho.com #pasangan #keluarga #istri #muslimah #akhwat #viral 
Sampai kapan kita akan terus sibuk mengejar dunia dan lupa untuk bersiap siap menuju kematian
Sampai kapan kita akan terus sibuk mengejar dunia dan lupa untuk bersiap siap menuju kematian
Kalau sudah punya kemampuan ba-ah segeralah menikah. Moga Allah beri kemudahan untuk segera naik pelaminan. Ayo panggil teman-teman lain yang masih jomblo, jangan lupa doakan mereka juga yah.
-
#nikahmuda #birojodohrumaysho #rumaysho #rumayshocom #ustadzabduhtuasikal
 tausiyah manfaat dari Ustadz @mabduhtuasikal.
Ajak Keluarga ke Majelis Ilmu

Keteladanan keluarga Salaf dalam menghadiri majelis ilmu dan mengunjungi orang-orang yang shaleh sejak kecil, untuk meneladani akhlak mereka.

Imam Ibnul Jauzi membawakan sebuah kisah dari seorang ulama Salaf yang terkenal, Ibrahim al-Harbi. Dari Muqatil bin Muhammad al-‘Ataki, beliau bercerita,

Aku pernah hadir bersama ayah dan saudaraku menemui Abu Ishak Ibrahim al-Harbi, maka beliau bertanya kepada ayahku: “Mereka ini anak-anakmu?” Ayahku menjawab: “Iya”. Beliau berkata kepada ayahku: “Hati-hatilah! Jangan sampai mereka melihatmu melanggar larangan Allah, sehingga (wibawamu) jatuh di mata mereka”. (Shifatush shafwah, 2/409)

Imam Ibrahim bin Adham mengatkan, “Ketika aku masih kecil ayahku berkata kepadaku,

Wahai anakku, tuntutlah ilmu hadis, setiap kali kamu mendengar sebuah hadis dan menghafalnya maka kamu dapat (uang) satu dirham”. Maka akupun menuntut ilmu hadis karena motivasi itu”. (Syarafu ashhabil hadits, hlm. 66)

Imam al-Khathib al-Bagdadi menukil kisah dari Imam al-A’masy, ketika beliau sedang menyampaikan hadis di hadapan anak-anak yang masih kecil, maka ada yang bertanya kepada beliau, “Kamu menyampaikan hadis di hadapan anak-anak yang masih kecil ini?”. “Anak-anak yang masih kecil inilah yang akan menjaga agamamu”. Jawab Imam al-A’masy. (Syarafu ashhaabil hadits, hlm. 64)

Renungkanlah kisah di atas, bagaimana para ulama Salaf membiasakan anggota keluarga mereka, sejak usia anak-anak, untuk selalu menghadiri majelis ilmu dan kajian-kajian Islam untuk kebaikan agama mereka, serta bergaul dan mengunjungi orang-orang yang shaleh dalam rangka meneladani akhlak mulia mereka.

Mereka memahami bahwa jiwa manusia memiliki kecenderungan untuk selalu meniru dan mengikuti orang lain yang dikaguminya dan selalu dekat dengannya. Sebagaimana sabda Rasulullah : “Ruh-ruh (jiwa) manusia adalah kelompok yang selalu bersama, maka yang saling bersesuaian di antara mereka akan saling dekat, dan yang tidak bersesuaian akan saling berselisih”. (HR. Bukhari Muslim) - sumber: konsultasisyariah.com

