an online Instagram web viewer

#ragambahasa medias

Photos

Ini Obrolan Dua Dunia.. Saya dan istri @umasaduma memang punya latar belakang kebahasaan yang sama sekali berbeda, kecuali Indonesia. Ya, bahasa nasional itulah yang mempersatukan kami. Tapi ia bukan satu-satunya bahasa yang bisa kami pakai dalam komunikasi, karena kadang kami juga pakai bahasa isyarat. Hehe.. Saya tumbuh dengan memahami beberapa bahasa daerah di tempat saya ikut tinggal, seperti: Sunda, Jaseng(Jawa-Serang), Lampung, dan Komering. Masing-masing diurut berdasar level kemampuan penguasaan saya. Sementara istri biasa berbahasa: Jawa Ngapak, Betawi, Jawa Tengahan (Jogja), dan sedikit Sunda Kasar (wilayah perbatasan Brebes).. Selama enam tahun berkomitmen, kadang kami sering menjumpai momen saling melongo, ketika salah satu melontarkan istilah-istilah tertentu yang sama sekali asing di telinga lawan bicara. Perbendaharaan kata dari masing-masing bahasa daerah yang kami tahu memang tidak beririsan sama sekali. Istilah kedaerahan yang saya kenal, ternyata tak dimengertinya, pun sebaliknya. Di situ kadang saya merasa geli, tapi enak.. Seperti percakapan chat whatsapp semalam tadi. Dia yang khawatir saya bakal tak fokus belajar karena sedang bersama sahabat yang lama tak bersua itu pun lekas memberi peringatan. "Jangan banyak ngedebus!" katanya.. Sontak saya kaget, hah! Apa maksudnya? Apa dia pikir saya dan Bung @kinoy_2244 ini teman seperguruan ilmu kebal ya? Yang lama gak ketemu lantas sekarang mau ngasah ilmu dengan beradu ngunyah pecahan kaca? Padahal kami ini kan cuma rekan satu angkatan satu almamater di @hmj_sosiologiunila  selama kenal kami hanya terlibat urusan akademis, gak pernah nyerempet soal mistik.. Tetapi oooh, ternyata cuma salah paham. Dalam bahasa yang ia kuasai, "debus" itu berarti obrolan tak jelas, ngalor ngidul, dan membuang waktu. Sementara saya hanya mengenal satu istilah "debus", yakni seni beladiri khas para jawara asal Banten yang dikenal ahli ilmu kekebalan tubuh.. Hahahaaa.. Ini nih contoh nyata slogan kebhinekaan " Unity in Diversity"dalam kehidupan sehari-hari.. #Pancasila #Pancasilaisme #Pancasilais #UnityinDiversity #Debus #Multikultural #Kebhinekaan #Majemuk #Indonesia #RagamBahasa #Nusantara
Ini Obrolan Dua Dunia.. Saya dan istri @umasaduma memang punya latar belakang kebahasaan yang sama sekali berbeda, kecuali Indonesia. Ya, bahasa nasional itulah yang mempersatukan kami. Tapi ia bukan satu-satunya bahasa yang bisa kami pakai dalam komunikasi, karena kadang kami juga pakai bahasa isyarat. Hehe.. Saya tumbuh dengan memahami beberapa bahasa daerah di tempat saya ikut tinggal, seperti: Sunda, Jaseng(Jawa-Serang), Lampung, dan Komering. Masing-masing diurut berdasar level kemampuan penguasaan saya. Sementara istri biasa berbahasa: Jawa Ngapak, Betawi, Jawa Tengahan (Jogja), dan sedikit Sunda Kasar (wilayah perbatasan Brebes).. Selama enam tahun berkomitmen, kadang kami sering menjumpai momen saling melongo, ketika salah satu melontarkan istilah-istilah tertentu yang sama sekali asing di telinga lawan bicara. Perbendaharaan kata dari masing-masing bahasa daerah yang kami tahu memang tidak beririsan sama sekali. Istilah kedaerahan yang saya kenal, ternyata tak dimengertinya, pun sebaliknya. Di situ kadang saya merasa geli, tapi enak.. Seperti percakapan chat whatsapp semalam tadi. Dia yang khawatir saya bakal tak fokus belajar karena sedang bersama sahabat yang lama tak bersua itu pun lekas memberi peringatan. "Jangan banyak ngedebus!" katanya.. Sontak saya kaget, hah! Apa maksudnya? Apa dia pikir saya dan Bung @kinoy_2244 ini teman seperguruan ilmu kebal ya? Yang lama gak ketemu lantas sekarang mau ngasah ilmu dengan beradu ngunyah pecahan kaca? Padahal kami ini kan cuma rekan satu angkatan satu almamater di @hmj_sosiologiunila selama kenal kami hanya terlibat urusan akademis, gak pernah nyerempet soal mistik.. Tetapi oooh, ternyata cuma salah paham. Dalam bahasa yang ia kuasai, "debus" itu berarti obrolan tak jelas, ngalor ngidul, dan membuang waktu. Sementara saya hanya mengenal satu istilah "debus", yakni seni beladiri khas para jawara asal Banten yang dikenal ahli ilmu kekebalan tubuh.. Hahahaaa.. Ini nih contoh nyata slogan kebhinekaan " Unity in Diversity"dalam kehidupan sehari-hari.. #Pancasila  #Pancasilaisme  #Pancasilais  #UnityinDiversity  #Debus  #Multikultural  #Kebhinekaan  #Majemuk  #Indonesia  #RagamBahasa  #Nusantara 
Selamat malam teman-teman👋🏻
Sekarang ada yang baru lagi nih bareng ka akbar , kita mau ngebahas tentang bahasa daerah lagi. Penasaran nih sama pendapat ka akbar tentang apa sih yang harus dilakukan demi melestarikan bahasa daerah . 
Yuk lihat video berikut tentang pendapat ka akbar🙌🏻
Kita Berbahasa,Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Selamat malam teman-teman👋🏻
Sekarang ada yang baru lagi nih bareng ka akbar , kita mau ngebahas tentang bahasa daerah lagi. Penasaran nih sama pendapat ka akbar tentang apa sih yang harus dilakukan demi melestarikan bahasa daerah . 
Yuk lihat video berikut tentang pendapat ka akbar🙌🏻
Kita Berbahasa,Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Selamat malam teman-teman👋🏻
Sekarang ada yang baru lagi nih bareng ka akbar , kita mau ngebahas tentang bahasa daerah lagi. Penasaran nih sama pendapat ka akbar tentang apa sih yang harus dilakukan demi melestarikan bahasa daerah . 
Yuk lihat video berikut tentang pendapat ka akbar🙌🏻
Kita Berbahasa,Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
selamat malam teman-teman!🙌🏻
Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️
Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu?
Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari .
Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻
Kita berbahasa , Kita Bisa !

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
selamat malam teman-teman!🙌🏻 Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️ Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu? Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari . Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻 Kita berbahasa , Kita Bisa ! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
selamat malam teman-teman!🙌🏻
Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️
Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu?
Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari .
Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻
Kita berbahasa , Kita Bisa !

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
selamat malam teman-teman!🙌🏻 Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️ Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu? Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari . Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻 Kita berbahasa , Kita Bisa ! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
selamat malam teman-teman!🙌🏻
Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️
Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu?
Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari .
Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻
Kita berbahasa , Kita Bisa !

