an online Instagram web viewer

#awf18 medias

Photos

Gembul..
Bulat..
Bul..
Bul...
Gembul..
Aku suka kucing gembul..
Namanya Unis..
Lucu dan manis..
Pelukis senyuman..
Pada pemilihnya bernama Hana..
Karyanya @rinfan_sketch 
Jadi ingat kucingku..
Yang mati entah di mana.. Caption is real from me 
Pict by @rinfan_sketch

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D8 #hewanpeliharaan
Gembul.. Bulat.. Bul.. Bul... Gembul.. Aku suka kucing gembul.. Namanya Unis.. Lucu dan manis.. Pelukis senyuman.. Pada pemilihnya bernama Hana.. Karyanya @rinfan_sketch Jadi ingat kucingku.. Yang mati entah di mana.. Caption is real from me Pict by @rinfan_sketch #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D8  #hewanpeliharaan 
Dirinya hanyalah wanita rapuh..
Namun, dia tak mau menyerah..
Dia ingin adiknya tak manja.. Tak bergantung pada orangtua..
Juga dirinya..
"Percayalah..
Wanita bernama Arina itu tak seperti yang kalian bayangkan. Dia kakak yang bertanggung jawab. Dia kakak yang mendidik adiknya dengan keras. Lihatlah adiknya, dia sukses menjadi diplomat berkat seorang kakak yang berkorban harta juga jiwanya untuk adiknya... Bianca." Sepenggal kata dari seorang tokoh novel yang gak jadi - jadi.

Caption by me 📷 By Christian
(Sebuah latar dongeng kisah cinta adik dan kakak ala Disney) 
#arandele
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D7 #kakak
Dirinya hanyalah wanita rapuh.. Namun, dia tak mau menyerah.. Dia ingin adiknya tak manja.. Tak bergantung pada orangtua.. Juga dirinya.. "Percayalah.. Wanita bernama Arina itu tak seperti yang kalian bayangkan. Dia kakak yang bertanggung jawab. Dia kakak yang mendidik adiknya dengan keras. Lihatlah adiknya, dia sukses menjadi diplomat berkat seorang kakak yang berkorban harta juga jiwanya untuk adiknya... Bianca." Sepenggal kata dari seorang tokoh novel yang gak jadi - jadi. Caption by me 📷 By Christian (Sebuah latar dongeng kisah cinta adik dan kakak ala Disney) #arandele  #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D7  #kakak 
Tersiarkan kisah wanita... Sudah lama...
Dia memegang panji kemanusiaan..
Dia harusnya terbebas dari jeratan perang..
Namun sang perang tetap menumbasnya..
Ini tak ada dalam perang Rasulullah..
Terjunlah air mata sang bunda...
Menangisi kepergian putri cantiknya..
Jiwanya kuat..
Raganya kuat..
Dia pun bahagia...
Dipangkuan Tuhan - Nya.. Caption by me 📷 from @kartunsemangat
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D6 #kesedihan
Tersiarkan kisah wanita... Sudah lama... Dia memegang panji kemanusiaan.. Dia harusnya terbebas dari jeratan perang.. Namun sang perang tetap menumbasnya.. Ini tak ada dalam perang Rasulullah.. Terjunlah air mata sang bunda... Menangisi kepergian putri cantiknya.. Jiwanya kuat.. Raganya kuat.. Dia pun bahagia... Dipangkuan Tuhan - Nya.. Caption by me 📷 from @kartunsemangat #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D6  #kesedihan 
Memang bukanlah manusia. Tapi ia bisa mengisi kekosongan hari-hari. Menjadi teman di kala yang dipercaya telah pergi. Kadang tingkahnya jadi hiburan yang membuat senyum setelah penat seharian merekah kembali. Usil tapi selalu asik ketika bertemu.

#21DWC  #AWF18 #MOTIVASIMENULIS #UKMKIALQOLAM #D8 #hewanpeliharaan
Memang bukanlah manusia. Tapi ia bisa mengisi kekosongan hari-hari. Menjadi teman di kala yang dipercaya telah pergi. Kadang tingkahnya jadi hiburan yang membuat senyum setelah penat seharian merekah kembali. Usil tapi selalu asik ketika bertemu. #21DWC  #AWF18  #MOTIVASIMENULIS  #UKMKIALQOLAM  #D8  #hewanpeliharaan 
Saat malam tak lagi hitam
Saat sendiri tak lagi sepi
Saat bahagia tak lagi di dada
Bahkan jadi seutas lara
Asa dan cita terperdaya