#taqwart #majelisilmu #kajianilmu #kajian #tamansurga #belajar #belajaragama #ilmuagama #ustadz #berangkatkajian
Ajak Keluarga ke Majelis Ilmu Keteladanan keluarga Salaf dalam menghadiri majelis ilmu dan mengunjungi orang-orang yang shaleh sejak kecil, untuk meneladani akhlak mereka. Imam Ibnul Jauzi membawakan sebuah kisah dari seorang ulama Salaf yang terkenal, Ibrahim al-Harbi. Dari Muqatil bin Muhammad al-‘Ataki, beliau bercerita, Aku pernah hadir bersama ayah dan saudaraku menemui Abu Ishak Ibrahim al-Harbi, maka beliau bertanya kepada ayahku: “Mereka ini anak-anakmu?” Ayahku menjawab: “Iya”. Beliau berkata kepada ayahku: “Hati-hatilah! Jangan sampai mereka melihatmu melanggar larangan Allah, sehingga (wibawamu) jatuh di mata mereka”. (Shifatush shafwah, 2/409) Imam Ibrahim bin Adham mengatkan, “Ketika aku masih kecil ayahku berkata kepadaku, Wahai anakku, tuntutlah ilmu hadis, setiap kali kamu mendengar sebuah hadis dan menghafalnya maka kamu dapat (uang) satu dirham”. Maka akupun menuntut ilmu hadis karena motivasi itu”. (Syarafu ashhabil hadits, hlm. 66) Imam al-Khathib al-Bagdadi menukil kisah dari Imam al-A’masy, ketika beliau sedang menyampaikan hadis di hadapan anak-anak yang masih kecil, maka ada yang bertanya kepada beliau, “Kamu menyampaikan hadis di hadapan anak-anak yang masih kecil ini?”. “Anak-anak yang masih kecil inilah yang akan menjaga agamamu”. Jawab Imam al-A’masy. (Syarafu ashhaabil hadits, hlm. 64) Renungkanlah kisah di atas, bagaimana para ulama Salaf membiasakan anggota keluarga mereka, sejak usia anak-anak, untuk selalu menghadiri majelis ilmu dan kajian-kajian Islam untuk kebaikan agama mereka, serta bergaul dan mengunjungi orang-orang yang shaleh dalam rangka meneladani akhlak mulia mereka. Mereka memahami bahwa jiwa manusia memiliki kecenderungan untuk selalu meniru dan mengikuti orang lain yang dikaguminya dan selalu dekat dengannya. Sebagaimana sabda Rasulullah : “Ruh-ruh (jiwa) manusia adalah kelompok yang selalu bersama, maka yang saling bersesuaian di antara mereka akan saling dekat, dan yang tidak bersesuaian akan saling berselisih”. (HR. Bukhari Muslim) - sumber: konsultasisyariah.com #taqwart  #majelisilmu  #kajianilmu  #kajian  #tamansurga  #belajar  #belajaragama  #ilmuagama  #ustadz  #berangkatkajian 
.
LARANGAN BERPECAH BELAH
_______________________________
Persatuan kaum muslimin di atas al haq dan larangan berpecah-belah, merupakan prinsip yang agung dalam agama Islam.

Allah Ta’ala berfirman,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara. (QS Ali Imran:103)

