an online Instagram web viewer
  • newbie_preneur
    Pengusaha Muslim Pemula ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ
    @newbie_preneur

Images by newbie_preneur

Jual Beli yang Dirahmati
.
Barakallahu fiik
Ustadz @ustbudiashari
.
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
๐ŸŽฅ @salingsapaid
.
#salingsapa #salingsapaid #salingsapatv #budiashari #jual #beli #rahmat #pengusaha #muslimunited #muslimpreneur #yukngaji #hijrah #hijrahbisnis #pengusahatanpariba #oneminutebooster #berkah #BerbagiSemangat #entrepreneurship #yukngaji
.
.
Allah berjanji, Cepat atau lambat, Allah akan menghancurkan RIBA..
.
"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (QS. Al-Baqarah : 276)
.
Dan jika kita sekarang, harta kita belum habis walaupun kita melakukan RIBA, maka tunggu saja..Saat itu akan tiba..
.
โ€œSesungguhnya (harta) riba, walaupun banyak jumlahnya, pada akhirnya akan menjadi sedikit.โ€ย (Riwayat Imam Ahmad, at-Thabrany, al- Hakim dan dihasankan oleh Ibnu Hajar dan al-Albany).
.
Namun, apabila harta kita masih utuh bahkan terus bertambah, dan kita belum bertobat.. maka siap-siap, Allah akan memerangi kita dan Allah berikan adzab yang sangat pedih.
.
Naudzubillaahimindzaalik
. . Allah berjanji, Cepat atau lambat, Allah akan menghancurkan RIBA.. . "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (QS. Al-Baqarah : 276) . Dan jika kita sekarang, harta kita belum habis walaupun kita melakukan RIBA, maka tunggu saja..Saat itu akan tiba.. . โ€œSesungguhnya (harta) riba, walaupun banyak jumlahnya, pada akhirnya akan menjadi sedikit.โ€ย (Riwayat Imam Ahmad, at-Thabrany, al- Hakim dan dihasankan oleh Ibnu Hajar dan al-Albany). . Namun, apabila harta kita masih utuh bahkan terus bertambah, dan kita belum bertobat.. maka siap-siap, Allah akan memerangi kita dan Allah berikan adzab yang sangat pedih. . Naudzubillaahimindzaalik
Bangun impianmu sendiri ๐Ÿ’ช๐Ÿค 
Bangun impianmu sendiri ๐Ÿ’ช๐Ÿค 
Bagaimana pendapatmu tentang system pendidikan saat ini? #newbiepreneur .
๐Ÿ“ท @catatanpebisnis
Bagaimana pendapatmu tentang system pendidikan saat ini? #newbiepreneur  . ๐Ÿ“ท @catatanpebisnis
Memulai memang bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali, kita akan merasa ragu dan takut akan jalan yang dipilih. Tapi, justru di saat keraguan itu muncul, kita harus segera melawannya dan tetap mengambil langkah! 
Ingat, sekecil apapun langkah yang kita ambil sama dengan satu langkah lebih dekat menuju segala hal yang kita impikan! .
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
By :@titikmulai
Memulai memang bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali, kita akan merasa ragu dan takut akan jalan yang dipilih. Tapi, justru di saat keraguan itu muncul, kita harus segera melawannya dan tetap mengambil langkah! Ingat, sekecil apapun langkah yang kita ambil sama dengan satu langkah lebih dekat menuju segala hal yang kita impikan! . Follow โžก๏ธ @newbie_preneur By :@titikmulai
Selalu nusuk kata2 om bob ini ๐Ÿ˜Štag dan mention temen Anda yg wajib denger kata2 om bob ini
.
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
by : @rumahgagasan
Selalu nusuk kata2 om bob ini ๐Ÿ˜Štag dan mention temen Anda yg wajib denger kata2 om bob ini . Follow โžก๏ธ @newbie_preneur by : @rumahgagasan
Dalam membangun bisnis, penting bagimu untuk mengevaluasi kembali tentang diri dan apa yang kamu hadapi. Coba yuk tanyakan dan renungkan 7 pertanyaan ini. Setelah itu, gunakan jawabannya sebagai acuan untukmu terus melangkah maju.
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
๐Ÿ“ท @titikmulai
Dalam membangun bisnis, penting bagimu untuk mengevaluasi kembali tentang diri dan apa yang kamu hadapi. Coba yuk tanyakan dan renungkan 7 pertanyaan ini. Setelah itu, gunakan jawabannya sebagai acuan untukmu terus melangkah maju. Follow โžก๏ธ @newbie_preneur ๐Ÿ“ท @titikmulai
By @tribunwow
ใƒปใƒปใƒป
Seorang penjual tahu keliling di Bogor jadi idola 'emak-emak' lantaran penampilannya seperti pegawai kantoran.