#21DWC #AWF18 #MOTIVASIMENULIS #UKMKIALQOLAM #D6 #kesedihan
Di antara sawah-sawah itu terdapat sebuah sekolah. Murid-muridnya adalah katak, ikan, belalang, cacing dan siput. Suatu hari guru di sekolah itu berkata " Pelajaran hari ini adalah belajar melompat " Katak dan belalang tampak kegirangan. Di sisi lain, teman2nya merasa sedih. Siput bertanya kepada ikan " Kan, apakah kamu tahu caranya melompat? ". "Mudah saja, kamu hanya perlu mengepakkan sirip dan ekormu ke air" Jawab ikan. Dalam hati siput bergumam "bodohnya aku ini, melompat saja tidak bisa"

#21DWC
#AWF18
#UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D5 #pendidikanideal
Di antara sawah-sawah itu terdapat sebuah sekolah. Murid-muridnya adalah katak, ikan, belalang, cacing dan siput. Suatu hari guru di sekolah itu berkata " Pelajaran hari ini adalah belajar melompat " Katak dan belalang tampak kegirangan. Di sisi lain, teman2nya merasa sedih. Siput bertanya kepada ikan " Kan, apakah kamu tahu caranya melompat? ". "Mudah saja, kamu hanya perlu mengepakkan sirip dan ekormu ke air" Jawab ikan. Dalam hati siput bergumam "bodohnya aku ini, melompat saja tidak bisa" #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D5  #pendidikanideal 
Kuteringat seorang sosok penulis... @hirataandrea
Visualisasi pendidikan yang kurang dari segi fasilitas.... Namun dia bisa menggambarkan niat yang luar biasa dari 11 anak - anak terbatas. 
Mereka mampu menembus batas. 
Hebat di setiap langkah kehidupannya.. Fasilitas memang hal yang penting dalam pendidikan.. Namun 
Yang terpenting lagi adalah...
Niat besar sang pendidik dan yang dididiknya.. Mereka harus berjuang bersama... Menembus batas... Dan merubah peradaban..
Sekian~ (Pikiranku melayang pada film dan novel favorit pertamaku) -
-
-
-
-
Tulisan oleh : T.A  Pic by : Liputan 6.com
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #PENDIDIKANYANGIDEAL #D5
Kuteringat seorang sosok penulis... @hirataandrea Visualisasi pendidikan yang kurang dari segi fasilitas.... Namun dia bisa menggambarkan niat yang luar biasa dari 11 anak - anak terbatas. Mereka mampu menembus batas. Hebat di setiap langkah kehidupannya.. Fasilitas memang hal yang penting dalam pendidikan.. Namun Yang terpenting lagi adalah... Niat besar sang pendidik dan yang dididiknya.. Mereka harus berjuang bersama... Menembus batas... Dan merubah peradaban.. Sekian~ (Pikiranku melayang pada film dan novel favorit pertamaku) - - - - - Tulisan oleh : T.A Pic by : Liputan 6.com #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #PENDIDIKANYANGIDEAL  #D5 
Kam liat ga batu ini? Batu ini aja senantiasa setia di pinggir pantai. Walaupun pada kenyataannya, ombak berusaha menjauhkan mereka. Tidak ada pengkhianatan dipihak batu. Coba tanyakan pada diri pantai (?) ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh @dwisembiring_ ; di tepi pantai Paris
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #PENGKHIANATAN #D10
Kam liat ga batu ini? Batu ini aja senantiasa setia di pinggir pantai. Walaupun pada kenyataannya, ombak berusaha menjauhkan mereka. Tidak ada pengkhianatan dipihak batu. Coba tanyakan pada diri pantai (?) ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh @dwisembiring_ ; di tepi pantai Paris ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #PENGKHIANATAN  #D10 
Ketika menjalani usaha, ada saja orang orang sudah bermitra, tiba tiba pergi.

Beberapa kasus diantaranya mitra pengrajin.

Waktu itu akan pameran dan butuh barang display, jadi saya minta seseorang untuk dipinjam barangnya untuk saya jual.

Acara selesai, dia dapat profit penjualan. Suatu hari, ada pemesan yang ribet banget.

Atas pertimbanganku yang panjang, saya order ke pengrajin tapi belum saya ambil karena emang belum dapat transfer dari buyer. Jadi barangnya gakkan saya kirim dulu.

Saya jelaskan pula ke pengrajinnya. Tapi ia tak mau ngerti. Kerugian gak sampai 20rb. Kalau pun cancel bisa aku tanggung.