Al Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Dia (Allah) memerintahkan mereka (umat Islam) untuk berjama’ah dan melarang perpecahan. Dan telah datang banyak hadits, yang (berisi) larangan perpecahan dan perintah persatuan. Mereka dijamin terjaga dari kesalahan manakala mereka bersepakat, sebagaimana tersebut banyak hadits tentang hal itu juga. Dikhawatirkan terjadi perpecahan dan perselisihan atas mereka. Namun hal itu telah terjadi pada umat ini, sehingga mereka berpecah menjadi 73 firqah. Diantaranya  terdapat satu firqah najiyah (yang selamat) menuju surga dan selamat dari siksa neraka. Mereka ialah orang-orang yang berada di atas apa-apa yang ada pada diri Nabi n dan para sahabat beliau.”
[Tafsir Al Qur’anil ‘Azhim, surat Ali Imran:103.] Penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang menghubungkan ayat di atas yang memerintahkan persatuan dengan hadits firqah najiyah menunjukkan bahwa persatuan yang haq, ialah dengan mengikuti apa-apa yang ada pada Nabi dan para sahabat beliau. Membangun persatuan, yaitu dengan mengikuti Al Kitab dan As Sunnah berdasarkan pemahaman para sahabat, kemudian menolak bid’ah. Karena seluruh bid’ah merupakan kesesatan. Bid’ah adalah perkara baru dalam agama, yang tidak ada pada zaman Rasulullah dan para sahabatnya.
...
👤 Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas .
.
.
#dakwah #tauhid #allah #rasulullah #sunnah #aqidah #manhaj #ustadz #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #arbyansenapati
. LARANGAN BERPECAH BELAH _______________________________ Persatuan kaum muslimin di atas al haq dan larangan berpecah-belah, merupakan prinsip yang agung dalam agama Islam. Allah Ta’ala berfirman, وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara. (QS Ali Imran:103) Al Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Dia (Allah) memerintahkan mereka (umat Islam) untuk berjama’ah dan melarang perpecahan. Dan telah datang banyak hadits, yang (berisi) larangan perpecahan dan perintah persatuan. Mereka dijamin terjaga dari kesalahan manakala mereka bersepakat, sebagaimana tersebut banyak hadits tentang hal itu juga. Dikhawatirkan terjadi perpecahan dan perselisihan atas mereka. Namun hal itu telah terjadi pada umat ini, sehingga mereka berpecah menjadi 73 firqah. Diantaranya  terdapat satu firqah najiyah (yang selamat) menuju surga dan selamat dari siksa neraka. Mereka ialah orang-orang yang berada di atas apa-apa yang ada pada diri Nabi n dan para sahabat beliau.” [Tafsir Al Qur’anil ‘Azhim, surat Ali Imran:103.] Penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang menghubungkan ayat di atas yang memerintahkan persatuan dengan hadits firqah najiyah menunjukkan bahwa persatuan yang haq, ialah dengan mengikuti apa-apa yang ada pada Nabi dan para sahabat beliau. Membangun persatuan, yaitu dengan mengikuti Al Kitab dan As Sunnah berdasarkan pemahaman para sahabat, kemudian menolak bid’ah. Karena seluruh bid’ah merupakan kesesatan. Bid’ah adalah perkara baru dalam agama, yang tidak ada pada zaman Rasulullah dan para sahabatnya. ... 👤 Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas . . . #dakwah  #tauhid  #allah  #rasulullah  #sunnah  #aqidah  #manhaj  #ustadz  #ustadzyazidbinabdulqadirjawas  #arbyansenapati 
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberikan ilmu di antara kalian beberapa derajat. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Mujadilah: 11)

Ibnu Katsir menyebutkan di dalam tafsirnya sebuah riwayat dari Abu Thufail Amir bin Watsilah yang menceritakan bahwa Nafi’ bin Abdul Harits pernah bertemu dengan Umar bin Khattab di ‘Isfan (nama sebuah tempat). Ketika itu Umar mengangkatnya sebagai gubernur Mekah. Umar pun berkata kepadanya, “Siapakah orang yang kamu serahi urusan untuk memimpin penduduk lembah itu?”. Dia mengatakan, “Orang yang saya angkat sebagai pemimpin mereka adalah Ibnu Abza; salah seorang bekas budak kami.” Maka Umar mengatakan, “Apakah kamu mengangkat seorang bekas budak untuk memimpin mereka?”. Dia pun menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya dia adalah orang yang pandai memahami Kitabullah, mendalami ilmu waris, dan juga seorang hakim.” Umar radhiyallahu’anhu menimpali ucapannya, “Adapun Nabi kalian, sesungguhnya dia memang pernah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah akan mengangkat kedudukan sekelompok orang dengan sebab Kitab ini, dan akan merendahkan sebagian lainnya karena kitab ini pula.’ (HR. Muslim)

