an online Instagram web viewer
  • infosamosir
    INFORMASI SAMOSIR & SEKITARNYA
    @infosamosir

Images by infosamosir

*BETULKAH KITA TIDAK SOMBONG ???* Seorang pria yang sedang bertamu di rumah seorang Boss nya tertegun heran,  ketika melihat Sang Boss sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih.

Pria itu bertanya:Apa yang sedang Anda lakukan Pak ?

Si Boss menjawab: Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasihat. Saya berikan banyak nasihat yg bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya merasa jadi orang hebat. Kesombongan saya mulai muncul. Oleh karena itu, saya lakukan  PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG itu.

SOMBONG adalah PENYAKIT HATI yang sering menghinggapi kita semua. Siapa saja dan apapun statusnya,  benih-benih kesombongan kerap muncul tanpa mereka sadari. 
Ditingkat ke-1 :
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa :
~ Lebih kaya,
~ Lebih berkuasa,
~ Lebih tinggi jabatan,
~ Lebih rupawan &
~ Lebih terhormat daripada orang lain. 
Ditingkat ke-2 :
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KECERDASAN, kita merasa :
~ Lebih rajin
~ Lebih pintar
~ Lebih kompeten
~ Lebih berpengalaman
~ Lebih berwawasan dibandingkan dengan orang lain. 
Ditingkat ke-3:
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KEBAIKAN, kita sering menganggap diri kita:
~ Lebih bermoral
~ Lebih pemurah
~ Lebih banyak amalnya
~ Lebih bersemangat berjuang dan beribadah
~ Lebih banyak kontribusinya untuk org lain.
~ Lebih besar dari orang lain berdasarkan apa yang sudah dicapai, seraya meremehkan orang lain dengan menganggapnya orang kecil.
~ Lebih tulus dibandingkan dengan orang lain.

Yang menarik...., Semakin Tinggi tingkat KESOMBONGAN kita, semakin sulit pula kita mendeteksinya.

SOMBONG karena MATERI mudah terlihat. 
Namun, SOMBONG karena PENGETAHUAN, apalagi SOMBONG karena KEBAIKAN,SULIT DILIHAT. Karena, seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita.

Cobalah setiap hari kita melakukan INTROSPEKSI diri. 
Kadang kita butuh orang lain utk mengintrospeksi diri, kita juga butuh kritikan dan masukan dari orang lain. 
Mari kita sadari bahwa setiap hal yang baik, yang bisa kita lakukan itu semua adalah karena izin dan pertolongan Allah saja, maka hendaklah kita banyak bersyukur kepada-Nya.
Semua itu adalah ANUGERAH-NYA.
.
.
Continue.. Comment ⏬⏬⏬
*BETULKAH KITA TIDAK SOMBONG ???* Seorang pria yang sedang bertamu di rumah seorang Boss nya tertegun heran, ketika melihat Sang Boss sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih. Pria itu bertanya:Apa yang sedang Anda lakukan Pak ? Si Boss menjawab: Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasihat. Saya berikan banyak nasihat yg bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya merasa jadi orang hebat. Kesombongan saya mulai muncul. Oleh karena itu, saya lakukan PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG itu. SOMBONG adalah PENYAKIT HATI yang sering menghinggapi kita semua. Siapa saja dan apapun statusnya, benih-benih kesombongan kerap muncul tanpa mereka sadari. Ditingkat ke-1 : SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa : ~ Lebih kaya, ~ Lebih berkuasa, ~ Lebih tinggi jabatan, ~ Lebih rupawan & ~ Lebih terhormat daripada orang lain. Ditingkat ke-2 : SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KECERDASAN, kita merasa : ~ Lebih rajin ~ Lebih pintar ~ Lebih kompeten ~ Lebih berpengalaman ~ Lebih berwawasan dibandingkan dengan orang lain. Ditingkat ke-3: SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KEBAIKAN, kita sering menganggap diri kita: ~ Lebih bermoral ~ Lebih pemurah ~ Lebih banyak amalnya ~ Lebih bersemangat berjuang dan beribadah ~ Lebih banyak kontribusinya untuk org lain. ~ Lebih besar dari orang lain berdasarkan apa yang sudah dicapai, seraya meremehkan orang lain dengan menganggapnya orang kecil. ~ Lebih tulus dibandingkan dengan orang lain. Yang menarik...., Semakin Tinggi tingkat KESOMBONGAN kita, semakin sulit pula kita mendeteksinya. SOMBONG karena MATERI mudah terlihat. Namun, SOMBONG karena PENGETAHUAN, apalagi SOMBONG karena KEBAIKAN,SULIT DILIHAT. Karena, seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita. Cobalah setiap hari kita melakukan INTROSPEKSI diri. Kadang kita butuh orang lain utk mengintrospeksi diri, kita juga butuh kritikan dan masukan dari orang lain. Mari kita sadari bahwa setiap hal yang baik, yang bisa kita lakukan itu semua adalah karena izin dan pertolongan Allah saja, maka hendaklah kita banyak bersyukur kepada-Nya. Semua itu adalah ANUGERAH-NYA. . . Continue.. Comment ⏬⏬⏬
Moment From @loedafandy .
・・・
Lukas 12 : 7
bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.😊 @infosamosir 
@naposo_harianboho 
@harianboho_samosir
Moment From @loedafandy . ・・・ Lukas 12 : 7 bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.😊 @infosamosir @naposo_harianboho @harianboho_samosir
#MenyatudenganAlam OneBest Moment From @ra_mos02 .
・・・
Alam raya bukan la sebuah kemewahan, melainkan suatu kebutuhan bagi jiwa manusia, dan itu sama pentingnya dengan kebutuhan air dan makanan baik untuk tubuh kita🤨
#ilovesamosir
#MenyatudenganAlam  OneBest Moment From @ra_mos02 . ・・・ Alam raya bukan la sebuah kemewahan, melainkan suatu kebutuhan bagi jiwa manusia, dan itu sama pentingnya dengan kebutuhan air dan makanan baik untuk tubuh kita🤨 #ilovesamosir 
#ILoveSamosir Moment From  @nilafirst .
・・・
Would you mind fill my empty heart? 💙
.
.
#beautiful #heavenplace #comehere
Hi #SamosirPeople dan Sekitarnya #LATEPOST
.
👁️👁️👁️
Kepala Desa Simanindo Sebut Ratna Sarumpaet Belum Pernah Serahkan Sumbangan KM Sinar Bangun