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
selamat malam teman-teman!🙌🏻 Dalam sesi ini bakal ada bahasan baru yang beda lagi nih bareng ka izmu Ketua BEM KEMA UNPAD 2018👱🏻‍♂️ Sering engga sih kalian denger orang ngobrol dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur aduk sama bahasa inggris atau bahkan sepenuhnya dengan bahasa inggris di Indonesia ini . Sering kan? Nah menurut kalian tuh gimana sih? bagus atau malah menganggu? Nah disini kita mau ngebahas bagaimana pendapat ka izmu tentang penggunaan bahasa inggris untuk sehari-hari . Yuk,kita lihat apa sih pendapat dari kak izmu divideo berikut!👍🏻 Kita berbahasa , Kita Bisa ! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Selamat malam teman-teman!✨ Pasti lagi sibuk persiapan uas ya? atau lagi berkutat dengan berbagai tugas? Yuk, tenang sejenak dengan membaca pendapat mengenai campaign merawat bahasa dari Kak Arief Wahyudi dari Kota Malang ini😆

Kita berbahasa, Kita bisa!💪🏼 .
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Selamat malam teman-teman!✨ Pasti lagi sibuk persiapan uas ya? atau lagi berkutat dengan berbagai tugas? Yuk, tenang sejenak dengan membaca pendapat mengenai campaign merawat bahasa dari Kak Arief Wahyudi dari Kota Malang ini😆

Kita berbahasa, Kita bisa!💪🏼 .
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Selamat malam teman-teman!✨ Pasti lagi sibuk persiapan uas ya? atau lagi berkutat dengan berbagai tugas? Yuk, tenang sejenak dengan membaca pendapat mengenai campaign merawat bahasa dari Kak Arief Wahyudi dari Kota Malang ini😆

Kita berbahasa, Kita bisa!💪🏼 .
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Bagian Ketiga
­
Lakuna hati ini halai-balai semenjak eunoia tentang dirimu, Dik. Serendipiti.
­
Sekadar mengumpulkan dan berbagi kosakata yang barangkali masih terasa asing untuk warga dunia maya.
­
­
#kosakata #pasarbahasa #ragambahasa #bahasaindonesia
Bagian Ketiga ­ Lakuna hati ini halai-balai semenjak eunoia tentang dirimu, Dik. Serendipiti. ­ Sekadar mengumpulkan dan berbagi kosakata yang barangkali masih terasa asing untuk warga dunia maya. ­ ­ #kosakata  #pasarbahasa  #ragambahasa  #bahasaindonesia 
Bagian Kedua
­
Sekadar mengumpulkan dan berbagi kosakata yang barangkali masih terasa asing untuk warga dunia maya.
­
Masalah itu sebaiknya dibicarakan dengan Klandestin. Tepa-tepa kalau orang Jawa menyebutnya.
­
­
Sekadar saran, jangan dulu membahas Pasar Bahasa, kalau masih menulis "di mana", "di" masih disambung.
­
­
#kosakata #ragambahasa #pasarbahasa #bahasaindonesia
Bagian Kedua ­ Sekadar mengumpulkan dan berbagi kosakata yang barangkali masih terasa asing untuk warga dunia maya. ­ Masalah itu sebaiknya dibicarakan dengan Klandestin. Tepa-tepa kalau orang Jawa menyebutnya. ­ ­ Sekadar saran, jangan dulu membahas Pasar Bahasa, kalau masih menulis "di mana", "di" masih disambung. ­ ­ #kosakata  #ragambahasa  #pasarbahasa  #bahasaindonesia 
Bagian Pertama
­
Sekadar mengumpulkan dan berbagi kosakata yang barangkali masih terasa asing untuk warga dunia maya.
­
Panjenengan tim Swastamita atau tim Arunika?
­
­
#kosakata #ragambahasa #pasarbahasa #bahasaindonesia
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 .
Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱
.
Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ .

Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌
.
Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 . Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa  kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱 . Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ . Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌 . Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 .
Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱
.
Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ .

Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌
.
Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 . Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa  kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱 . Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ . Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌 . Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 .
Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱
.
Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ .

Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌
.
Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Haloo, selamat hari minggu teman-teman!! 🙌🌈🙌 . Sambil menikmati hari liburnya, #MerawatBahasa  kembali lagi nih untuk berbagi pendapat orang-orang mengenai punahnya bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia 😱😱 . Dan, kali ini kita berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kak Gagas Cakrawala dan kak Satya Rahma✨✨ . Penasaran dengan pendapat mereka kan pastinya? 🤔🧐 Yuk langsung simak saja videonya 👌👌 . Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Hallo teman-teman semua!

Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan?
Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia.

Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! 
Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Hallo teman-teman semua! Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan? Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia. Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla! Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Hallo teman-teman semua!

Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan?
Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia.

Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! 
Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Hallo teman-teman semua! Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan? Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia. Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla! Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Hallo teman-teman semua!

Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan?
Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia.

Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! 
Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Hallo teman-teman semua! Udah lama nih ga ketemu dengan info menarik dari merawat bahasa kan? Kali ini, kita mengangkat hal yang berbeda, menanyakan pendapat orang mengenai apa pengaruh bahasa daerah dengan rasa nasionalisme menurut dia. Dan kali ini kita dapat kesempatan untuk bertanya dengan Kak Adilla Zahra Ray! Yey! Simak yuk videonya untuk tahu apa sih pendapat dari kak Adilla! Kita Berbahasa, Kita Bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku.

Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan.

Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Maluku #Bahasamaluku #Bahasaambon #ProvinsiMaluku #Wisatamaluku #Ambon #Malukuutara #malukupunya #malukutenggara #malukutengah
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku. Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan. Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Maluku  #Bahasamaluku  #Bahasaambon  #ProvinsiMaluku  #Wisatamaluku  #Ambon  #Malukuutara  #malukupunya  #malukutenggara  #malukutengah 
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku.

Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan.

Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Maluku #Bahasamaluku #Bahasaambon #ProvinsiMaluku #Wisatamaluku #Ambon #Malukuutara #malukupunya #malukutenggara #malukutengah
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku. Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan. Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Maluku  #Bahasamaluku  #Bahasaambon  #ProvinsiMaluku  #Wisatamaluku  #Ambon  #Malukuutara  #malukupunya  #malukutenggara  #malukutengah 
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku.

Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan.

Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar.
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Maluku #Bahasamaluku #Bahasaambon #ProvinsiMaluku #Wisatamaluku #Ambon #Malukuutara #malukupunya #malukutenggara #malukutengah
"Ale Rasa Beta Rasa Baku Bantu." Haloo selamat malam semuanya, yuk sekarang kita bahas mengenai Bahasa Maluku. Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan. Masyarakat Maluku Utara sendiri dikenal sebagai Bahasa Pasar karena dipakai sebagai percakapan sehari-hari dengan pengucapan yang cepat dan nada yang datar serta intonasi yang agak kasar. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Maluku  #Bahasamaluku  #Bahasaambon  #ProvinsiMaluku  #Wisatamaluku  #Ambon  #Malukuutara  #malukupunya  #malukutenggara  #malukutengah 
Begitu juga dalam perkenalan diri masyarakat Batak Toba saat memperkenalkan diri selalu menyebut nama dan marga yang dianggap orang lain orang Batak suka menunjukkan kedaerahan, tetapi sebenarnya penyebutan marga adalah implementasi dari Dalihan Natolu (Somba marhula-hula, Elek marboru,Manat mardongan tubu) agar seorang Batak dengan Batak yang lain jangan sampai salah dalam hal kekerabatan.

Nah, sekarang jadi makin bertambah kan pengetahuan akan kekayaan bahasa daerah yg ada di Indonesia. 🌈🇮🇩🇮🇩 .

Yuk mari lestarikan bahasa daerah 👌😊 .

