an online Instagram web viewer
  • aisyahrisan
    Aisyah Nurfitri Risan
    @aisyahrisan

Images by aisyahrisan

Happy holiday ๐Ÿ˜
.
.
Tapi jangan sampe libur NGAJI juga ya! ๐Ÿ‘Œ
Happy holiday ๐Ÿ˜ . . Tapi jangan sampe libur NGAJI juga ya! ๐Ÿ‘Œ
Hadits diantara bentuk kesempurnaan iman

ุนู†ู’ ุฃูŽุจููŠู’ ุญูŽู…ู’ุฒูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ูŽุณู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฑูŽุถููŠูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฎูŽุงุฏูู…ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ ุตูŽู„ู‰ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŠูŽู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ู‹ู…ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‰ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุญูŽุชู‘ูฐู‰ ูŠูุญูุจู‘ูŽ ู„ูุฃูŽุฎููŠู’ู‡ู ู…ูŽุง ูŠูุญูุจู‘ู ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู.
- ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู… -

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu, pelayan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dari Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam, beliau bersabda, " Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri."
(HR. Al - Bukhari dan Muslim)
Hadits diantara bentuk kesempurnaan iman ุนู†ู’ ุฃูŽุจููŠู’ ุญูŽู…ู’ุฒูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ูŽุณู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฑูŽุถููŠูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฎูŽุงุฏูู…ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ ุตูŽู„ู‰ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŠูŽู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ู‹ู…ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‰ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุญูŽุชู‘ูฐู‰ ูŠูุญูุจู‘ูŽ ู„ูุฃูŽุฎููŠู’ู‡ู ู…ูŽุง ูŠูุญูุจู‘ู ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู. - ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู… - Dari Abu Hamzah Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu, pelayan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dari Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam, beliau bersabda, " Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri." (HR. Al - Bukhari dan Muslim)
Al Hafizh Ibnu Rajab berkata: โ€œApabila para salaf hendak memberikan nasehat kepada seseorang, maka mereka menasehatinya secara rahasia. Barangsiapa yang menasehati saudaranya berduaan saja maka itulah nasehat. Dan barangsiapa yang menasehatinya di depan orang banyak maka sebenarnya dia mempermalukannya.โ€
(Jamiโ€™ Al โ€˜Ulum wa Al Hikam, halaman 77).
.

Seperti cerita salah satu ulama imam Ahmad Ibn Hambal yang menasehati salah satu murid beliau yaitu Harun Ibn Abdillah yang juga ulama ahli hadits, beliau hingga rela datang kerumah nya saat tengah malam secara diam diam. Dan masuk ke dalam rumah muridnya sambil berjalan berjingkat dan suara yang sangat pelan karna takut ada keluarga Harun ibn Abdillah atau seseorang yang terbangun yang melihat dan mendengar beliau saat meluruskan kesalahan murid nya, begitu mulianya akhlaq beliau dalam menyampaikan nasehat. Karna menjaga wibawa muridnya. MaasyaaAllah.

Teringat perkataan Imam Asy Syafiโ€™i: "Nasehati aku saat sendiri, jangan di saat ramai & banyak saksi. Sebab nasehat ditengah khalayak, terasa hinaan yang membuat hatiku pedih dan koyak; Maka maafkan jika hatiku berontaโ€
Al Hafizh Ibnu Rajab berkata: โ€œApabila para salaf hendak memberikan nasehat kepada seseorang, maka mereka menasehatinya secara rahasia. Barangsiapa yang menasehati saudaranya berduaan saja maka itulah nasehat. Dan barangsiapa yang menasehatinya di depan orang banyak maka sebenarnya dia mempermalukannya.โ€ (Jamiโ€™ Al โ€˜Ulum wa Al Hikam, halaman 77). . Seperti cerita salah satu ulama imam Ahmad Ibn Hambal yang menasehati salah satu murid beliau yaitu Harun Ibn Abdillah yang juga ulama ahli hadits, beliau hingga rela datang kerumah nya saat tengah malam secara diam diam. Dan masuk ke dalam rumah muridnya sambil berjalan berjingkat dan suara yang sangat pelan karna takut ada keluarga Harun ibn Abdillah atau seseorang yang terbangun yang melihat dan mendengar beliau saat meluruskan kesalahan murid nya, begitu mulianya akhlaq beliau dalam menyampaikan nasehat. Karna menjaga wibawa muridnya. MaasyaaAllah. Teringat perkataan Imam Asy Syafiโ€™i: "Nasehati aku saat sendiri, jangan di saat ramai & banyak saksi. Sebab nasehat ditengah khalayak, terasa hinaan yang membuat hatiku pedih dan koyak; Maka maafkan jika hatiku berontaโ€
Dari Asmaโ€™ binti Abi Bakr, Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda padaku,