Ia bernama Hikam Abdul Manan, seorang penjual tahu keju keliling yang menarik perhatian karena penampilannya.

Hikam berjualan tahu memakai pakaian seperti karyawan kantoran dengan kemeja, dasi, celana kain, jas dan sepatu pantofel.

Sering kali Hikam memakai kacamata hitam untuk mendukung penampilannya.

Berkat penampilannya ini, Hikam terlihat rapi dan menarik perhatian pembeli, terutama dari para 'emak-emak' alias ibu-ibu yang menjadi pelanggannya.

#viral #penjualtahu #IdolaEmakEmak #tribunnews #tribunwow #newbiepreneur
By @tribunwow ใƒปใƒปใƒป Seorang penjual tahu keliling di Bogor jadi idola 'emak-emak' lantaran penampilannya seperti pegawai kantoran. Ia bernama Hikam Abdul Manan, seorang penjual tahu keju keliling yang menarik perhatian karena penampilannya. Hikam berjualan tahu memakai pakaian seperti karyawan kantoran dengan kemeja, dasi, celana kain, jas dan sepatu pantofel. Sering kali Hikam memakai kacamata hitam untuk mendukung penampilannya. Berkat penampilannya ini, Hikam terlihat rapi dan menarik perhatian pembeli, terutama dari para 'emak-emak' alias ibu-ibu yang menjadi pelanggannya. #viral  #penjualtahu  #IdolaEmakEmak  #tribunnews  #tribunwow  #newbiepreneur 
Apa arti "SUKSES" menurut versi kamu? .
.
Tag teman kamu ๐Ÿ˜Ž #newbiepreneur
Apa arti "SUKSES" menurut versi kamu? . . Tag teman kamu ๐Ÿ˜Ž #newbiepreneur 
Belia, muda, maupun tua tidak ada yang tahu, mereka pun bisa merasakan kematian. Setahun yang silam, kita barangkali melihat saudara kita dalam keadaan sehat bugar, ia pun masih muda dan kuat. Namun hari ini ternyata ia telah pergi meninggalkan kita. Kita pun tahu, kita tidak tahu kapan maut menjemput kita. Entah besok, entah lusa, entah kapan. Namun kematian sobat kita, itu sudah cukup sebagai pengingat, penyadar dari kelalaian kita. ย Bahwa kita pun akan sama dengannya, akan kembali pada Allah. Dunia akan kita tinggalkan di belakang. Dunia hanya sebagai lahan mencari bekal. Alam akhiratlah tempat akhir kita.

Sungguh kematian dari orang sekeliling kita banyak menyadarkan kita. Oleh karenanya, kita diperingatkan untuk banyak-banyak mengingat mati. Dan faedahnya amat banyak. Kami mengutarakan beberapa di antaranya kali ini.

Dianjurkan untuk mengingat mati dan mempersiapkan diri menghadap kematian โ€ฆ

Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ุฃูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ุฐููƒู’ุฑูŽ ู‡ูŽุงุฐูู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ุฐูŽู‘ุงุชู
.
โ€œPerbanyaklah mengingat pemutus kelezatanโ€ (HR. An Nasai no. 1824,Tirmidzi no. 2307 dan Ibnu Majah no. 4258 dan Ahmad 2: 292.).Yang dimaksud adalah kematian. Kematian disebutย haadzimย (pemutus) karena ia menjadi pemutus kelezatan dunia.