Kita berbahasa, kita bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Batak #Medan #BahasaBatak #ProvinsiMedan #Belajarbahasabatak #bataktoba #batakkaro #batakmandailing
Begitu juga dalam perkenalan diri masyarakat Batak Toba saat memperkenalkan diri selalu menyebut nama dan marga yang dianggap orang lain orang Batak suka menunjukkan kedaerahan, tetapi sebenarnya penyebutan marga adalah implementasi dari Dalihan Natolu (Somba marhula-hula, Elek marboru,Manat mardongan tubu) agar seorang Batak dengan Batak yang lain jangan sampai salah dalam hal kekerabatan. Nah, sekarang jadi makin bertambah kan pengetahuan akan kekayaan bahasa daerah yg ada di Indonesia. 🌈🇮🇩🇮🇩 . Yuk mari lestarikan bahasa daerah 👌😊 . Kita berbahasa, kita bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Batak  #Medan  #BahasaBatak  #ProvinsiMedan  #Belajarbahasabatak  #bataktoba  #batakkaro  #batakmandailing 
Bahasa Batak memiliki banyak keunikan yaitu penggunaan kata dalam bahasa Batak yang kasar dan halus. Misalnya dalam berkomunikasi bahasa yang kasar digunakan untuk pergaulan yang sudah akrab atau sejajar dan bahasa yang halus untuk pergaulan yang umum dan lebih hormat.

Hata Andung dalam bahasa Batak Toba adalah bahasa yang halus yang biasanya diucapkan dalam acara formal dan kepada orang yang lebih tua. Misalnya dalam menyebutkan bagian tubuh, tidak baik mengatakan “mata mu”, “ulu mu” (kepalamu), “butuha mu” (perut mu) terhadap orang yang lebih tua, harus dengan Hata Andung.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Batak #Medan #BahasaBatak #ProvinsiMedan #Belajarbahasabatak #bataktoba #batakkaro #batakmandailing
Bahasa Batak memiliki banyak keunikan yaitu penggunaan kata dalam bahasa Batak yang kasar dan halus. Misalnya dalam berkomunikasi bahasa yang kasar digunakan untuk pergaulan yang sudah akrab atau sejajar dan bahasa yang halus untuk pergaulan yang umum dan lebih hormat. Hata Andung dalam bahasa Batak Toba adalah bahasa yang halus yang biasanya diucapkan dalam acara formal dan kepada orang yang lebih tua. Misalnya dalam menyebutkan bagian tubuh, tidak baik mengatakan “mata mu”, “ulu mu” (kepalamu), “butuha mu” (perut mu) terhadap orang yang lebih tua, harus dengan Hata Andung. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Batak  #Medan  #BahasaBatak  #ProvinsiMedan  #Belajarbahasabatak  #bataktoba  #batakkaro  #batakmandailing 
Horas manteman! 🙌🙌 .

Kali ini #MerawatBahasa  akan mengajak kalian untuk belajar Bahasa Batak nih. Hmm kira-kira ada apa aja yaa 🤔🤔 .

Berdasarkan Summer Institute of Linguistics, bahasa Batak berada di urutan keenam setelah bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, bahasa Madura, dan bahasa Minangkabau yang dilaporkan memiliki jumlah penutur aktif sebanyak 5.150.000 orang👏👏.
.
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Batak #Medan #BahasaBatak #ProvinsiMedan #Belajarbahasabatak #bataktoba #batakkaro #batakmandailing
Horas manteman! 🙌🙌 . Kali ini #MerawatBahasa  akan mengajak kalian untuk belajar Bahasa Batak nih. Hmm kira-kira ada apa aja yaa 🤔🤔 . Berdasarkan Summer Institute of Linguistics, bahasa Batak berada di urutan keenam setelah bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, bahasa Madura, dan bahasa Minangkabau yang dilaporkan memiliki jumlah penutur aktif sebanyak 5.150.000 orang👏👏. . #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Batak  #Medan  #BahasaBatak  #ProvinsiMedan  #Belajarbahasabatak  #bataktoba  #batakkaro  #batakmandailing 
Selamat siang teman-teman!

Hari ini kita belajar tentang Bahasa Bali. Semoga info-info menarik ini dapat menambah wawasan dari teman-teman sekalian.

Yuk, lestarikan Bahasa Daerah!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Bali #Bahasabali #Kuta #Belajarbahasabali #Provinsibali
Selamat siang teman-teman!

Hari ini kita belajar tentang Bahasa Bali. Semoga info-info menarik ini dapat menambah wawasan dari teman-teman sekalian.

Yuk, lestarikan Bahasa Daerah!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Bali #Bahasabali #Kuta #Belajarbahasabali #Provinsibali
Selamat siang teman-teman!

Hari ini kita belajar tentang Bahasa Bali. Semoga info-info menarik ini dapat menambah wawasan dari teman-teman sekalian.

Yuk, lestarikan Bahasa Daerah!

Kita Berbahasa, Kita Bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Bali #Bahasabali #Kuta #Belajarbahasabali #Provinsibali
Punten akang teteh dan teman-teman🙌

Yuk, sekarang kita bahas  bahasa yang termasuk bahasa tertua di Indonesia ini yaitu Bahasa Sunda.

Bahasa Sunda sendiri terdiri dari 3 tingkatan.
Halus, biasa (loma), dan kasar.

Bahasa Sunda memiliki 18 huruf konsonan, yaitu p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y. Oleh karena itu jika ada orang Sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V tidaklah benar karena faktanya hurufnya tidak ada dalam aksara Sunda meski ada yang bisa mengucapkannya.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Sunda #Jawabarat #Bahasasunda #belajarbahasasunda #Bandung #Provinsijawabarat
Punten akang teteh dan teman-teman🙌 Yuk, sekarang kita bahas bahasa yang termasuk bahasa tertua di Indonesia ini yaitu Bahasa Sunda. Bahasa Sunda sendiri terdiri dari 3 tingkatan. Halus, biasa (loma), dan kasar. Bahasa Sunda memiliki 18 huruf konsonan, yaitu p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y. Oleh karena itu jika ada orang Sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V tidaklah benar karena faktanya hurufnya tidak ada dalam aksara Sunda meski ada yang bisa mengucapkannya. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Sunda  #Jawabarat  #Bahasasunda  #belajarbahasasunda  #Bandung  #Provinsijawabarat 
Punten akang teteh dan teman-teman🙌

Yuk, sekarang kita bahas  bahasa yang termasuk bahasa tertua di Indonesia ini yaitu Bahasa Sunda.

Bahasa Sunda sendiri terdiri dari 3 tingkatan.
Halus, biasa (loma), dan kasar.

Bahasa Sunda memiliki 18 huruf konsonan, yaitu p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y. Oleh karena itu jika ada orang Sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V tidaklah benar karena faktanya hurufnya tidak ada dalam aksara Sunda meski ada yang bisa mengucapkannya.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Sunda #Jawabarat #Bahasasunda #belajarbahasasunda #Bandung #Provinsijawabarat
Punten akang teteh dan teman-teman🙌 Yuk, sekarang kita bahas bahasa yang termasuk bahasa tertua di Indonesia ini yaitu Bahasa Sunda. Bahasa Sunda sendiri terdiri dari 3 tingkatan. Halus, biasa (loma), dan kasar. Bahasa Sunda memiliki 18 huruf konsonan, yaitu p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y. Oleh karena itu jika ada orang Sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V tidaklah benar karena faktanya hurufnya tidak ada dalam aksara Sunda meski ada yang bisa mengucapkannya. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Sunda  #Jawabarat  #Bahasasunda  #belajarbahasasunda  #Bandung  #Provinsijawabarat 
Selamat siang teman-teman!

Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak?
Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! 
Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Lampung #Bahasalampung #belajarbahasalampung #provinsilampung
Selamat siang teman-teman! Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak? Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Lampung  #Bahasalampung  #belajarbahasalampung  #provinsilampung 
Selamat siang teman-teman!

Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak?
Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! 
Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Lampung #Bahasalampung #belajarbahasalampung #provinsilampung
Selamat siang teman-teman! Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak? Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Lampung  #Bahasalampung  #belajarbahasalampung  #provinsilampung 
Selamat siang teman-teman!

Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak?
Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! 
Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Lampung #Bahasalampung #belajarbahasalampung #provinsilampung
Selamat siang teman-teman! Wah panas-panas gini enaknya makan es krim yak? Eits, tapi jangan lupa juga untuk menambah ilmu bermanfaat setiap harinya! Hari ini kita akan belajar bahasa Lampung! Yey, yang orang lampung, ataupun yang gebetannya orang lampung boleh banget nih like dan mampir di lapak kita :) Itu sedikit informasi buat hari ini. Semangat terus untuk belajar bersama bahasa-bahasa lainnya ya :) Kita berbahasa, kita bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Lampung  #Bahasalampung  #belajarbahasalampung  #provinsilampung 
Dari fakta unik yang ada di gambar sebelumnya, kita mengetahui bahwa ada levelisasi dalam bahasa jawa. Levelisasi ini digunakan untuk penghormatan, saat kita berbicara dengan orang yang lebih muda atau tua tentunya berbeda. Dalam bahasa jawa dikenali 4 tingkatan yaitu, ngoko (kasar), madya (biasa), krama (halus), dan krama inggil (halus sekali). Pengucapan ini tegantung pada siapa kita berbicara yang biasanya didasarkan pada usia. Semakin tua tentunya harus lebih menghormati sehingga yang dipakai adalah bahasa jawa krama atau krama inggil. 
Nah, sekarang kalian sedikit banyak udah tau kan tentang bahasa jawa? Bahasa jawa unik loh, banyak sekali penggunanya termasuk yang ada di luar negeri. Maka dari itu, jangan sampai ciri khas daerahnu ini menghilang. Yuk, kita bareng-bareng lestarikan bahasa jawa yang ga kalah kerennya ini!👌🧡😆
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Jawa #BahasaJawa #Jawatengah #Jawatimur #Belajarbahasajawa
Dari fakta unik yang ada di gambar sebelumnya, kita mengetahui bahwa ada levelisasi dalam bahasa jawa. Levelisasi ini digunakan untuk penghormatan, saat kita berbicara dengan orang yang lebih muda atau tua tentunya berbeda. Dalam bahasa jawa dikenali 4 tingkatan yaitu, ngoko (kasar), madya (biasa), krama (halus), dan krama inggil (halus sekali). Pengucapan ini tegantung pada siapa kita berbicara yang biasanya didasarkan pada usia. Semakin tua tentunya harus lebih menghormati sehingga yang dipakai adalah bahasa jawa krama atau krama inggil. Nah, sekarang kalian sedikit banyak udah tau kan tentang bahasa jawa? Bahasa jawa unik loh, banyak sekali penggunanya termasuk yang ada di luar negeri. Maka dari itu, jangan sampai ciri khas daerahnu ini menghilang. Yuk, kita bareng-bareng lestarikan bahasa jawa yang ga kalah kerennya ini!👌🧡😆 #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Jawa  #BahasaJawa  #Jawatengah  #Jawatimur  #Belajarbahasajawa 
Bahasa Jawa memiliki banyak logat dalam pengucapannya loh. Setiap bahasa jawa di beberapa daerah pasti berbeda-beda dalam berbicara. Seperti bahasa jawa di daerah jawa timur cenderung lebih kasar daripada bahasa jawa di jawa tengah yang logatnya lebih lembut/halus.
Bahasa jawa juga punya banyak turunan kata. Contohnya, kata ‘jatuh’ dalam bahasa jawa memiliki bahasa yang berbeda-beda berdasar arah jatuhnya, ‘nggeblak’ yang berarti jatuh ke belakang sedangkan ‘nyungsep’ yaitu jatuh ke depan dan masih banyak turunan kata lainnya.
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Jawa #BahasaJawa #JawaTengah #Jawatimur #Belajarbahasajawa
Bahasa Jawa memiliki banyak logat dalam pengucapannya loh. Setiap bahasa jawa di beberapa daerah pasti berbeda-beda dalam berbicara. Seperti bahasa jawa di daerah jawa timur cenderung lebih kasar daripada bahasa jawa di jawa tengah yang logatnya lebih lembut/halus. Bahasa jawa juga punya banyak turunan kata. Contohnya, kata ‘jatuh’ dalam bahasa jawa memiliki bahasa yang berbeda-beda berdasar arah jatuhnya, ‘nggeblak’ yang berarti jatuh ke belakang sedangkan ‘nyungsep’ yaitu jatuh ke depan dan masih banyak turunan kata lainnya. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme  #Jawa  #BahasaJawa  #JawaTengah  #Jawatimur  #Belajarbahasajawa 
Sugeng malam, kawan-kawan!

Kali ini kita akan ulak-ulik fakta unik seputar bahasa jawa. Hayooo, yang orang jawa mana nih suaranya? 
Banyak sekali keunikan yang kita temui ketika belajar bahasa jawa loh. Mau tau apa aja? Yuk, baca dan pahami gambar berikut!😊 .
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme #Jawa #Jawatengah #Jawatimur #BahasaJawa #Belajarbahasajawa
Sementara bahasa yang masuk dalam kategori aman antara lain bahasa Aceh, bahasa Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur), bahasa Sunda, bahasa Madura, bahasa Bali, Bahasa Melayu (Sumatera,dsb), bahasa Minangkabau, bahasa Sumbawa (NTB), bahasa di daerah Papua (Sentani, Awban, Korowai, Tokuni, Biak, Kuri, Awbam, Serui), dan bahasa di daerah Sulawesi (Bugis, Makassar, Muna). ✨🌈
.
.
Nah, maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus turut membantu melestarikan bahasa daerah dan menunjukkan sikap nasionalisme kita! Sehingga kita dapat berkontribusi besar dalam memajukan bahasa nasionalisme dan bangsa ini. 🇮🇩💪💪 🇮🇩
.
.
Yuk sama-sama lestarikan lagi bahasa daerahmu agar tidak punah :) Kalau bukan dari KITA, Siapa lagi??? 😊👌👌
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Sementara bahasa yang masuk dalam kategori aman antara lain bahasa Aceh, bahasa Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur), bahasa Sunda, bahasa Madura, bahasa Bali, Bahasa Melayu (Sumatera,dsb), bahasa Minangkabau, bahasa Sumbawa (NTB), bahasa di daerah Papua (Sentani, Awban, Korowai, Tokuni, Biak, Kuri, Awbam, Serui), dan bahasa di daerah Sulawesi (Bugis, Makassar, Muna). ✨🌈 . . Nah, maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus turut membantu melestarikan bahasa daerah dan menunjukkan sikap nasionalisme kita! Sehingga kita dapat berkontribusi besar dalam memajukan bahasa nasionalisme dan bangsa ini. 🇮🇩💪💪 🇮🇩 . . Yuk sama-sama lestarikan lagi bahasa daerahmu agar tidak punah :) Kalau bukan dari KITA, Siapa lagi??? 😊👌👌 #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Halloo Manteman, Selamat Siang!! 🙌✨🙌
Pasti lagi pada makan siang kan? 
Sambil menyantap makan siangnya, #MerawatBahasa akan membagikan suatu informasi penting lagi nih seputar Bahasa Daerah. 
Tahukah Kamu ??? 🧐🤔 .
.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) mengatakan bahwa bahasa di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat belum teridentifikasi karena bahasa di daerah sana belum saling memahami berbeda dengan bahasa di Pulau Jawa, meskipun berbeda-beda masih bisa dipahami 😱😱 Sehingga disini Badan Bahasa memiliki tugas untuk mengingatkan dan mengawasi agar bahasa-bahasa daerah terjaga dan lestari. .
.
Bahasa yang sudah punah itu berasal dari Maluku dan Papua. Dari Maluku terdapat bahasa Kajeli/Kayeli, Piru, Moksela, Palumata, Ternateno, Hukumina, Hoti, Serua dan Nila. Sedangkan dari Papua terdapat dua bahasa yaitu Tandia dan Mawes. 😭😭😰. .
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Halloo Manteman, Selamat Siang!! 🙌✨🙌 Pasti lagi pada makan siang kan? Sambil menyantap makan siangnya, #MerawatBahasa  akan membagikan suatu informasi penting lagi nih seputar Bahasa Daerah. Tahukah Kamu ??? 🧐🤔 . . Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) mengatakan bahwa bahasa di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat belum teridentifikasi karena bahasa di daerah sana belum saling memahami berbeda dengan bahasa di Pulau Jawa, meskipun berbeda-beda masih bisa dipahami 😱😱 Sehingga disini Badan Bahasa memiliki tugas untuk mengingatkan dan mengawasi agar bahasa-bahasa daerah terjaga dan lestari. . . Bahasa yang sudah punah itu berasal dari Maluku dan Papua. Dari Maluku terdapat bahasa Kajeli/Kayeli, Piru, Moksela, Palumata, Ternateno, Hukumina, Hoti, Serua dan Nila. Sedangkan dari Papua terdapat dua bahasa yaitu Tandia dan Mawes. 😭😭😰. . #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Hallo temen-temen! 🙌