Judul full kajian: indahnya agama islam

Sumber artikel: https://muslim.or.id/587-kebanyakan-manusia-tidak-berilmu.html

#ustadzyazidabdulqadirjawas
#ilmu#kajian#majelisilmu#wajib#muslim
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberikan ilmu di antara kalian beberapa derajat. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Mujadilah: 11) Ibnu Katsir menyebutkan di dalam tafsirnya sebuah riwayat dari Abu Thufail Amir bin Watsilah yang menceritakan bahwa Nafi’ bin Abdul Harits pernah bertemu dengan Umar bin Khattab di ‘Isfan (nama sebuah tempat). Ketika itu Umar mengangkatnya sebagai gubernur Mekah. Umar pun berkata kepadanya, “Siapakah orang yang kamu serahi urusan untuk memimpin penduduk lembah itu?”. Dia mengatakan, “Orang yang saya angkat sebagai pemimpin mereka adalah Ibnu Abza; salah seorang bekas budak kami.” Maka Umar mengatakan, “Apakah kamu mengangkat seorang bekas budak untuk memimpin mereka?”. Dia pun menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya dia adalah orang yang pandai memahami Kitabullah, mendalami ilmu waris, dan juga seorang hakim.” Umar radhiyallahu’anhu menimpali ucapannya, “Adapun Nabi kalian, sesungguhnya dia memang pernah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah akan mengangkat kedudukan sekelompok orang dengan sebab Kitab ini, dan akan merendahkan sebagian lainnya karena kitab ini pula.’ (HR. Muslim) Judul full kajian: indahnya agama islam Sumber artikel: https://muslim.or.id/587-kebanyakan-manusia-tidak-berilmu.html #ustadzyazidabdulqadirjawas  #ilmu #kajian #majelisilmu #wajib #muslim 
Hati-hati dengan hati yang semakin membatu. Ya Allah, bimbinglah kami untuk terus istiqamah dalam ngaji (menuntut ilmu).
-
Semoga bermanfaat :)
Follow @muslimmyway
-
#rumaysho
#rumayshocom
#ustadzabduhtuasikal
#ilmu#kajian#majelisilmu#belajar#wajib
SEBAGIAN ORANG TUA HANYA MELIHAT KEKAYAAN SAJA .
.
.
Jazakallah Khoiran Ustadz @syafiqrizabasalamah_official .
. ------------------------------------------------------
.
#IndonesiaBertauhid #ustadzsyafiqrizabasalamah #jodoh #nikah #lamar #menikah#orangtua#mertua
.
Kalau ditanya Allah di mana. Jawabnnya adalah di atas sana, bukan di mana-mana.
-
#akidahmuslim #akidahahlussunnah #dimanaAllah #rumaysho #rumayshocom #ustadzabduhtuasikal
SUAMI TERBAIK

Suami terbaik ialah yg paling baik pada keluarganya, contohnya selalu membantu urusan istri di rumah
Coba lihat bagaimanakah contoh dari suri tauladan kita, Nabi ﷺ ketika beliau berada di rumah
.
عَنِ الأَسْوَدِ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ مَا كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصْنَعُ فِى أَهْلِهِ قَالَتْ كَانَ فِى مِهْنَةِ أَهْلِهِ ، فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ
.
Dari Al-Aswad, ia bertanya pada ‘Aisyah, “Apa yang Nabi ﷺ lakukan ketika berada di tengah keluarganya?” ‘Aisyah menjawab, “Rasulullah ﷺ biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah. Jika telah tiba waktu shalat, beliau berdiri dan segera menuju shalat.” (HR. Bukhari)

Dalam Syarh Al-Bukhari karya Ibnu Batthol rahimahullah disebutkan bahwa Al-Muhallab menyatakan, inilah pekerjaan Nabi ﷺ di rumahnya. Hal ini wujud tanda ketawadhu’an (kerendahan hati) beliau, juga supaya umatnya bisa mencontohnya. Karenanya termasuk sunnah Nabi, ﷺ hendaklah seseorang bisa mengurus pekerjaan rumahnya, baik menyangkut perkara dunia dan agamanya
As-Sindi rahimahullah dalam catatan kaki untuk Shahih Al-Bukhari menyatakan bahwa membantu urusan rumah termasuk kebiasaan (sunnah) orang-orang shalih

Ketawadhu’an inilah yang nanti akan membuat Allah meninggikan derajat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda
.

وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ
.
Tidaklah seseorang tawadhu’ (merendahkan hati) karena Allah melainkan Dia akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim)

Yg paling penting lagi, membantu istri di rumah akan membuat seorang suami makin dicintai. Tak percaya? Silakan buktikan dgn membantunya saat masak, saat berbelanja, menyetrika termasuk juga dalam mengurus anak-anak

Ingatlah suami terbaik adalah suami yg paling baik pada istri, anak dan keluarganya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah ﷺ bersabda:
.
خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى .
Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik pada keluarganya. Aku sendiri adalah orang yang paling baik pada keluargaku. (HR. Tirmidzi)

Sumber:
rumaysho.com/15770-suami-terbaik-suami-yang-selalu-membantu-istri-di-rumah.html
#iqraart#keluarga#suami#istri#partner
SUAMI TERBAIK Suami terbaik ialah yg paling baik pada keluarganya, contohnya selalu membantu urusan istri di rumah Coba lihat bagaimanakah contoh dari suri tauladan kita, Nabi ﷺ ketika beliau berada di rumah . عَنِ الأَسْوَدِ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ مَا كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصْنَعُ فِى أَهْلِهِ قَالَتْ كَانَ فِى مِهْنَةِ أَهْلِهِ ، فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ . Dari Al-Aswad, ia bertanya pada ‘Aisyah, “Apa yang Nabi ﷺ lakukan ketika berada di tengah keluarganya?” ‘Aisyah menjawab, “Rasulullah ﷺ biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah. Jika telah tiba waktu shalat, beliau berdiri dan segera menuju shalat.” (HR. Bukhari) Dalam Syarh Al-Bukhari karya Ibnu Batthol rahimahullah disebutkan bahwa Al-Muhallab menyatakan, inilah pekerjaan Nabi ﷺ di rumahnya. Hal ini wujud tanda ketawadhu’an (kerendahan hati) beliau, juga supaya umatnya bisa mencontohnya. Karenanya termasuk sunnah Nabi, ﷺ hendaklah seseorang bisa mengurus pekerjaan rumahnya, baik menyangkut perkara dunia dan agamanya As-Sindi rahimahullah dalam catatan kaki untuk Shahih Al-Bukhari menyatakan bahwa membantu urusan rumah termasuk kebiasaan (sunnah) orang-orang shalih Ketawadhu’an inilah yang nanti akan membuat Allah meninggikan derajat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda . وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ . Tidaklah seseorang tawadhu’ (merendahkan hati) karena Allah melainkan Dia akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim) Yg paling penting lagi, membantu istri di rumah akan membuat seorang suami makin dicintai. Tak percaya? Silakan buktikan dgn membantunya saat masak, saat berbelanja, menyetrika termasuk juga dalam mengurus anak-anak Ingatlah suami terbaik adalah suami yg paling baik pada istri, anak dan keluarganya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah ﷺ bersabda: . خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى . Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik pada keluarganya. Aku sendiri adalah orang yang paling baik pada keluargaku. (HR. Tirmidzi) Sumber: rumaysho.com/15770-suami-terbaik-suami-yang-selalu-membantu-istri-di-rumah.html #iqraart #keluarga #suami #istri #partner 