SUMBER :TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR –
☮️☮️☮️
Ratna Sarumpaet beberapa hari lalu mengaku berbohong kepada Publik telah dianiaya hingga wajahnya lebam, dan ternyata lebam diwajahnya akibat operasi plastik.

Mirisnya, temuan dan penyidikan Polisi sumber rekening yang digunakan untuk operasi plastik itu adalah rekening yang digunakan untuk mengumpulkan dana bagi musibah kapal tenggelam di Danau Toba.

Aksi ibunda dari Atika Hasiholan itu dikecam sejumlah keluarga Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Jumat (5/10/2018). Robert Sidauruk,orang tua satu dari korban KM Sinar Bangun mengaku mengetahui kedatangan Ratna Sarumpaet ke Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun untuk meninjau korban-korban tenggelamnya KM Sinar Bangun.

Namun, selama ini dia tidak pernah mengetahui Ratna membuka rekening peduli Korban KM Sinar Bangun”. “Kami tidak pernah tahu kalau Ratna Sarumpaet pernah membuka rekening,” ujarnya saat ditemui Tribun di Simanindo, Kabupaten Samosir.

Nomer Rekening BCA  2721360727 pernah dibuka dan dijadikan menampung bantuan amal untuk ditujukan kepada keluarga korban tenggalamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba.

Melalui putrinya Atiqa Hasiholan, Ratna dan pada 29 Juni 2019 menghimpun dana mereka menganjurkan agar sumbangan ditransfer selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB besok harinya.