ู„ุงูŽ ุชููˆูƒููŠ ููŽูŠููˆูƒู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู.
.
โ€œJanganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya ). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.โ€
.
. 
Yakinlah lah bahwa "sedekah tidaklah mengurangi hartamu."
Dari Asmaโ€™ binti Abi Bakr, Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda padaku, ู„ุงูŽ ุชููˆูƒููŠ ููŽูŠููˆูƒู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู. . โ€œJanganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya ). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.โ€ . . Yakinlah lah bahwa "sedekah tidaklah mengurangi hartamu."
Jogja, miss you!
.
.
.
Jangan lupa sunnah sunnah di hari jum'at, di baca juga surah al kahfi nya! ๐Ÿ˜
Jogja, miss you! . . . Jangan lupa sunnah sunnah di hari jum'at, di baca juga surah al kahfi nya! ๐Ÿ˜
โ€ขJOGJA โ€ข
Istimewa seperti namanya~
โ€ขJOGJA โ€ข Istimewa seperti namanya~
โ€ขJangan terlalu berambisi mengejar duniaโ€ข

Barang siapa tujuan hidupnya dunia, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mencerai beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niatnya (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman bahwa kehidupan dunia adalah kehidupan yang menipu : 
ูˆูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูŠูฐูˆุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุงูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุชูŽุงุนู ุงู„ู’ุบูุฑููˆู’ุฑู .
"Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan". ( Ali - Imran : 185 )

Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman : "ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah megahan antara kamu serta berbangga bangga tentang banyak harta dan anak, seperti hujan yang tanaman tanamannya mengagumkan para perani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warna nya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.โ€ ( Al - hadid : 20)

Apabila seorang hamba menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya dan mengesampingkan urusan akhiratnya, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menjadikan urusan dunianya tercerai berai, berantakan, serba sulit, serta menjadikan hidupnya selalu diliputi kegelisahan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga menjadikan kefakiran di depan matanya, selalu takut miskin, atau hatinya selau tidak merasa cukup dengan rizki yang Allah karuniakan kepadanya.
Wallahu a'lam

Caption by : @bagaskararaditya
โ€ขJangan terlalu berambisi mengejar duniaโ€ข Barang siapa tujuan hidupnya dunia, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mencerai beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niatnya (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman bahwa kehidupan dunia adalah kehidupan yang menipu : ูˆูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูŠูฐูˆุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุงูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุชูŽุงุนู ุงู„ู’ุบูุฑููˆู’ุฑู . "Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan". ( Ali - Imran : 185 ) Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman : "ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah megahan antara kamu serta berbangga bangga tentang banyak harta dan anak, seperti hujan yang tanaman tanamannya mengagumkan para perani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warna nya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.โ€ ( Al - hadid : 20) Apabila seorang hamba menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya dan mengesampingkan urusan akhiratnya, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menjadikan urusan dunianya tercerai berai, berantakan, serba sulit, serta menjadikan hidupnya selalu diliputi kegelisahan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga menjadikan kefakiran di depan matanya, selalu takut miskin, atau hatinya selau tidak merasa cukup dengan rizki yang Allah karuniakan kepadanya. Wallahu a'lam Caption by : @bagaskararaditya
โ€ข ุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‘ุง ูˆ ู…ู†ูƒู… ุตูŠุงู…ู†ุง ูˆ ุตูŠุงู…ูƒู… ูƒู„ู‘ ุนุงู… ูˆ ุฃู†ุชู… ุจุฎูŠุฑ โ€ข :)
โ€ข ุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‘ุง ูˆ ู…ู†ูƒู… ุตูŠุงู…ู†ุง ูˆ ุตูŠุงู…ูƒู… ูƒู„ู‘ ุนุงู… ูˆ ุฃู†ุชู… ุจุฎูŠุฑ โ€ข :)
Cinta dunia atau penyakit wahn akan menghalangi seorang hamba untuk melakukan perbuatan perbuatan yang bermanfaat baginya di akhirat di sebabkan ia sibuk dengan apa yang dicintainya.