Udah paham kan sekarang penyebab bahasa daerah itu punah menurut UNESCO?
Yuk sama-sama lestarikan lagi bahasa daerahmu agar tidak punah! :) ✨
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Hallo temen-temen! 🙌

Udah paham kan sekarang penyebab bahasa daerah itu punah menurut UNESCO?
Yuk sama-sama lestarikan lagi bahasa daerahmu agar tidak punah! :) ✨
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Tapi, apa kalian tahu? seiringnya perkembangan zaman, bahasa daerah jadi tidak begitu disuarakan dan menuju punah. Kawula muda lebih suka memakai bahasa gaul bahkan bahasa internasional. Keunikan bahasa daerah sudah tidak begitu lagi ada. Terlihat kalah dengan adanya bahasa-bahasa baru yang lebih sering digunakan dalam lingkungan modern saat ini. 
Oleh karena itu, Merawat Bahasa disini hadir untuk membangkitkan kembali eksistensi dari bahasa daerah di Indonesia. Dengan lestarinya bahasa daerah, Indonesia ini akan semakin maju dengan berbagai ragam keunikan bahasa yang dimilikinya.

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Tapi, apa kalian tahu? seiringnya perkembangan zaman, bahasa daerah jadi tidak begitu disuarakan dan menuju punah. Kawula muda lebih suka memakai bahasa gaul bahkan bahasa internasional. Keunikan bahasa daerah sudah tidak begitu lagi ada. Terlihat kalah dengan adanya bahasa-bahasa baru yang lebih sering digunakan dalam lingkungan modern saat ini. Oleh karena itu, Merawat Bahasa disini hadir untuk membangkitkan kembali eksistensi dari bahasa daerah di Indonesia. Dengan lestarinya bahasa daerah, Indonesia ini akan semakin maju dengan berbagai ragam keunikan bahasa yang dimilikinya. #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
Yuk, ikut gerakan #MerawatBahasa sebagai wujud melestarikan bahasa daerahmu dan menunjukkan sikap nasionalisme kamu! Dengan kamu turut melestarikan bahasa daerah, kamu berkonstribusi besar dalam memajukan bahasa nasionalisme di Indonesia dan memajukan bangsa ini, loh! Mulai konstribusi kamu untuk Indonesia dari hal sederhana dengan turut dalam gerakan Merawat Bahasa. Kita berbahasa, Kita bisa!

#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
Yuk, ikut gerakan #MerawatBahasa  sebagai wujud melestarikan bahasa daerahmu dan menunjukkan sikap nasionalisme kamu! Dengan kamu turut melestarikan bahasa daerah, kamu berkonstribusi besar dalam memajukan bahasa nasionalisme di Indonesia dan memajukan bangsa ini, loh! Mulai konstribusi kamu untuk Indonesia dari hal sederhana dengan turut dalam gerakan Merawat Bahasa. Kita berbahasa, Kita bisa! #MerawatBahasa  #BahasaBangsa  #BahasaKita  #RagamBahasa  #BahasaDaerahItuKeren  #Indonesia  #Bahasadaerah  #Bahasadaerahku  #Nasionalisme 
HALO, KITA KENALAN YUK!
Tak kenal maka tak sayang.

Apa sih makna bahasa bagi kalian?
Bahasa itu alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Di Indonesia, banyak sekali ragam bahasa yang dimiliki tiap daerahnya. Biasanya disebut bahasa daerah. Bahasa daerah memiliki keunikan masing-masing saat digunakan dalam berkomunikasi. 
#MerawatBahasa #BahasaBangsa #BahasaKita #RagamBahasa #BahasaDaerahItuKeren #Indonesia
#Bahasadaerah #Bahasadaerahku #Nasionalisme
It's the best...sapu ranjau...😎
@iqbalaziz7 @irawanferi_02 @hardiandiii
#ragambudaya #ragambahasa #satu
"Na Ca Ra Ka", Ragam bahasa daerah yang terancam eksistensinya.

Aksara Jawa atau yang lebih kita kenal dengan "Hanacaraka", pada saat ini telah semakin jarang di gunakan oleh masyarakat. Khususnya suku Jawa. Hal ini Di karenakan dalam penggunaannya, aksara jawa masih terdapat banyak kesulitan-kesulitan. sehingga menyebababkan kurang populernya aksara jawa terkecuali bagi kalangan preservasionis.

Walaupun Aksara Jawa sampai sekarang masih diajarkan di sekolah-sekolah wilayah berbahasa Jawa, namun tetap saja , bahasa ini lambat laun akan terancam eksistensinya.

Bagaimana tidak, pada kenyataanya, generasi muda lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa asing. Padahal generasi mudalah yang seharusnya melanjutkan Eksistensi bahasa ini.