Namun tidak ada keterangan lebih soal uang donasi tersebut, berapa yang terkumpul dan berapa yang disalurkan dan sebagainya.
.
.
More Full info : Tribunnews.com
⏬⏬⏬
@tribunmedandaily
@tribunnews
.
.
#Beritasamosir #beritasumut #infosamosir #infosumut #savekorban #savekapal #mariberbenahmenujulebihbaik
Hi #SamosirPeople  dan Sekitarnya #LATEPOST  . 👁️👁️👁️ Kepala Desa Simanindo Sebut Ratna Sarumpaet Belum Pernah Serahkan Sumbangan KM Sinar Bangun SUMBER :TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR – ☮️☮️☮️ Ratna Sarumpaet beberapa hari lalu mengaku berbohong kepada Publik telah dianiaya hingga wajahnya lebam, dan ternyata lebam diwajahnya akibat operasi plastik. Mirisnya, temuan dan penyidikan Polisi sumber rekening yang digunakan untuk operasi plastik itu adalah rekening yang digunakan untuk mengumpulkan dana bagi musibah kapal tenggelam di Danau Toba. Aksi ibunda dari Atika Hasiholan itu dikecam sejumlah keluarga Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Jumat (5/10/2018). Robert Sidauruk,orang tua satu dari korban KM Sinar Bangun mengaku mengetahui kedatangan Ratna Sarumpaet ke Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun untuk meninjau korban-korban tenggelamnya KM Sinar Bangun. Namun, selama ini dia tidak pernah mengetahui Ratna membuka rekening peduli Korban KM Sinar Bangun”. “Kami tidak pernah tahu kalau Ratna Sarumpaet pernah membuka rekening,” ujarnya saat ditemui Tribun di Simanindo, Kabupaten Samosir. Nomer Rekening BCA  2721360727 pernah dibuka dan dijadikan menampung bantuan amal untuk ditujukan kepada keluarga korban tenggalamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Melalui putrinya Atiqa Hasiholan, Ratna dan pada 29 Juni 2019 menghimpun dana mereka menganjurkan agar sumbangan ditransfer selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB besok harinya. Namun tidak ada keterangan lebih soal uang donasi tersebut, berapa yang terkumpul dan berapa yang disalurkan dan sebagainya. . . More Full info : Tribunnews.com ⏬⏬⏬ @tribunmedandaily @tribunnews . . #Beritasamosir  #beritasumut  #infosamosir  #infosumut  #savekorban  #savekapal  #mariberbenahmenujulebihbaik 
#HappySunday From @pasca__dagama .
・・・
Jangan ada kata menyerah, tapi harus tetap berserah😇
.
.
.
.
#ilovesamosir#infosamosir @infosamosir
#Tradition Moment From @esra_h_pakpahan .
・・・
Lihat, Bagak ni budaya Batak i 
So, Mari Tetap kita Lestarikan 😘
.
.
#tortor #borubatak  #boruniraja #manerser #ilovesamosir #ulosbatak #adatbatak 
@infosamosir
#SweetyPlace Moment From @dewilarisimamora ・・・
⏺️⏺️⏺️
"Kebaikan yang ku berikan kepada orang lain harus kulupakan dan kebaikan orang lain yang diberikan kepadaku harus selalu ku ingat." 🤗
.
--Happy Saturday Night Everyone ❤️--
Semoga Hujan ya 😋
.
.
@infosamosir
#ilovesamosir
#infosamosir
#samosirnauli
#samosirnajogi😍
#SweetyPlace  Moment From @dewilarisimamora ・・・ ⏺️⏺️⏺️ "Kebaikan yang ku berikan kepada orang lain harus kulupakan dan kebaikan orang lain yang diberikan kepadaku harus selalu ku ingat." 🤗 . --Happy Saturday Night Everyone ❤️-- Semoga Hujan ya 😋 . . @infosamosir #ilovesamosir  #infosamosir  #samosirnauli  #samosirnajogi 😍
#EdisiPulang Moment From @vicharia_purba .
・・・
Selamat Pagi dri Samosir 🌤💕.
Pertama x naik ferry ajibata 😂😂😁.
#samosirnegeriindahkepingansurga
[ REMINDER Dan PEMBELAJARAN ]
#LatePost Hai #SamosirPeople dan Sekitarnya
50 Hektar HUTAN di Balige TERBAKAR

MEDAN, KOMPAS.com - Sekitar 50 hektar hutan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, terbakar. Kebakaran diduga terjadi sejak dua hari terakhir.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV Wilayah Balige Leonardo Sitorus mengatakan, api belum bisa dipadamkan. "Kebakaran sejak tengah malam, luasnya sudah 50-an hektar, sampai sekarang apinya belum bisa dipadamkan. Kita masih menunggu penyidikan polisi untuk mengetahui penyebabnya," kata Leonardo saat dikonfirmasi.

Upaya yang dilakukan pihaknya dalam mengatasi kebakaran tersebut adalah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder.

Untuk memadamkan api, pemadam kebakaran sudah menurunkan tiga unit armadanya. Dibantu tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kehutanan dan mobil tangki air milik PT Toba Pulp Lestari (TPL), juga pompa racun api. "Ada 100 petugas yang turun ke lokasi. Kami juga dibantu masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kementerian untuk menurunkan waterboom. Rencananya diberangkatkan hari ini," ungkapnya.

Namun, Leonardo memprediksi pesawat yang khusus pengebom air untuk kebakaran hutan dan lahan tersebut akan sampai ke Sumut besok. Pasalnya, saat ini masih melakukan pemadaman di Riau.