Intisari Kajian
The Rabbaanians : "Fatamorgana" 
Ustadz Maududi Abdullah, Lc
Rabu, 05 September 2018 / 25 Dzulhijjah 1439H
Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Jakarta Selatan
.
HAKIKAT DUNIA
.
Tidaklah dunia dibandingkan akhirat kecuali bagaikan salah seorang dari kalian mencelupkan salah satu jarinya kedalam air laut. Lihatlah berapa banyak air yang bisa dibawanya.
(HR Muslim)
.
Dunia itu kerdil / sedikit. Dunia itu sangatlah singkat. Harta dunia tidak menjamin kebahagiaan
.
Islam tidak bertabrakan dengan kekayaan. Tapi islam bertabrakan dengan harta yang akan merusak akhirat
.
Allah letakkan kebahagiaan itu dibalik ibadah bukan di balik harta. Jangan kita mengejar 1 dari rahmat Allah di dunia dan meninggalkan 99 rahmat Allah di surga
.
Intisari selengkapnya download pada link berikut :
.
https://drive.google.com/file/d/1o_20fIWMHFQB5UYKsGLB11RoMKvQkzgV/view?usp=drivesdk
Intisari Kajian The Rabbaanians : "Fatamorgana" Ustadz Maududi Abdullah, Lc Rabu, 05 September 2018 / 25 Dzulhijjah 1439H Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Jakarta Selatan . HAKIKAT DUNIA . Tidaklah dunia dibandingkan akhirat kecuali bagaikan salah seorang dari kalian mencelupkan salah satu jarinya kedalam air laut. Lihatlah berapa banyak air yang bisa dibawanya. (HR Muslim) . Dunia itu kerdil / sedikit. Dunia itu sangatlah singkat. Harta dunia tidak menjamin kebahagiaan . Islam tidak bertabrakan dengan kekayaan. Tapi islam bertabrakan dengan harta yang akan merusak akhirat . Allah letakkan kebahagiaan itu dibalik ibadah bukan di balik harta. Jangan kita mengejar 1 dari rahmat Allah di dunia dan meninggalkan 99 rahmat Allah di surga . Intisari selengkapnya download pada link berikut : . https://drive.google.com/file/d/1o_20fIWMHFQB5UYKsGLB11RoMKvQkzgV/view?usp=drivesdk
Sesungguhnya, di dalam Islam, kaum wanita memiliki hak-hak. Terkadang hak-hak ini dilalaikan oleh kebanyakan orang. Sehingga terjadilah kezhaliman kepada kaum wanita. Tidak memberikan apa yang wajib mereka terima. Wanita di dalam Islam, tidak seperti wanita di negeri-negeri non-Islam. Dalam Islam, wanita punya hak dan juga punya kewajiban.
.
Hak wanita di dalam Islam adalah mereka wajib dijaga dan dilindungi. Mereka berhak mendapatkan pendidikan dan bimbingan yang islami. Mereka berhak diperlakukan dengan baik. Inilah hak wanita yang wajib ditunaikan oleh kaum laki-laki. Dan mereka juga berhak menuntut laki-laki dalam hal ini. Allah ﷻ berfirman, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS:An-Nisaa | Ayat: 34).
.
Wanita adalah amanah dari Allah yang wajib kita jaga. Karena dia dari Allah, maka wajib kita perlakukan sesuai dengan syariat Allah pula. Kita memohon pertolongan Allah agar bisa menjaga amanah dari-Nya dan tidak melalaukannya. Dan kita juga memohon kepada Allah agar wanita-wanita muslimah diberi taufik untuk menaati perintah-perintah-Nya. (sumber:khotbahjumat.com/3333-melindungi-wanita.html)