#worldmustknow #duniaharustau #kamuharustau #infoknowlage #infodunia #infobahasa #ragambahasa #aksarajawa #beautiful #faktagoogle #detik.com #faktawow #infiacta
"Na Ca Ra Ka", Ragam bahasa daerah yang terancam eksistensinya. Aksara Jawa atau yang lebih kita kenal dengan "Hanacaraka", pada saat ini telah semakin jarang di gunakan oleh masyarakat. Khususnya suku Jawa. Hal ini Di karenakan dalam penggunaannya, aksara jawa masih terdapat banyak kesulitan-kesulitan. sehingga menyebababkan kurang populernya aksara jawa terkecuali bagi kalangan preservasionis. Walaupun Aksara Jawa sampai sekarang masih diajarkan di sekolah-sekolah wilayah berbahasa Jawa, namun tetap saja , bahasa ini lambat laun akan terancam eksistensinya. Bagaimana tidak, pada kenyataanya, generasi muda lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa asing. Padahal generasi mudalah yang seharusnya melanjutkan Eksistensi bahasa ini. #worldmustknow  #duniaharustau  #kamuharustau  #infoknowlage  #infodunia  #infobahasa  #ragambahasa  #aksarajawa  #beautiful  #faktagoogle  #detik .com #faktawow  #infiacta 
Dengan banyak nya ragam suku, bahasa dan budaya.
Mari kita Satukan Negara Indonesia Tercinta ini. 
#budaya#bahasa#suku#indonesiatercinta#negaraindonesia#indonesia#perjuangan#patriot#semangat#ragambudaya#ragamsuku#ragambahasa#merdeka✊
Nembe ndelok-ndelok foto neng handphone eh nemu ono video iki. Nyambung cerito wingi, iki lho ono ndrojokan mbek kolame.. Dadi kangen pengen dolan rono meneh..!
( 02| Jawa )
.
Lagi liat-liat foto di handphone eh ternyata ada video ini.. Nyambung dari yang kemaren, ini loh air terjun dan kolamnya.. Duh jadi kangen pengen main kesanaa..!
.
Ps: Thanks mba Hanna utk bantuannya 😉
...
📱 @hendyaugusta 
#challenge #javanese #jawa #ragambahasa #curugleuwianteng #curugbogor #airterjun #instamood #imnotaphotographer #beawesome #getcreative #iphoneonly #daily #jabargram #pesonaindonesia #proudindonesian #ragamindonesia #airterjun #curugcipeteuy #vscobest #beawesome #getcreative #likeforfollow
Nembe ndelok-ndelok foto neng handphone eh nemu ono video iki. Nyambung cerito wingi, iki lho ono ndrojokan mbek kolame.. Dadi kangen pengen dolan rono meneh..! ( 02| Jawa ) . Lagi liat-liat foto di handphone eh ternyata ada video ini.. Nyambung dari yang kemaren, ini loh air terjun dan kolamnya.. Duh jadi kangen pengen main kesanaa..! . Ps: Thanks mba Hanna utk bantuannya 😉 ... 📱 @hendyaugusta #challenge  #javanese  #jawa  #ragambahasa  #curugleuwianteng  #curugbogor  #airterjun  #instamood  #imnotaphotographer  #beawesome  #getcreative  #iphoneonly  #daily  #jabargram  #pesonaindonesia  #proudindonesian  #ragamindonesia  #airterjun  #curugcipeteuy  #vscobest  #beawesome  #getcreative  #likeforfollow 
Curug Leuwi Anteng, dari dia pe nama so dapa tau kalo depe air tenang. Depe air pe bening so mo dapat lompat. Depe rupa kolam pe cetek beking jadi tempat berendam dan santai santai. Kong, kalo ngana kesini, ngana mo beking apa?
( 01| Manado )
.
Curug (air terjun) Leuwi Anteng, dari namanya udah ketebak kalo air terjun mungil ini airnya tenang. Airnya bening banget bikin kita gak ragu buat langsung nyebur selain itu karna bentuknya yang seperti kolam dan gak terlalu dalem curug ini jadi salah satu tempat yang paling enak untuk berendem dan renang-renang santai. Kalo kalian disini, apa sih yang bakal kalian lakukan?
.
Ps: Thanks @jenniferjovana utk bantuannya 💋
...
#challenge #manadonese #manado #ragambahasa #curugleuwianteng #curugbogor #airterjun #instamood #imnotaphotographer #beawesome #getcreative #iphoneonly #daily #jabargram #pesonaindonesia #proudindonesian #ragamindonesia #airterjun #curugcipeteuy #nature #gooutside
Curug Leuwi Anteng, dari dia pe nama so dapa tau kalo depe air tenang. Depe air pe bening so mo dapat lompat. Depe rupa kolam pe cetek beking jadi tempat berendam dan santai santai. Kong, kalo ngana kesini, ngana mo beking apa? ( 01| Manado ) . Curug (air terjun) Leuwi Anteng, dari namanya udah ketebak kalo air terjun mungil ini airnya tenang. Airnya bening banget bikin kita gak ragu buat langsung nyebur selain itu karna bentuknya yang seperti kolam dan gak terlalu dalem curug ini jadi salah satu tempat yang paling enak untuk berendem dan renang-renang santai. Kalo kalian disini, apa sih yang bakal kalian lakukan? . Ps: Thanks @jenniferjovana utk bantuannya 💋 ... #challenge  #manadonese  #manado  #ragambahasa  #curugleuwianteng  #curugbogor  #airterjun  #instamood  #imnotaphotographer  #beawesome  #getcreative  #iphoneonly  #daily  #jabargram  #pesonaindonesia  #proudindonesian  #ragamindonesia  #airterjun  #curugcipeteuy  #nature  #gooutside 
tukang ojek vs preman

kelompok 3
R.I.E (Informatika)
nonformal

Bagus Sudjatmiko 201843500260 (tukang ojek)
Agung Nugraha 201843500160(tukang ojek)
Fonny Agustin 201843500758(penumpang)
Mega Aulia K 201843501431(penumpang)
Agnes Novri Yanti 201843500520(preman)

@ayu_kameela
#videoragambahasa
#ragambahasa
#informatikaunindra
#kuliahbahasaindonesia
tukang ojek vs preman kelompok 3 R.I.E (Informatika) nonformal Bagus Sudjatmiko 201843500260 (tukang ojek) Agung Nugraha 201843500160(tukang ojek) Fonny Agustin 201843500758(penumpang) Mega Aulia K 201843501431(penumpang) Agnes Novri Yanti 201843500520(preman) @ayu_kameela #videoragambahasa  #ragambahasa  #informatikaunindra  #kuliahbahasaindonesia 
Persembahan dari kami Training center...😘😘
#Ragambahasa
#Ragam budaya
#Ulangtahun
[ RAGAM BAHASA ]

Prodi: Informatika
Kelas: R1E
Kelompok 4:
- Andi Firdaus sebagai Bapak
- Nurul Fadillah sebagai Ibu
- Weni Choirunnisa sebagai Anak
- Ade Hanggara sebagai Teman Weni
- Dinda Amelia Zahra sebagai Teman Weni