Meski demikian, warga diminta tetap waspada terhadap sebaran asap. Syahnan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, terutama di tempat yang kering. "Masyarakat diminta tidak membakar hutan atau lahan karena ditakutkan akan menyebabkan kebakaran hutan dan harus mematuhi peringatan dari pihak terkait," ucapnya.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Pekanbaru melansir data, musim panas diprediksi akan berlangsung hingga September 2018. Terdeteksi peningkatan titik panas di wilayah Sumatera sebanyak 76 titik. Tersebar di Sumatera Selatan sebanyak 12 titik, Riau 17 titik, Aceh 11 titik, Sumatera Utara 9 titik, Sumatera Barat 8 titik, Jambi 9 titik, Lampung 5 titik, Bangka Belitung 4 titik, dan Bengkulu 1 titik.
.
.
Sumber : @kompas.com .
.
@pemkabsamosir
@disparkabsamosir
@tobasanews
@tobatalk
@tobasakab
.
.
#tobasainfo #balige #kebakaranhutan #saveforest
[ REMINDER Dan PEMBELAJARAN ] #LatePost  Hai #SamosirPeople  dan Sekitarnya 50 Hektar HUTAN di Balige TERBAKAR MEDAN, KOMPAS.com - Sekitar 50 hektar hutan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, terbakar. Kebakaran diduga terjadi sejak dua hari terakhir. Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV Wilayah Balige Leonardo Sitorus mengatakan, api belum bisa dipadamkan. "Kebakaran sejak tengah malam, luasnya sudah 50-an hektar, sampai sekarang apinya belum bisa dipadamkan. Kita masih menunggu penyidikan polisi untuk mengetahui penyebabnya," kata Leonardo saat dikonfirmasi. Upaya yang dilakukan pihaknya dalam mengatasi kebakaran tersebut adalah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder. Untuk memadamkan api, pemadam kebakaran sudah menurunkan tiga unit armadanya. Dibantu tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kehutanan dan mobil tangki air milik PT Toba Pulp Lestari (TPL), juga pompa racun api. "Ada 100 petugas yang turun ke lokasi. Kami juga dibantu masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kementerian untuk menurunkan waterboom. Rencananya diberangkatkan hari ini," ungkapnya. Namun, Leonardo memprediksi pesawat yang khusus pengebom air untuk kebakaran hutan dan lahan tersebut akan sampai ke Sumut besok. Pasalnya, saat ini masih melakukan pemadaman di Riau. Meski demikian, warga diminta tetap waspada terhadap sebaran asap. Syahnan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, terutama di tempat yang kering. "Masyarakat diminta tidak membakar hutan atau lahan karena ditakutkan akan menyebabkan kebakaran hutan dan harus mematuhi peringatan dari pihak terkait," ucapnya. Sebelumnya, BMKG Stasiun Pekanbaru melansir data, musim panas diprediksi akan berlangsung hingga September 2018. Terdeteksi peningkatan titik panas di wilayah Sumatera sebanyak 76 titik. Tersebar di Sumatera Selatan sebanyak 12 titik, Riau 17 titik, Aceh 11 titik, Sumatera Utara 9 titik, Sumatera Barat 8 titik, Jambi 9 titik, Lampung 5 titik, Bangka Belitung 4 titik, dan Bengkulu 1 titik. . . Sumber : @kompas.com . . @pemkabsamosir @disparkabsamosir @tobasanews @tobatalk @tobasakab . . #tobasainfo  #balige  #kebakaranhutan  #saveforest 
#SavePetani Activity Documentation From @pemkabsamosir .
Penjelasan berita: " Pemkab Samosir bagikan benih jagung "BODONG" Petani MERUGI
⏺️⏺️⏺️
Munculnya berita - berita mengenai bantuan bibit yang tidak bagus diterima Petani Samosir perlu dijelaskan kepada masyarakat sehingga tidak ada informasi yang simpangsiur.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon menjelaskan mengenai pemberitaan tersebut sebagai berikut :
Bibit Jagung yg kita terima adalah bantuan dari Provinsi Sumatera Utara dengan farietas Bima URI 19 dengan daerah penerima  Kecamatan Pangururan,  Kecamatan Sianjur mula-mula, Kecamatan Nainggolan dan Kecamatan Ronggur Nihuta  yang dialokasikan sekitar lebih kurang 26 Ton. 
Bibit diserahkan kepada kelompok Tani pengusul di 4 Kecamatan, setelah ditanam para kelompol Tani banyak bibit yang  tidak tumbuh, pertumbuhan sekitar 30 - 40 persen. 
Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Samosir  menghubungi pihak Dinas Ketahanaan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara  dan telah menurunkan tim untuk turun ke lapangan dan melihat kondisi lapangan. 
Dinas terkait melakukan  uji balik ke Laboratorium  untuk sisa bibit yang  belum ditanam,  ternyata bibit tersebut rusak dan tidak dianjurkan  ditanam lagi bibit jagung  nomor log 168, 182, 170 sedangkan yang lolos uji itu nomor log 179. Setelah itu kita sudah mengadakan rapat di Dinas bersama pihak Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, para pertani, penyedia, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir melalui  bidang TPH (Tanaman Pangan Hortikultura) Pemkab Samosir bersama UPTD dan PPL.  Kita sepakati, mereka akan ganti bibit tersebut sebesar 70 persen dari alokasi yang tersedia. 
Hal ini juga sudah kita laporkan langsung bersama Pak Bupati kepada Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gatot Irianto. Beliau sangat merespon kejadian tersebut  dengah  menyarankan supaya  di lengkapi  laporan  lapangan dan  foto dokumen tasi. Pihak Kementan bersedia mengganti sejumlah bubit yg rusak tersebut. Demikian penjelasan kami.
.
.
#Beritasamosir #savepetani #panguladibalian
#SavePetani  Activity Documentation From @pemkabsamosir . Penjelasan berita: " Pemkab Samosir bagikan benih jagung "BODONG" Petani MERUGI ⏺️⏺️⏺️ Munculnya berita - berita mengenai bantuan bibit yang tidak bagus diterima Petani Samosir perlu dijelaskan kepada masyarakat sehingga tidak ada informasi yang simpangsiur. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon menjelaskan mengenai pemberitaan tersebut sebagai berikut : Bibit Jagung yg kita terima adalah bantuan dari Provinsi Sumatera Utara dengan farietas Bima URI 19 dengan daerah penerima Kecamatan Pangururan, Kecamatan Sianjur mula-mula, Kecamatan Nainggolan dan Kecamatan Ronggur Nihuta yang dialokasikan sekitar lebih kurang 26 Ton. Bibit diserahkan kepada kelompok Tani pengusul di 4 Kecamatan, setelah ditanam para kelompol Tani banyak bibit yang tidak tumbuh, pertumbuhan sekitar 30 - 40 persen. Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Samosir menghubungi pihak Dinas Ketahanaan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dan telah menurunkan tim untuk turun ke lapangan dan melihat kondisi lapangan. Dinas terkait melakukan uji balik ke Laboratorium untuk sisa bibit yang belum ditanam, ternyata bibit tersebut rusak dan tidak dianjurkan ditanam lagi bibit jagung nomor log 168, 182, 170 sedangkan yang lolos uji itu nomor log 179. Setelah itu kita sudah mengadakan rapat di Dinas bersama pihak Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, para pertani, penyedia, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir melalui bidang TPH (Tanaman Pangan Hortikultura) Pemkab Samosir bersama UPTD dan PPL. Kita sepakati, mereka akan ganti bibit tersebut sebesar 70 persen dari alokasi yang tersedia. Hal ini juga sudah kita laporkan langsung bersama Pak Bupati kepada Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gatot Irianto. Beliau sangat merespon kejadian tersebut dengah menyarankan supaya di lengkapi laporan lapangan dan foto dokumen tasi. Pihak Kementan bersedia mengganti sejumlah bubit yg rusak tersebut. Demikian penjelasan kami. . . #Beritasamosir  #savepetani  #panguladibalian 
#BatakSamosirGoesInternational Good Quote From @01_manurung .
・・・
Jika Anda ingin terlihat lebih baik, maka tersenyumlah. 🤗
-
-
-
-
-
#halakbatak #boruniraja #infosamosir @infosamosir #putraputribatak #borumanurunghutagurgur
#ThePowerOfDoa From @moralapo212 .
・・・
SELAMAT PAGI 😇🙏
"Have a Wonderful Day Semuanya ❤️🙏"
.
.
#terimakasih #Tuhan #Amin 🙏
#TechnologyGeneration Aplikasi from @pemkabsamosir .
・・・
Launching Aplikasi e-BOS di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir
 Kamis, 18 Oktober 2018 bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir diadakan launching aplikasi e-BOS. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir, didampingi asisten III, para SAB, Kepala Dinas Pendidikan, Inspektur, Kepala Dinas Budaya pemuda dan olahraga, Plt. Kepala Dinas Kominfo dan para kepala sekolah Se-Kabupaten Samosir.