Seperti perkataan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahumullah "cinta terhadap dunia adalah induk segala kesalahan dan perusak agama".
.
Dan penyakit inilah yang menyebabkan seorang muslim menjadi lemah, menyebabkan syaitan syaitan dengan mudah menyesatkan nya. wallahu'alam.
Cinta dunia atau penyakit wahn akan menghalangi seorang hamba untuk melakukan perbuatan perbuatan yang bermanfaat baginya di akhirat di sebabkan ia sibuk dengan apa yang dicintainya. Seperti perkataan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahumullah "cinta terhadap dunia adalah induk segala kesalahan dan perusak agama". . Dan penyakit inilah yang menyebabkan seorang muslim menjadi lemah, menyebabkan syaitan syaitan dengan mudah menyesatkan nya. wallahu'alam.
Marhaban Yaa Ramadhan!
Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasa kali ini lebih baik dari puasa sebelumnya (:
.
.
Background image by @dimazfakhr_
Marhaban Yaa Ramadhan! Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasa kali ini lebih baik dari puasa sebelumnya (: . . Background image by @dimazfakhr_
Marhaban Yaa Ramadhan

Background image by @dimazfakhr_
Marhaban Yaa Ramadhan Background image by @dimazfakhr_
Kalau hati sejernih air, maka jangan pernah biarkan dia menjadi keruh
Kalau hati seputih awan, maka jangan pernah biarkan dia mendung
jika hati seindah cahaya purnama, maka hiasilah ia dengan cahaya iman.
Marhaban Yaa Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa (:
. - @fazahra_ar -

Background image by @dimazfakhr_
Kalau hati sejernih air, maka jangan pernah biarkan dia menjadi keruh Kalau hati seputih awan, maka jangan pernah biarkan dia mendung jika hati seindah cahaya purnama, maka hiasilah ia dengan cahaya iman. Marhaban Yaa Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa (: . - @fazahra_ar - Background image by @dimazfakhr_
Happy holiday C:
Happy holiday C:
Ketika kehidupan dunia tidak memberi mu kesempatan untuk bahagia, maka kembali lah pada kehidupan akhirat mu kelak akan memberikan kebahagiaan yang tak akan pernah punah
-@fazahra_ar-

#handmade#handmadefonts#handlettering#handmadefont#handlettering#letteringku#lettering#brushlettering#brushpen#typography_indonesia#typographie#typography#typographyinspired#typographyindonesia#typography_and_calligraphy#goodtype#typeku#typematters#typegang#calligraphy#hurufraktur#typeyeah#tyxca#belmenid#tangerang.menulis#typetangerang#tangerangmenulis#typeeverything
Ketika kehidupan dunia tidak memberi mu kesempatan untuk bahagia, maka kembali lah pada kehidupan akhirat mu kelak akan memberikan kebahagiaan yang tak akan pernah punah -@fazahra_ar- #handmade #handmadefonts #handlettering #handmadefont #handlettering #letteringku #lettering #brushlettering #brushpen #typography_indonesia #typographie #typography #typographyinspired #typographyindonesia #typography_and_calligraphy #goodtype #typeku #typematters #typegang #calligraphy #hurufraktur #typeyeah #tyxca #belmenid #tangerang .menulis#typetangerang #tangerangmenulis #typeeverything 
Happy Sunday ๐Ÿ˜
Happy Sunday ๐Ÿ˜
-Balance-

Kehidupan dunia dan akhirat
di hati seorang manusia
ibarat dua skala keseimbangan
ketika salah satunya menjadi berat
maka yang lain akan menjadi ringan
'Amr Ibn Abdullah
-Balance- Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan ketika salah satunya menjadi berat maka yang lain akan menjadi ringan 'Amr Ibn Abdullah
Jangan lah galau dengan tiap kejadian sehari hari
Karena tak ada yang abadi, semua kan datang dan pergi
Jadilah pemberani melawan rasa takut mu sendiri
Karena lapang dan tulus adalah dirimu sejati๐Ÿ’—
.
.
.
-  Rantau 1 Muara, @afuadi -
Jangan lah galau dengan tiap kejadian sehari hari Karena tak ada yang abadi, semua kan datang dan pergi Jadilah pemberani melawan rasa takut mu sendiri Karena lapang dan tulus adalah dirimu sejati๐Ÿ’— . . . - Rantau 1 Muara, @afuadi -