Ragam bahasa:
↪Lisan
↪Non Formal
↪Pendidikan (rendah)
↪Non Baku .
.
Ide cerita: Ade Hanggara, Andi Firdaus, Dinda Amelia
.
🎥 & editor: Ade Hanggara .
.
.
@Ayu_Kameela
#VideoRagamBahasa
#RagamBahasa
#InformatikaUnindra
#KuliahBahasaIndonesia
[ RAGAM BAHASA ] Prodi: Informatika Kelas: R1E Kelompok 4: - Andi Firdaus sebagai Bapak - Nurul Fadillah sebagai Ibu - Weni Choirunnisa sebagai Anak - Ade Hanggara sebagai Teman Weni - Dinda Amelia Zahra sebagai Teman Weni Ragam bahasa: ↪Lisan ↪Non Formal ↪Pendidikan (rendah) ↪Non Baku . . Ide cerita: Ade Hanggara, Andi Firdaus, Dinda Amelia . 🎥 & editor: Ade Hanggara . . . @Ayu_Kameela #VideoRagamBahasa  #RagamBahasa  #InformatikaUnindra  #KuliahBahasaIndonesia 
#Repost @keryastina
Made by @Image.Downloader
· · · ·
Meramaikan lagu "Su Sayang". Biar beda, gue bikin versi indo. Tag pacar (kalo punya). Full link bio🤙🏻 Follow @coverlagu_kc
Hastag #coverlagukece 
#coverlagukece #coverlagu #covermusikid #coversongid #dagelan #medan #indonesiapunya  #musikindonesia #ragambahasa #versiindonesia #indomusikgram #vokalplus #karnasusayang
"Karena su sayang" 
Orang jawa juga bisa nyanyi lagu bahasa lain ❤ 
Editing by : @na27na_ 
@covermusikgramm @diah_kholifa07
@erita375  @muhammadilmi518 @_hildasaida13 @osisbaswara
 #karenasusayang #indonesia #nusantara #ragambahasa 
#likeforlikeback #followforfollow #fff😊 #lfl💛
Mancakrida = outbond. Misal: sebagai bonus atas pencapaian target, perusahaan itu mengadakan mancakrida untuk para karyawannya. @ivanlanin @najwashihab #kbbi #literasi #marimenulis #marimembaca #dutabaca #bahasaindonesia #literasi #salamliterasi #ragambahasa #kosakata #ayomenulis #ayomembaca
#ragambahasa
#tugasbahasaindonesia
@nacnac01 @citradesyanti
 @nopitaarios 
Mata kuliah Bahasa Indonesia
Nama dan Nim:
1. Samsidar samosir (CEA 118 007)
2. Nopita aritonang (CEA 118 008)
3. Citra sihombing ( CEA 118 018)  Horas dihita saluhutna
Puji dan syukur kami ucapkan atas selesainya tugas praktik Bahasa Indonesia kami ini yaitu tentang vlog yang menggunakan bahasa daerah kami yaitu bahasa batak toba. Disini kami ingin menceritakan tentang bagaimana cara membuat kue panggelong.  Alat dan bahan:
1. Tepung ketan
2. Tepung roti
3. Gula merah
4. Minyak goreng
5. Pisau
6. Baskom  TERIMAKASIH🙏 SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUANYA😇
#ragambahasa  #tugasbahasaindonesia  @nacnac01 @citradesyanti @nopitaarios Mata kuliah Bahasa Indonesia Nama dan Nim: 1. Samsidar samosir (CEA 118 007) 2. Nopita aritonang (CEA 118 008) 3. Citra sihombing ( CEA 118 018) Horas dihita saluhutna Puji dan syukur kami ucapkan atas selesainya tugas praktik Bahasa Indonesia kami ini yaitu tentang vlog yang menggunakan bahasa daerah kami yaitu bahasa batak toba. Disini kami ingin menceritakan tentang bagaimana cara membuat kue panggelong. Alat dan bahan: 1. Tepung ketan 2. Tepung roti 3. Gula merah 4. Minyak goreng 5. Pisau 6. Baskom TERIMAKASIH🙏 SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUANYA😇
@nacnac01 @lisna81216
@yesayaibat #ragambahasa #tugasbahasaindonesia
Mata kuliah bahasa Indonesia 
Nama dan Nim
1.Yuap (CEA 118 021)
2.Matias Dody (CEA 118 026)
3.Yesaya ( CEA 118 006)
4.Lisna (CEA 118 012)
Tabe selamat lingu nalatai salam sujud karendem malempang🙏🏻
Puji syukur kami ucapkan atas selesainya tugas praktik bahasa Indonesia kami ini yaitu tentang Vlog yang menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa dayak menceritakan tentang
A. Jalan-jalan di taman kuliner tunggal sangomang jl. yosudarso yang biasanya sering dikunjungi anak muda ketika sore hari untuk santai di taman
B. Tutorial nembak cewek, yaitu dengan cara menggombali sang cewek tersebut dengan kalimat-kalimat romantis.
Mohon Like & share guys🙏
@nacnac01 @lisna81216 @yesayaibat #ragambahasa  #tugasbahasaindonesia  Mata kuliah bahasa Indonesia Nama dan Nim 1.Yuap (CEA 118 021) 2.Matias Dody (CEA 118 026) 3.Yesaya ( CEA 118 006) 4.Lisna (CEA 118 012) Tabe selamat lingu nalatai salam sujud karendem malempang🙏🏻 Puji syukur kami ucapkan atas selesainya tugas praktik bahasa Indonesia kami ini yaitu tentang Vlog yang menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa dayak menceritakan tentang A. Jalan-jalan di taman kuliner tunggal sangomang jl. yosudarso yang biasanya sering dikunjungi anak muda ketika sore hari untuk santai di taman B. Tutorial nembak cewek, yaitu dengan cara menggombali sang cewek tersebut dengan kalimat-kalimat romantis. Mohon Like & share guys🙏
Ketik panjang lebar,  di hapus. Ketik lagi, ketawa sendiri, hapos. Ketik kembali, gitu2 aja terus smpe kerajan armagedon datang (agak henk otak) , hapos lagi. 
Waktu bergerak maju
Kmaren itu kenangan 
Hari ini kenyataan 
Besok harapan. 
Jangan ko tunda lek gerbang sdh terbuka ya kluar, ojo ngadem maning di gubuk,  karna neraka ga seindah bumi. #apaansih# 
Keadaan susah senang bok yo tetap give thanks, kl salah ya legowo say sory, ditolong sm orang walau ga seberapa mai beki tiok Kamsia. Kalau mau pinjam barang orang mon maap pinjam yo "pamitan" udah itu aja. Trus kl ketemu orang salim kek atau sapa Hai, halo. Kl mau masuk keruangan atau tempat ya ketok dahulu, jgn asal nyelonong ngegas... Kl kerja lu pasti dpt gaji jgn lupa persepuluhan,  jgn lupa ditabung krn harus ada ditabur ada disimpan. Pokoke tabur tuai tetap ready. Bkn karma ya kek orang2 sebelah kata. Mana ada sih lu tabur rondap muncul kembang matahari. Kl ada spt itu sini lu jual gua beli. 
1 Joh 2:14 dont forget anak murid awak, adek awak, teman sharing awak, kedan awak... Udah ya capek kali ketiknya, situ baca aja kl ga paham DM aja ke psikolog terdekat #nahloh #ragambahasa #tired #milenialgenerasi
#Instaword #latepost #passover #2018 #helooctober #instaday #canon #sony #takentoshare #teacher #student 
Taken by : @sionvern @sionvrnnd
Ketik panjang lebar, di hapus. Ketik lagi, ketawa sendiri, hapos. Ketik kembali, gitu2 aja terus smpe kerajan armagedon datang (agak henk otak) , hapos lagi. Waktu bergerak maju Kmaren itu kenangan Hari ini kenyataan Besok harapan. Jangan ko tunda lek gerbang sdh terbuka ya kluar, ojo ngadem maning di gubuk, karna neraka ga seindah bumi. #apaansih # Keadaan susah senang bok yo tetap give thanks, kl salah ya legowo say sory, ditolong sm orang walau ga seberapa mai beki tiok Kamsia. Kalau mau pinjam barang orang mon maap pinjam yo "pamitan" udah itu aja. Trus kl ketemu orang salim kek atau sapa Hai, halo. Kl mau masuk keruangan atau tempat ya ketok dahulu, jgn asal nyelonong ngegas... Kl kerja lu pasti dpt gaji jgn lupa persepuluhan, jgn lupa ditabung krn harus ada ditabur ada disimpan. Pokoke tabur tuai tetap ready. Bkn karma ya kek orang2 sebelah kata. Mana ada sih lu tabur rondap muncul kembang matahari. Kl ada spt itu sini lu jual gua beli. 1 Joh 2:14 dont forget anak murid awak, adek awak, teman sharing awak, kedan awak... Udah ya capek kali ketiknya, situ baca aja kl ga paham DM aja ke psikolog terdekat #nahloh  #ragambahasa  #tired  #milenialgenerasi  #Instaword  #latepost  #passover  #2018  #helooctober  #instaday  #canon  #sony  #takentoshare  #teacher  #student  Taken by : @sionvern @sionvrnnd
@Regran_ed from @slaraskan - "Jagalah cinta dan sebarkanlah dengan nurani jiwa yang akan meneduhkan semesta" - karena cinta yang sebenarnya adalah yang meneduhkan semua pihak. . 
tak hanya sekedar instastory berdua, makan bersama, dan menyabuk diatas motor orang tua. . 
Termasuk dalam hari bumi juga, selamat!  Semoga semakin terjaga dan jagalah!
. 
Penggalan lirik dari lagu janganlah seperti bapak - @iksanskuterofficial . 
#rasayangsama9k
#indonesiamajudenganberkarya
#ragambahasa
#belmenid - #regrann  #kawancerdas
@Regran_ed from @slaraskan - "Jagalah cinta dan sebarkanlah dengan nurani jiwa yang akan meneduhkan semesta" - karena cinta yang sebenarnya adalah yang meneduhkan semua pihak. . tak hanya sekedar instastory berdua, makan bersama, dan menyabuk diatas motor orang tua. . Termasuk dalam hari bumi juga, selamat! Semoga semakin terjaga dan jagalah! . Penggalan lirik dari lagu janganlah seperti bapak - @iksanskuterofficial . #rasayangsama9k  #indonesiamajudenganberkarya  #ragambahasa  #belmenid  - #regrann  #kawancerdas 
Nggon koe para wadon🤣✌️ ngapurane nyong raono pembahasan maning🙊😀
#yowisrapopo #ngapuranedek #nggonkoe #rangapakrapenak #indonesiaindah #ragambahasa #babatbae
Nah tebak-tebak maksud kata pribahasa diatas yuk! komen pendapat kamu maksud dan artinya?
.
#Dori_Quote #Quote #Pribahasa #QOTD #Motivasi #KataBijak #KataMotivasi #QuoteKeren #QuoteMotivasi #QuoteAsik  #Milenial #AnakMuda #Quote #Kutipan #Kata #Bahasa
#RagamBahasa
Bahasa Indonesia saat ini mulai Fleksibel