Tapi ia malah lari dan block semua kontak.

Kasus lain masalah publikasi media. Setahuku wawancara itu gratis. Beberapa kali saya menerima media yang mau wawancara. Tapi kali ini saya harus bayar.

Katanya fee nya "bebas" aku kirim buat pemancing. Dia ngerasa kurang dengan fee yang aku kirim trus ceramah panjang.

Aku balas "kan katanya bebas"
Ia ceramah lagi panjang.

Saya jelaskan yang saya tahu.
Antara terima dan tidak bisa nerima.

Akhirnya cancel, katanya uang aku bakal dibalikin. "gak mau tahu"

Meskipun aku nolak, karena udah malas.

Gak lama dia ceramah lagi. Trus ngeblok. Dan uang aku gak dibalikin.

Pernah juga aku ditipu temen sendiri, niat mau bantu usahanya, malah ia bawa kabur uangnya.

Nekatnya aku, aku cari alamat rumahnya. Setiap hari aku datang ke rumahnya, sepulang kerja.

Beberapa kali membuat janji tak ada yang ditepati.
Sampai akhirnya aku pakai senjata terakhir.

Semua temen temen menyalahkan aku. Membenci, menghardik. Terserah.

Yang penting uang buyer balik.
Setelah dikembalikan beserta sumpah serapah.

Salah satu teman saya menjadi korbannya.
"Ah, aku sudah peringatkan"

Banyak kasus penipuan, sampai yang nipu cape nipu aku.
Aku peringatkan temen temen.
"Bla.. bla.. bla.." Besoknya ada yang ketipu jutaan.
"Ah, sudahlah"

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D10 #pengkhianatan
Ketika menjalani usaha, ada saja orang orang sudah bermitra, tiba tiba pergi. Beberapa kasus diantaranya mitra pengrajin. Waktu itu akan pameran dan butuh barang display, jadi saya minta seseorang untuk dipinjam barangnya untuk saya jual. Acara selesai, dia dapat profit penjualan. Suatu hari, ada pemesan yang ribet banget. Atas pertimbanganku yang panjang, saya order ke pengrajin tapi belum saya ambil karena emang belum dapat transfer dari buyer. Jadi barangnya gakkan saya kirim dulu. Saya jelaskan pula ke pengrajinnya. Tapi ia tak mau ngerti. Kerugian gak sampai 20rb. Kalau pun cancel bisa aku tanggung. Tapi ia malah lari dan block semua kontak. Kasus lain masalah publikasi media. Setahuku wawancara itu gratis. Beberapa kali saya menerima media yang mau wawancara. Tapi kali ini saya harus bayar. Katanya fee nya "bebas" aku kirim buat pemancing. Dia ngerasa kurang dengan fee yang aku kirim trus ceramah panjang. Aku balas "kan katanya bebas" Ia ceramah lagi panjang. Saya jelaskan yang saya tahu. Antara terima dan tidak bisa nerima. Akhirnya cancel, katanya uang aku bakal dibalikin. "gak mau tahu" Meskipun aku nolak, karena udah malas. Gak lama dia ceramah lagi. Trus ngeblok. Dan uang aku gak dibalikin. Pernah juga aku ditipu temen sendiri, niat mau bantu usahanya, malah ia bawa kabur uangnya. Nekatnya aku, aku cari alamat rumahnya. Setiap hari aku datang ke rumahnya, sepulang kerja. Beberapa kali membuat janji tak ada yang ditepati. Sampai akhirnya aku pakai senjata terakhir. Semua temen temen menyalahkan aku. Membenci, menghardik. Terserah. Yang penting uang buyer balik. Setelah dikembalikan beserta sumpah serapah. Salah satu teman saya menjadi korbannya. "Ah, aku sudah peringatkan" Banyak kasus penipuan, sampai yang nipu cape nipu aku. Aku peringatkan temen temen. "Bla.. bla.. bla.." Besoknya ada yang ketipu jutaan. "Ah, sudahlah" #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D10  #pengkhianatan 
Realitas terlalu menyakitkan untuk dikenang.

Seorang anak laki laki hendak berangkat sekolah.
Mengendari motor, memakai celana pensil ketat.

Lalu, entah bagaimana kejadiannya.
Ia terkapar dengan kepala penuh darah dijalan padat lalu lintas.

Dari jarak jauh sampai mendekati kejadian aku memerhatikan.
Masih tenang, hanya banyak kerumunan.

Tak ada yang panik? Tak ada yang mencoba menghubungi ambulan, atau memastikan apakah korban masih hidup atau tidak.