#taqwart #melindungiwanita #annisa #muslimah #muslimahsholihah #suamiideal #lelakisholih #menikah
Sesungguhnya, di dalam Islam, kaum wanita memiliki hak-hak. Terkadang hak-hak ini dilalaikan oleh kebanyakan orang. Sehingga terjadilah kezhaliman kepada kaum wanita. Tidak memberikan apa yang wajib mereka terima. Wanita di dalam Islam, tidak seperti wanita di negeri-negeri non-Islam. Dalam Islam, wanita punya hak dan juga punya kewajiban. . Hak wanita di dalam Islam adalah mereka wajib dijaga dan dilindungi. Mereka berhak mendapatkan pendidikan dan bimbingan yang islami. Mereka berhak diperlakukan dengan baik. Inilah hak wanita yang wajib ditunaikan oleh kaum laki-laki. Dan mereka juga berhak menuntut laki-laki dalam hal ini. Allah ﷻ berfirman, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS:An-Nisaa | Ayat: 34). . Wanita adalah amanah dari Allah yang wajib kita jaga. Karena dia dari Allah, maka wajib kita perlakukan sesuai dengan syariat Allah pula. Kita memohon pertolongan Allah agar bisa menjaga amanah dari-Nya dan tidak melalaukannya. Dan kita juga memohon kepada Allah agar wanita-wanita muslimah diberi taufik untuk menaati perintah-perintah-Nya. (sumber:khotbahjumat.com/3333-melindungi-wanita.html) #taqwart  #melindungiwanita  #annisa  #muslimah  #muslimahsholihah  #suamiideal  #lelakisholih  #menikah 
Maka sungguh merugi seseorang yang menjual kenikmatan surga dengan angan-angan dusta…dengan permainan yang menarik dan melalaikan…
.
Inilah fitnah akhir zaman..
.
Maka berusaha dan terus lah berdoa semoga kita ditetapkan hingga ruh terangkat ..kita menggenggam sunnah .
Tidak menjual nikmat surga dengan dunia yang fana .
Voice : al ustadz @abuzzubairhawaary_official .
.
#islam #sunnah #mukmin #muslimah #fitnah #fitnahdunia #akhirzaman #hijrah #istiqomah #mukmin #manhaj #akidah #aqidah #tauhid #dakwah #videodakwah #vidgram #dakwahislam #dakwahsalaf #dunia #bandung #kajian #videokajian #kajianislam
Maka sungguh merugi seseorang yang menjual kenikmatan surga dengan angan-angan dusta…dengan permainan yang menarik dan melalaikan… . Inilah fitnah akhir zaman.. . Maka berusaha dan terus lah berdoa semoga kita ditetapkan hingga ruh terangkat ..kita menggenggam sunnah . Tidak menjual nikmat surga dengan dunia yang fana . Voice : al ustadz @abuzzubairhawaary_official . . #islam  #sunnah  #mukmin  #muslimah  #fitnah  #fitnahdunia  #akhirzaman  #hijrah  #istiqomah  #mukmin  #manhaj  #akidah  #aqidah  #tauhid  #dakwah  #videodakwah  #vidgram  #dakwahislam  #dakwahsalaf  #dunia  #bandung  #kajian  #videokajian  #kajianislam 
Intisari Kajian
The Rabbaanians : "Dunia Di Antara Jarimu" 
Ustadz Ammi Nur Baits 
Rabu, 22 Agustus 2018 / 11 Dzulhijjah 1439H
Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Jakarta Selatan
.
DUA PILIHAN
.
Semua harta yang Allah berikan itu memiliki dua potensi : bisa menghasilkan kebaikan atau bisa menghasilkan keburukan
.
(Yaitu) bagi siapa di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur
.
Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok - olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan
.
Intisari selengkapnya download pada link berikut :
.
https://drive.google.com/file/d/1Xs8YyXY09MKbgldLC90WYXn3edNkceX_/view?usp=drivesdk
Intisari Kajian The Rabbaanians : "Dunia Di Antara Jarimu" Ustadz Ammi Nur Baits Rabu, 22 Agustus 2018 / 11 Dzulhijjah 1439H Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Jakarta Selatan . DUA PILIHAN . Semua harta yang Allah berikan itu memiliki dua potensi : bisa menghasilkan kebaikan atau bisa menghasilkan keburukan . (Yaitu) bagi siapa di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur . Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok - olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan . Intisari selengkapnya download pada link berikut : . https://drive.google.com/file/d/1Xs8YyXY09MKbgldLC90WYXn3edNkceX_/view?usp=drivesdk
❤️ Ajarkan Anakmu Al-Qur'an ❤️
.
Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah sallallahu alahi wa sallam bersabda:
“Al-Qur’an datang pada hari kiamat seperti lelaki pucat, menanyakan kepada pemiliknya, “Apakah kamu mengenaliku? Saya yang dahulu dimana saya begadang malam hari dan (menahan) dalam kehausan. Sesungguhnya setiap pedagang dibelakang ada perniagaannya. Dan saya sekarang untuk anda dibelakang semua pedagang. Dan diberikan kerajaan (Malik) dikananya dan Khuldi (kekal) di kirinya serta ditaruh di atas kepalanya mahkota wiqor. Dipakaikan untuk kedua orang tuanya dua gelang yang tidak ada (bandingan) nilainya dunia dan seisinya. Keduanya mengatakan,”Wahai Tuhan, dari manakah ini? Dikatakan kepada keduanya, “Karena hasil pengajaran Al-Qur’an kepada anak anda berdua.” HR. Tobroni, di Ausath, (6/51).
.
Dari Buraidah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Siapa yang membaca Qur’an, belajar dan mengamalkannya. Maka dipakaikan pada hari kiamat kepada kedua orang tuanya mahkota dari cahaya, cahayanya seperti pancaran cahaya matahari. Dipakaikan dua gelang untuk orang tuanya dimana tidak dapat dibandingkan dengan dunia seisinya. Kedua berkata, “Kenapa kita dipakaikan ini? Dikatakan, “Karena  kedua anak anda mengambil Qur’an.” HR. Hakim, (1/756).
.
Kedua hadits dapat menghasankan satu dengan lainnya. Silahkan melihat ‘Silsilah Shohehah, (2829). via: islamqa.info