Dalam laporannya Kepada Dinas Pendidikan Samosir Ricardo Hutajulu memaparkan bahwa aplikasi e-BOS berfungsi untuk pengelolaan penggunaan dana bantuan operasional sekolah yang meliputi alokasi, perencanaan, realisasi dan pelaporan sehingga dengan aplikasi ini dapat meminimalisir penyalahgunaan atau penyimpangan terhadap penggunaan dana BOS.  Dengan terarahnya penggunaan dana BOS diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan di Kabupaten Samosir dan tidak terjeratnya lagi kepala sekolah dalam kasus penyalahgunaan dana BOS. 
Dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir juga mengatakan bahwasanya aplikasi e-BOS sudah di sosialisasikan kepada setiap sekolah tentang cara penggunaannya sehingga dengan aplikasi e-BOS diharapkan juga tidak terjadi lagi salah mengisi nomor rekening karena jika pihak sekolah salah mengisi nomor rekening maka aplikasi e-BOS akan otomatis mendeteksi kesalahan dan membatalkan secara otomatis.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan untuk pencapaian ini membutuhkan banyak sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Tahun 2005 Pemerintah mulai menjalankan program hibah untuk sekolah yang disebut dengan bantuan operasional sekolah atau lebih dikenal dengan dana BOS, dan harus diakui bahwa dana tersebut tidak sia sia.  Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia (World Bank) pada tahun 2014 menemukan 7 manfaat dari dana BOS itu sendiri, yang pertama membantu keuangan keluarga untuk menyekolahkan anak, kedua semakin banyak anak yang bersekolah, ketiga sekolah dapat melakukan pengelolahan sekolah dengan baik.
.
Full version : samosirkab.go.id/
#TechnologyGeneration  Aplikasi from @pemkabsamosir . ・・・ Launching Aplikasi e-BOS di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Kamis, 18 Oktober 2018 bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir diadakan launching aplikasi e-BOS. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir, didampingi asisten III, para SAB, Kepala Dinas Pendidikan, Inspektur, Kepala Dinas Budaya pemuda dan olahraga, Plt. Kepala Dinas Kominfo dan para kepala sekolah Se-Kabupaten Samosir. Dalam laporannya Kepada Dinas Pendidikan Samosir Ricardo Hutajulu memaparkan bahwa aplikasi e-BOS berfungsi untuk pengelolaan penggunaan dana bantuan operasional sekolah yang meliputi alokasi, perencanaan, realisasi dan pelaporan sehingga dengan aplikasi ini dapat meminimalisir penyalahgunaan atau penyimpangan terhadap penggunaan dana BOS. Dengan terarahnya penggunaan dana BOS diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan di Kabupaten Samosir dan tidak terjeratnya lagi kepala sekolah dalam kasus penyalahgunaan dana BOS. Dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir juga mengatakan bahwasanya aplikasi e-BOS sudah di sosialisasikan kepada setiap sekolah tentang cara penggunaannya sehingga dengan aplikasi e-BOS diharapkan juga tidak terjadi lagi salah mengisi nomor rekening karena jika pihak sekolah salah mengisi nomor rekening maka aplikasi e-BOS akan otomatis mendeteksi kesalahan dan membatalkan secara otomatis. Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan untuk pencapaian ini membutuhkan banyak sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Tahun 2005 Pemerintah mulai menjalankan program hibah untuk sekolah yang disebut dengan bantuan operasional sekolah atau lebih dikenal dengan dana BOS, dan harus diakui bahwa dana tersebut tidak sia sia. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia (World Bank) pada tahun 2014 menemukan 7 manfaat dari dana BOS itu sendiri, yang pertama membantu keuangan keluarga untuk menyekolahkan anak, kedua semakin banyak anak yang bersekolah, ketiga sekolah dapat melakukan pengelolahan sekolah dengan baik. . Full version : samosirkab.go.id/
#ILoveSamosir Moment From @borisraitz17 .
・・・
Langkah demi langkah dilangkahkan untuk mendapatkan langkah yang terbaik.  Intinya adalah " LANGKAH "
capeknya tidak seberapa tapi hasilnya sungguh sangat indah. ---------------------------------------------------------------------------- - Negeri Indah Kepingan Surga
- Mendaki untuk dapat lebih baik
- Hidup tak segampang otakmu
- Jalani
- Nikmati
- Ucapkan Syukur kepada Sang Kuasa
----------------------------------------------------------------------------
@disparkabsamosir
@sumut_nature 
@wajahsumatera 
@tobatalk 
@kemenpar 
@genpisumut_ 
@genpidanautoba 
@hellonusantara 
@damnwonderfulsumatera
@infosamosir
#pariwisatasumut #pariwisatadanautoba 
#damnwonderfulsumatera #wajahsumatera #sumutexplorer #tobatalk #tobatalks #bdstoba #laketoba #infosamosir
#ILoveSamosir  Moment From @borisraitz17 . ・・・ Langkah demi langkah dilangkahkan untuk mendapatkan langkah yang terbaik. Intinya adalah " LANGKAH " capeknya tidak seberapa tapi hasilnya sungguh sangat indah. ---------------------------------------------------------------------------- - Negeri Indah Kepingan Surga - Mendaki untuk dapat lebih baik - Hidup tak segampang otakmu - Jalani - Nikmati - Ucapkan Syukur kepada Sang Kuasa ---------------------------------------------------------------------------- @disparkabsamosir @sumut_nature @wajahsumatera @tobatalk @kemenpar @genpisumut_ @genpidanautoba @hellonusantara @damnwonderfulsumatera @infosamosir #pariwisatasumut  #pariwisatadanautoba  #damnwonderfulsumatera  #wajahsumatera  #sumutexplorer  #tobatalk  #tobatalks  #bdstoba  #laketoba  #infosamosir 
[ MASIH ISU, BENARKAH?]
👇👇👇
Bandara di Samosir akan Dibangun