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูƒูู†ู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ููŽุฌูŽุงุกูŽู‡ู ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ููŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุจูู‰ูู‘ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู‰ูู‘ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ยซ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ุฎูู„ูู‚ู‹ุง ยป. ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฃูŽู‰ูู‘ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ุฃูŽูƒู’ูŠูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ยซ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ุฐููƒู’ุฑู‹ุง ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ู„ูู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุงุณู’ุชูุนู’ุฏูŽุงุฏู‹ุง ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ุงู„ุฃูŽูƒู’ูŠูŽุงุณู ยป.
.
Dari Ibnu โ€˜Umar, ia berkata, โ€œAku pernah bersama Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, โ€œWahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?โ€ Beliau bersabda, โ€œYang paling baik akhlaknya.โ€ โ€œLalu mukmin manakah yang paling cerdas?โ€, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, โ€œYang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.โ€ (HR. Ibnu Majahno. 4259.)
.
-
๐ŸŽฅ @jalan_sunnah #newbiepreneur
Belia, muda, maupun tua tidak ada yang tahu, mereka pun bisa merasakan kematian. Setahun yang silam, kita barangkali melihat saudara kita dalam keadaan sehat bugar, ia pun masih muda dan kuat. Namun hari ini ternyata ia telah pergi meninggalkan kita. Kita pun tahu, kita tidak tahu kapan maut menjemput kita. Entah besok, entah lusa, entah kapan. Namun kematian sobat kita, itu sudah cukup sebagai pengingat, penyadar dari kelalaian kita. ย Bahwa kita pun akan sama dengannya, akan kembali pada Allah. Dunia akan kita tinggalkan di belakang. Dunia hanya sebagai lahan mencari bekal. Alam akhiratlah tempat akhir kita. Sungguh kematian dari orang sekeliling kita banyak menyadarkan kita. Oleh karenanya, kita diperingatkan untuk banyak-banyak mengingat mati. Dan faedahnya amat banyak. Kami mengutarakan beberapa di antaranya kali ini. Dianjurkan untuk mengingat mati dan mempersiapkan diri menghadap kematian โ€ฆ Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda, ุฃูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ุฐููƒู’ุฑูŽ ู‡ูŽุงุฐูู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ุฐูŽู‘ุงุชู . โ€œPerbanyaklah mengingat pemutus kelezatanโ€ (HR. An Nasai no. 1824,Tirmidzi no. 2307 dan Ibnu Majah no. 4258 dan Ahmad 2: 292.).Yang dimaksud adalah kematian. Kematian disebutย haadzimย (pemutus) karena ia menjadi pemutus kelezatan dunia. ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูƒูู†ู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ููŽุฌูŽุงุกูŽู‡ู ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ููŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุจูู‰ูู‘ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู‰ูู‘ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ยซ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ุฎูู„ูู‚ู‹ุง ยป. ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฃูŽู‰ูู‘ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ุฃูŽูƒู’ูŠูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ยซ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ุฐููƒู’ุฑู‹ุง ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ู„ูู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุงุณู’ุชูุนู’ุฏูŽุงุฏู‹ุง ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ุงู„ุฃูŽูƒู’ูŠูŽุงุณู ยป. . Dari Ibnu โ€˜Umar, ia berkata, โ€œAku pernah bersama Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, โ€œWahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?โ€ Beliau bersabda, โ€œYang paling baik akhlaknya.โ€ โ€œLalu mukmin manakah yang paling cerdas?โ€, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, โ€œYang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.โ€ (HR. Ibnu Majahno. 4259.) . - ๐ŸŽฅ @jalan_sunnah #newbiepreneur 
Sebelum kedatangan Dajjal, dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah dengan kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Allah akan menahan hujan tiga tahun sebelum kedatangan Dajjal.
.
Pada tahun pertama hujan akan kurang sepertiga dari biasa danpada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasa dan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung.
.
Umat akan dilanda kelaparan dan kekeringan. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian. Maka daerah mana yang percaya Dajjal itu Tuhan, ia akan berkata pada awan: Hujanlah kamu di daerah ini! Lalu hujan pun turunlah dan bumi menjadi subur. Manakala penduduk yang tidak mau bersekutu dengan Dajjal, mereka akan tetap berada dalam kekeringan dan kelaparan.
.
Diriwayatkan, penyokong Dajjal akan memiliki segunung roti (makanan) sedangkan orang yang tidak percaya dengannya berada dalam kelaparan dan kekeringan. Dalam hal ini, para sahabat Rasullullah s.a.w. bertanya: โ€Jadi apa yang dimakan oleh orang Islam yang beriman pada hari itu wahaiRasulullah? โ€œNabi menjawab: โ€Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil, bertakbir, bertasbih dan bertaubat. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan.โ€ (H.R
 IbnuMajah)
.
.
-