#taqwart #alquran #quran #mahkotaorangtua #orangtua #parentingislami #islamicparenting #mendidikanak #anakmuslim #bacaquran
❤️ Ajarkan Anakmu Al-Qur'an ❤️ . Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah sallallahu alahi wa sallam bersabda: “Al-Qur’an datang pada hari kiamat seperti lelaki pucat, menanyakan kepada pemiliknya, “Apakah kamu mengenaliku? Saya yang dahulu dimana saya begadang malam hari dan (menahan) dalam kehausan. Sesungguhnya setiap pedagang dibelakang ada perniagaannya. Dan saya sekarang untuk anda dibelakang semua pedagang. Dan diberikan kerajaan (Malik) dikananya dan Khuldi (kekal) di kirinya serta ditaruh di atas kepalanya mahkota wiqor. Dipakaikan untuk kedua orang tuanya dua gelang yang tidak ada (bandingan) nilainya dunia dan seisinya. Keduanya mengatakan,”Wahai Tuhan, dari manakah ini? Dikatakan kepada keduanya, “Karena hasil pengajaran Al-Qur’an kepada anak anda berdua.” HR. Tobroni, di Ausath, (6/51). . Dari Buraidah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang membaca Qur’an, belajar dan mengamalkannya. Maka dipakaikan pada hari kiamat kepada kedua orang tuanya mahkota dari cahaya, cahayanya seperti pancaran cahaya matahari. Dipakaikan dua gelang untuk orang tuanya dimana tidak dapat dibandingkan dengan dunia seisinya. Kedua berkata, “Kenapa kita dipakaikan ini? Dikatakan, “Karena kedua anak anda mengambil Qur’an.” HR. Hakim, (1/756). . Kedua hadits dapat menghasankan satu dengan lainnya. Silahkan melihat ‘Silsilah Shohehah, (2829). via: islamqa.info #taqwart  #alquran  #quran  #mahkotaorangtua  #orangtua  #parentingislami  #islamicparenting  #mendidikanak  #anakmuslim  #bacaquran