MedanBisnis.com Samosir. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan asing dan nusantara ke Danau Toba, Kabupaten Samosir melalui Bandar Udara Silangit di Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara, sangat memungkinkan juga di Pulau Samosir bandar udara akan dibangun.

Hal itu dikatakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Ronggurnihuta, Jumat (23/2). Pemkab Samosir berencana membangun bandara alternatif di Samosir  lokasinya di Sianitang, Ronggurnihuta,  seluas 16 hektare. Pembangunan bandara layak di Samosir karena pertumbuhan tingkat kunjungan wisatawan asing dan nusantara menuju Samosir melalui Bandara Silangit terus menerus meningkat.

Ditambahkan Rapidin, perangkat desa harus betul-betul bekerja apabila tidak, agar kepala desa melapor untuk diambil tindakan tegas. Sekdes akan ditarik dari desa karena dianggap lebih maksimal kinerjanya. Pada bulan September 2018 mendatang, Kecamatan Ronggurnihuta akan dilewati Balap Sepeda International yaitu Grand Fondo.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan masyarakat harus serius menghadapi event tersebut.

Tokoh masyarakat Ronggurnihuta Guntur Manik membangun bandar udara di Pulau Samosir di Kecamatan Ronggurnihuta sangat  memungkinkan, karena lahan ada yaitu eks Indorayon dijadikan Bandara. �Kami warga Ronggurnihuta sangat mendukung program pembangunan bandar udara itu oleh bupati untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir,� kata Manik. Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi mengatakan, masyarakat Ronggurnihuta mengucapkan terimakasih kepada bupati yang mana banyak proyek besar di Ronggurnihuta.

Kepala Bappeda Rudi Siahaan dalam paparannya menampilkan apa saja skala prioritas pembangunan untuk tahun 2019 dan apa aja yang akan dilaksanakan di Kecamatan Ronggurnihuta. �Banyak masyarakat mengusulkan program pembangunan tetapi dikarenakan keterbatasan Anggaran maka dilakukan dengan musyawarah melalui Musrenbang. Sistem perencanaan kita juga sudah berbasis IT dengan e-planing akan berjenjang sampai kabupaten,� katanya. (tumpal sijabat)
.
.
#planing #bandarabaru #ronggurnihuta #samosir
[ MASIH ISU, BENARKAH?] 👇👇👇 Bandara di Samosir akan Dibangun MedanBisnis.com Samosir. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan asing dan nusantara ke Danau Toba, Kabupaten Samosir melalui Bandar Udara Silangit di Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara, sangat memungkinkan juga di Pulau Samosir bandar udara akan dibangun. Hal itu dikatakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Ronggurnihuta, Jumat (23/2). Pemkab Samosir berencana membangun bandara alternatif di Samosir  lokasinya di Sianitang, Ronggurnihuta,  seluas 16 hektare. Pembangunan bandara layak di Samosir karena pertumbuhan tingkat kunjungan wisatawan asing dan nusantara menuju Samosir melalui Bandara Silangit terus menerus meningkat. Ditambahkan Rapidin, perangkat desa harus betul-betul bekerja apabila tidak, agar kepala desa melapor untuk diambil tindakan tegas. Sekdes akan ditarik dari desa karena dianggap lebih maksimal kinerjanya. Pada bulan September 2018 mendatang, Kecamatan Ronggurnihuta akan dilewati Balap Sepeda International yaitu Grand Fondo. Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan masyarakat harus serius menghadapi event tersebut. Tokoh masyarakat Ronggurnihuta Guntur Manik membangun bandar udara di Pulau Samosir di Kecamatan Ronggurnihuta sangat  memungkinkan, karena lahan ada yaitu eks Indorayon dijadikan Bandara. �Kami warga Ronggurnihuta sangat mendukung program pembangunan bandar udara itu oleh bupati untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir,� kata Manik. Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi mengatakan, masyarakat Ronggurnihuta mengucapkan terimakasih kepada bupati yang mana banyak proyek besar di Ronggurnihuta. Kepala Bappeda Rudi Siahaan dalam paparannya menampilkan apa saja skala prioritas pembangunan untuk tahun 2019 dan apa aja yang akan dilaksanakan di Kecamatan Ronggurnihuta. �Banyak masyarakat mengusulkan program pembangunan tetapi dikarenakan keterbatasan Anggaran maka dilakukan dengan musyawarah melalui Musrenbang. Sistem perencanaan kita juga sudah berbasis IT dengan e-planing akan berjenjang sampai kabupaten,� katanya. (tumpal sijabat) . . #planing  #bandarabaru  #ronggurnihuta  #samosir 
( Teruntuk ada beberapa yang DM Admin jika mau ke Samosir Objek Wisata  apa yang Wajib DIKUNJUNGI )
"Berikut Admin coba Paparkan sumber dari : CNN Indonesia
⏺️⏺️⏺️
7 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat ke Danau Toba
⬇️⬇️⬇️
1. Panorama Perbukitan Pusuk Buhit.
Konon, kawasan perbukitan yang berada di Pulau Samosir ini adalah lokasi asal muasal orang Batak. Terlepas dari legenda, tempat ini menyajikan pemandangan Danau Toba yang indah saat dilihat dari ketinggian.