Semoga ke depannya lebih fleksibel lagi, sehingga para penutur gampang menyesuaikan dengan ragam baku

@ausell.uinih

#kbbi
#ausell
#bahasaindonesia 
#ejaanbaku
#ragambahasa
#alternatif
Ojo gampang nyalahke wong liyo(jangan mudah menyalahkan orang lain)#jawa#indonesia#ragambahasa
Re-upload.
"CINTA bukan PACARAN,  tapi PERNIKAHAN"

Jangan terlalu berharap bisa hidup selamanya dengan modal status pacaran,  karna pada dasarnya Allah maha membolak balikkan hati 😇😇😇 .
.
Dan karna sesungguhnya pacaran merupakan salah satu perbuatan yang...... Mmm....... Ngerti lah ya 😅😅😅 .
Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰۤى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗ  وَسَآءَ سَبِيْلًا
"Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 32)

Buat kalian yang mau mencoba nikmatnya "JOMBLO,  alias SINGLE" sebelum dapet yang SAH.  silahkan ngomong baik baik sama pacarnya.  Uhuuyyy 😝😝 Semoga bermanfaat 😇😇😇
Sayang kaliaannn 😍😘.
.
.
.
 #rasayangsama9k #indonesiamajudenganberkarya #ragambahasa ❤❤❤
Re-upload. "CINTA bukan PACARAN, tapi PERNIKAHAN" Jangan terlalu berharap bisa hidup selamanya dengan modal status pacaran, karna pada dasarnya Allah maha membolak balikkan hati 😇😇😇 . . Dan karna sesungguhnya pacaran merupakan salah satu perbuatan yang...... Mmm....... Ngerti lah ya 😅😅😅 . Allah SWT berfirman: وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰۤى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗ وَسَآءَ سَبِيْلًا "Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 32) Buat kalian yang mau mencoba nikmatnya "JOMBLO, alias SINGLE" sebelum dapet yang SAH. silahkan ngomong baik baik sama pacarnya. Uhuuyyy 😝😝 Semoga bermanfaat 😇😇😇 Sayang kaliaannn 😍😘. . . . #rasayangsama9k  #indonesiamajudenganberkarya  #ragambahasa  ❤❤❤
SELAMAT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA (17 agustus 1945 - 17 agustus 2018)🎉🎉🎂🎂🎊
.
.
.
.
.
#hutri73 #dirgahayuindonesia #indonesiajuara #majulahindonesiaku #jayaindonesiaku #happyindependenceday #indonesia #17agustus2018 #merdeka #ragambahasa #cantiknegriku #instagram #snapchat
Juk sija do nyak sa dek, amon niku haga, yu payu nyak laju ko, amon at, yu mak api-api ( beginilah saya dek, kalau kamu mau, ayo aku lanjutin, kalo enggak, ya gapapa)

#BahasaKomering
#ragambahasa
#dutabahasa
Juk sija do nyak sa dek, amon niku haga, yu payu nyak laju ko, amon at, yu mak api-api ( beginilah saya dek, kalau kamu mau, ayo aku lanjutin, kalo enggak, ya gapapa) #BahasaKomering  #ragambahasa  #dutabahasa 
Regrann from @kameliarosiana -  ceriwiiiisss 😂
slide 1: numbers in Indonesian 
slide 2: numbers in Japanese 
slide 3: My Neighbor Totoro ost
Arukou  Arukou  Watashi wa genki 
Aruku no daisuki  Dondon yukou
Sakamichi  Tonneru  Kusappara 
Ippon bashi ni  Dekoboko jari michi 
@nadiyah_ulfah - #regrann
.
.
.
.
.
Bude nyolong videox y chan 😘😘 hbis km gemes banget sih 🤣🤣🤣
#japanesegirl 
#japan 
#indonesia
#ragambahasa
Regrann from @kameliarosiana - ceriwiiiisss 😂 slide 1: numbers in Indonesian slide 2: numbers in Japanese slide 3: My Neighbor Totoro ost Arukou  Arukou  Watashi wa genki  Aruku no daisuki  Dondon yukou Sakamichi  Tonneru  Kusappara  Ippon bashi ni  Dekoboko jari michi @nadiyah_ulfah - #regrann  . . . . . Bude nyolong videox y chan 😘😘 hbis km gemes banget sih 🤣🤣🤣 #japanesegirl  #japan  #indonesia  #ragambahasa 
Endhas Gundhul Dikepeti
.
Endhas disini berarti kepala.
.
Gundhul diartikan kepala botak atau tidak memiliki rambut (dicukur habis).
.
Dikepeti diartikan dikipasi.
.
Jadi pengertian dari "Endhas Gundul Dikepeti" adalah Kepala Gundul yang dikipasi.
.
merupakan sebuah ungkapan yang menggambarkan sebuah kondisi yang nyaman namun masih menginginkan kondisi yang lebih nyaman.
.
Sumber : Art And Propaganda (Rahman Athian)
.
#indonesiamajudenganberkarya #ragambahasa #kaligrafina #belmenid #lettering #goodtype #hurufraktur #letteringxthursday
Endhas Gundhul Dikepeti . Endhas disini berarti kepala. . Gundhul diartikan kepala botak atau tidak memiliki rambut (dicukur habis). . Dikepeti diartikan dikipasi. . Jadi pengertian dari "Endhas Gundul Dikepeti" adalah Kepala Gundul yang dikipasi. . merupakan sebuah ungkapan yang menggambarkan sebuah kondisi yang nyaman namun masih menginginkan kondisi yang lebih nyaman. . Sumber : Art And Propaganda (Rahman Athian) . #indonesiamajudenganberkarya  #ragambahasa  #kaligrafina  #belmenid  #lettering  #goodtype  #hurufraktur  #letteringxthursday 
Yg ndak tau artinya.. Boleh ditranslate sendiri ya.. 😊
.
Lepas tuu, kene belajar dengan cikgu English, tau!😊
#ragambahasa
#indahnyabahasa
Yg ndak tau artinya.. Boleh ditranslate sendiri ya.. 😊 . Lepas tuu, kene belajar dengan cikgu English, tau!😊 #ragambahasa  #indahnyabahasa