Media Informasi, Edukasi & Motivasi Pengusaha Muslim ๐Ÿ‘‡
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur .
.
#BerbagiSemangat #Inspirasi #Motivasi #Edukasi #Tausiyah #Kajian #Semangat #hijrah #istiqomah #islam #teladan #sunnah #tauhid #pengusaha #pengusahatanpariba #nasehat #tausiyahku #taubat #yukngaji
Sebelum kedatangan Dajjal, dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah dengan kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Allah akan menahan hujan tiga tahun sebelum kedatangan Dajjal. . Pada tahun pertama hujan akan kurang sepertiga dari biasa danpada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasa dan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung. . Umat akan dilanda kelaparan dan kekeringan. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian. Maka daerah mana yang percaya Dajjal itu Tuhan, ia akan berkata pada awan: Hujanlah kamu di daerah ini! Lalu hujan pun turunlah dan bumi menjadi subur. Manakala penduduk yang tidak mau bersekutu dengan Dajjal, mereka akan tetap berada dalam kekeringan dan kelaparan. . Diriwayatkan, penyokong Dajjal akan memiliki segunung roti (makanan) sedangkan orang yang tidak percaya dengannya berada dalam kelaparan dan kekeringan. Dalam hal ini, para sahabat Rasullullah s.a.w. bertanya: โ€Jadi apa yang dimakan oleh orang Islam yang beriman pada hari itu wahaiRasulullah? โ€œNabi menjawab: โ€Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil, bertakbir, bertasbih dan bertaubat. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan.โ€ (H.R IbnuMajah) . . - Media Informasi, Edukasi & Motivasi Pengusaha Muslim ๐Ÿ‘‡ Follow โžก๏ธ @newbie_preneur Follow โžก๏ธ @newbie_preneur . . #BerbagiSemangat  #Inspirasi  #Motivasi  #Edukasi  #Tausiyah  #Kajian  #Semangat  #hijrah  #istiqomah  #islam  #teladan  #sunnah  #tauhid  #pengusaha  #pengusahatanpariba  #nasehat  #tausiyahku  #taubat  #yukngaji 
Hari dimana engkau berdebat dengan dirimu sendiri dihadapan Allah
.
๐Ÿ‘ค Syaikh @m.alsalmy1
.
#selfreminder #newbiepreneur
GENGGAMLAH DUNIA DI TANGANMU, JANGAN DI HATIMU!
Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan, โ€œGenggamlah dunia di tanganmu, jangan di hatimu! Hatimu harus terus merasakan kehadiran Allah, sebutlah nama Dzat-Nya. Penuhilah hatimu dengan nama-nama-Nya nan indah.

Sungguh, engkau dianggap sebagai orang yang celaka jika tidak merasa malu kepada Allah Subhanahu wataโ€™ala, jika engkau menjadikan dinar sebagai tuhanmu dan menjadikan dirham sebagai tujuanmu, sedangkan engkau melupakan-Nya sama sekali! Sungguh, takdirmu telah dekat!

Maka, jadikanlah kedai-kedai yang kau miliki dan semua harta benda untuk keluargamu adalah semata-mata karena perintah syariat, namun hatimu harus tetap kokoh bertawakal kepada Allah.

Carilah rezekimu dan rezeki keluargamu hanya dari Allah SWT, bukan dari harta benda dan perniagaanmu. Dengan demikian rezekimu akan mengalir, begitu pula rezeki keluargamu. Kemudian, Allah juga akan memberimu karunia, kedekatan dan kelembutan-Nya dalam kalbumu. Dia akan mencukupi keperluan keluargamu dan keperluanmu melalui dirimu sendiri!