2. Berburu Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi

Kain Ulos adalah sebuah mahakarya dari tanah Batak. Desa Lumban Suhi Suhi adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi karena sebagian besar wanita di sini menekuni profesi sebagai perajin Ulos. 
Harga Kain Ulos di sini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari tingkat kerumitannya.

3. Batu Parsidangan di Kampung Siallagan

Raja Laga Siallagan merupakan tokoh yang berperan penting dalam berkembangnya peradaban di tempat ini. Hal yang paling menonjol dari tempat ini adalah batu parsidangan untuk mengadili seseorang yang berlaku jahat. Rumah adat di sini dikelilingi pagar batu dan bambu, agar rakyatnya terhindar dari serangan binatang buas. 
4. Pesta Mangga di Pulau Sibandang

Selain Samosir, pulau ini juga layak disambangi saat datang ke Danau Toba. Untuk mencapai tempat ini, turis harus menggunakan perahu. Pesta Mangga menjadi kegiatan yang paling seru dilakukan, karena rasa buah dan harganya yang bersahabat.

5. Jejak Soekarno di Rumah Pengasingan

Sudah tak asing lagi jika Presiden pertama RI, Soekarno, sempat diasingkan ke banyak tempat, salah satunya adalah di kawasan Danau Toba. Hal yang membuat tempat ini istimewa adalah aksesnya yang langsung memberikan panorama legendaris Danau Toba. 
6. Pemandian Air Panas Alami Pangururan

Udara sejuk di kawasan Pulau Samosir tak jarang membuat sebagian orang bergidik kedinginan. Tapi tak perlu khawatir, karena di Pangururan ada pemandian air panas alami yang mampu memberangus rasa dingin sekaligus mengendurkan otot yang tegang.

7. Menyaksikan Perubahan Warna Air Danau Sidihoni

Masih di Kecamatan Pangururan, turis bisa bertualang untuk menyambangi sebuah danau di atas danau.
( Teruntuk ada beberapa yang DM Admin jika mau ke Samosir Objek Wisata apa yang Wajib DIKUNJUNGI ) "Berikut Admin coba Paparkan sumber dari : CNN Indonesia ⏺️⏺️⏺️ 7 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat ke Danau Toba ⬇️⬇️⬇️ 1. Panorama Perbukitan Pusuk Buhit. Konon, kawasan perbukitan yang berada di Pulau Samosir ini adalah lokasi asal muasal orang Batak. Terlepas dari legenda, tempat ini menyajikan pemandangan Danau Toba yang indah saat dilihat dari ketinggian. 2. Berburu Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi Kain Ulos adalah sebuah mahakarya dari tanah Batak. Desa Lumban Suhi Suhi adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi karena sebagian besar wanita di sini menekuni profesi sebagai perajin Ulos. Harga Kain Ulos di sini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari tingkat kerumitannya. 3. Batu Parsidangan di Kampung Siallagan Raja Laga Siallagan merupakan tokoh yang berperan penting dalam berkembangnya peradaban di tempat ini. Hal yang paling menonjol dari tempat ini adalah batu parsidangan untuk mengadili seseorang yang berlaku jahat. Rumah adat di sini dikelilingi pagar batu dan bambu, agar rakyatnya terhindar dari serangan binatang buas. 4. Pesta Mangga di Pulau Sibandang Selain Samosir, pulau ini juga layak disambangi saat datang ke Danau Toba. Untuk mencapai tempat ini, turis harus menggunakan perahu. Pesta Mangga menjadi kegiatan yang paling seru dilakukan, karena rasa buah dan harganya yang bersahabat. 5. Jejak Soekarno di Rumah Pengasingan Sudah tak asing lagi jika Presiden pertama RI, Soekarno, sempat diasingkan ke banyak tempat, salah satunya adalah di kawasan Danau Toba. Hal yang membuat tempat ini istimewa adalah aksesnya yang langsung memberikan panorama legendaris Danau Toba. 6. Pemandian Air Panas Alami Pangururan Udara sejuk di kawasan Pulau Samosir tak jarang membuat sebagian orang bergidik kedinginan. Tapi tak perlu khawatir, karena di Pangururan ada pemandian air panas alami yang mampu memberangus rasa dingin sekaligus mengendurkan otot yang tegang. 7. Menyaksikan Perubahan Warna Air Danau Sidihoni Masih di Kecamatan Pangururan, turis bisa bertualang untuk menyambangi sebuah danau di atas danau.
[ GOOD MORNING ❤️ ].
.
⏬⬇️⏬
#RencanaSamosir Berita Dari @samosirofficial
@pemkabsamosir
・・・
Inilah rencana pengembangan Taman Putri Lopian Pangururan,  satu tahap sudah selesai.  Mohon doa dan dukungan untuk tahap berikutnya berjalan dengan baik. 👍👍Mantap Samosir.
.
.
#SamosirSemakinHebat
#Mariberbenah
#Infosamosir
#Menjadilebihbaik
#Horas
#Amin 🙏