Allah juga akan mencukupi keluargamu dengan apa yang Dia kehendaki dan sebagaimana yang Dia kehendaki. Akan dikatakan kepada kalbumu, โ€œIni adalah untukmu dan keluargamu!โ€ -- Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam kitab Fath Ar-Rabbani wal-Faidh Ar-Rahman.
.
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur
Credits : @tasawufunderground #newbiepreneur
GENGGAMLAH DUNIA DI TANGANMU, JANGAN DI HATIMU! Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan, โ€œGenggamlah dunia di tanganmu, jangan di hatimu! Hatimu harus terus merasakan kehadiran Allah, sebutlah nama Dzat-Nya. Penuhilah hatimu dengan nama-nama-Nya nan indah. Sungguh, engkau dianggap sebagai orang yang celaka jika tidak merasa malu kepada Allah Subhanahu wataโ€™ala, jika engkau menjadikan dinar sebagai tuhanmu dan menjadikan dirham sebagai tujuanmu, sedangkan engkau melupakan-Nya sama sekali! Sungguh, takdirmu telah dekat! Maka, jadikanlah kedai-kedai yang kau miliki dan semua harta benda untuk keluargamu adalah semata-mata karena perintah syariat, namun hatimu harus tetap kokoh bertawakal kepada Allah. Carilah rezekimu dan rezeki keluargamu hanya dari Allah SWT, bukan dari harta benda dan perniagaanmu. Dengan demikian rezekimu akan mengalir, begitu pula rezeki keluargamu. Kemudian, Allah juga akan memberimu karunia, kedekatan dan kelembutan-Nya dalam kalbumu. Dia akan mencukupi keperluan keluargamu dan keperluanmu melalui dirimu sendiri! Allah juga akan mencukupi keluargamu dengan apa yang Dia kehendaki dan sebagaimana yang Dia kehendaki. Akan dikatakan kepada kalbumu, โ€œIni adalah untukmu dan keluargamu!โ€ -- Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam kitab Fath Ar-Rabbani wal-Faidh Ar-Rahman. . Follow โžก๏ธ @newbie_preneur Credits : @tasawufunderground #newbiepreneur 
ZUHUD DAN MUHASABAH DIRI
Dzun Nun al-Mishri pernah meminta nasihat  dari gurunya, Syekh Syukran Al-Qairawani (wafat 186 H) tentang makna zuhud. 
Syekh Al-Qairawani mengatakan: โ€œKetahuilah, orang yang zuhud terhadap dunia itu; makanannya apa yang ditemukan, tempat tinggalnya di mana saja berada, pakaiannya adalah semua yang menutup auratnya, tempat duduknya adalah khalwat (menyendiri bersama Allah Taโ€™ala), ucapannya adalah Al-Qurโ€™an, kawan akrabnya adalah Allah Taโ€™ala yang Mahaperkasa, teman satu perjalanannya adalah dzikir kepada Allah Taโ€™ala, pendampingnya adalah hidup sederhana, kesukaannya adalah diam, harapannya adalah rasa takut kepada Allah, kendaraannya ialah rindu kepada-Nya, ambisinya adalah nasihat, pemikirannya adalah mengambil pelajaran, bantalnya adalah kesabaran, alas tidurnya adalah debu tanah, teman-temannya adalah orang yang sesuai antara perkataan dan perbuatannya, tutur katanya adalah hikmah, dalilnya adalah aql (qalb), sahabat sejatinya ialah kesabaran untuk tidak marah, nafkah untuknya ialah tawakal, lauknya adalah lapar, dan penolongnya adalah Allah SWT.โ€ Dzu Nun Al-Mushri bertanya lagi, "Lalu dengan apa seseorang dapat meraih kedudukan seperti itu, wahai Syekh?" Syekh Al-Qairawani menjawab, "Dengan muhasabah diri, selalu berdialog dengan diri sendiri." --Disarikan dari kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali 
Foto: Masjid kayu di Asaita, Danakil, Ethiopia ini terbuat dari batang pohon kering. Kerap kali digunakan oleh para musafir yang kebetulan melintas - Flickr / Eric Lafforgue
.
Follow โžก๏ธ @newbie_preneur ๐Ÿ“ท @tasawufunderground #newbiepreneur
ZUHUD DAN MUHASABAH DIRI Dzun Nun al-Mishri pernah meminta nasihat dari gurunya, Syekh Syukran Al-Qairawani (wafat 186 H) tentang makna zuhud. Syekh Al-Qairawani mengatakan: โ€œKetahuilah, orang yang zuhud terhadap dunia itu; makanannya apa yang ditemukan, tempat tinggalnya di mana saja berada, pakaiannya adalah semua yang menutup auratnya, tempat duduknya adalah khalwat (menyendiri bersama Allah Taโ€™ala), ucapannya adalah Al-Qurโ€™an, kawan akrabnya adalah Allah Taโ€™ala yang Mahaperkasa, teman satu perjalanannya adalah dzikir kepada Allah Taโ€™ala, pendampingnya adalah hidup sederhana, kesukaannya adalah diam, harapannya adalah rasa takut kepada Allah, kendaraannya ialah rindu kepada-Nya, ambisinya adalah nasihat, pemikirannya adalah mengambil pelajaran, bantalnya adalah kesabaran, alas tidurnya adalah debu tanah, teman-temannya adalah orang yang sesuai antara perkataan dan perbuatannya, tutur katanya adalah hikmah, dalilnya adalah aql (qalb), sahabat sejatinya ialah kesabaran untuk tidak marah, nafkah untuknya ialah tawakal, lauknya adalah lapar, dan penolongnya adalah Allah SWT.โ€ Dzu Nun Al-Mushri bertanya lagi, "Lalu dengan apa seseorang dapat meraih kedudukan seperti itu, wahai Syekh?" Syekh Al-Qairawani menjawab, "Dengan muhasabah diri, selalu berdialog dengan diri sendiri." --Disarikan dari kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali Foto: Masjid kayu di Asaita, Danakil, Ethiopia ini terbuat dari batang pohon kering. Kerap kali digunakan oleh para musafir yang kebetulan melintas - Flickr / Eric Lafforgue . Follow โžก๏ธ @newbie_preneur ๐Ÿ“ท @tasawufunderground #newbiepreneur