Orang orang hanya berkerumul menonton, membuka kamera di handphone, potret, potret.

Aku melintas terburu buru, agak melamban dekat kejadian, tangan anak laki laki itu bergerak gerak.

Tapi naas, kepalanya penuh darah.

Aku melihat polisi mengondisikan lalu lintas.

Aku masih terburu buru dan bingung harus berbuat apa.

Orang orang masih berkerumul menonton.

Polisi masih meniup pluitnya. "oh Ambulan, tak pantaskan anak itu mendapat pertolongan?" #21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D9 #kebaikan
Realitas terlalu menyakitkan untuk dikenang. Seorang anak laki laki hendak berangkat sekolah. Mengendari motor, memakai celana pensil ketat. Lalu, entah bagaimana kejadiannya. Ia terkapar dengan kepala penuh darah dijalan padat lalu lintas. Dari jarak jauh sampai mendekati kejadian aku memerhatikan. Masih tenang, hanya banyak kerumunan. Tak ada yang panik? Tak ada yang mencoba menghubungi ambulan, atau memastikan apakah korban masih hidup atau tidak. Orang orang hanya berkerumul menonton, membuka kamera di handphone, potret, potret. Aku melintas terburu buru, agak melamban dekat kejadian, tangan anak laki laki itu bergerak gerak. Tapi naas, kepalanya penuh darah. Aku melihat polisi mengondisikan lalu lintas. Aku masih terburu buru dan bingung harus berbuat apa. Orang orang masih berkerumul menonton. Polisi masih meniup pluitnya. "oh Ambulan, tak pantaskan anak itu mendapat pertolongan?" #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D9  #kebaikan 
"Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, sedangkan satu tulisan, ia akan mampu menembus ratusan bahkan jutaan kepala"
(Sayyid Quthb)

Menulis sendiri, bagiku adalah predikat yang senantiasa hidup. Dakwah yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Amal jariyah yang terus mengalir ke berbagai penjuru.

Kata kata itu tak terbelenggu. Tetap merdeka serta tidak mati walau diburu. Tergugah dengan kisah Baiduzzaman Said Nursi dan Buya Hamka dengan segenap karya legendarisnya. Rupanya kekuatan tulisan memang tak pernah mati sekalipun bermandikan elegi. 
Suatu kali, dalam buku "Mereka Besar Karena Membaca" yang ditulis Suherman, aku tercengang menanggapi fakta bahwa ajaran  Komunis akan sebegitu besar pengaruhnya. Sampai ada orang yang ingin dikubur bersama buku The Dus Capital yang tebalnya lebih dari 2000 halaman itu. Tercengang? Akupun. Tak menyangka bahwa kekuatan tulisan akan seperti itu.

Lain cerita dengan lembar sejarah yang ditoreh para Imam dalam kitab kitabnya. Jikalau mereka terlalu egois dan mengkungkung lembaran ilmu fiqih, aqidah, atau syariah untuk diri mereka sendiri, tentu kelabakan kita. Menafsirkan arti atas kepentingan pribadi. 
Perihal ilmu, Ali bin Abi Thalib pernah berkata, "Ikatlah ilmu dengan tulisan" Tentu agar ilmu itu tetap abadi dalam sejarah. 
Apapun itu, menulislah! Utarakan idealismemu dengan kata-kata. Hingga akhirnya tersadar, akan berbuah apakah untaian kata itu pada akhirnya. .
.
.
Amal jariyah atau dosa jariyah? .
.
.
foto ini diambil dari gallery @sitirodiatanm
#21DWC#AWF18#UKMKIALQOLAM#MOTIVASIMENULIS#D1
"Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, sedangkan satu tulisan, ia akan mampu menembus ratusan bahkan jutaan kepala" (Sayyid Quthb) Menulis sendiri, bagiku adalah predikat yang senantiasa hidup. Dakwah yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Amal jariyah yang terus mengalir ke berbagai penjuru. Kata kata itu tak terbelenggu. Tetap merdeka serta tidak mati walau diburu. Tergugah dengan kisah Baiduzzaman Said Nursi dan Buya Hamka dengan segenap karya legendarisnya. Rupanya kekuatan tulisan memang tak pernah mati sekalipun bermandikan elegi. Suatu kali, dalam buku "Mereka Besar Karena Membaca" yang ditulis Suherman, aku tercengang menanggapi fakta bahwa ajaran Komunis akan sebegitu besar pengaruhnya. Sampai ada orang yang ingin dikubur bersama buku The Dus Capital yang tebalnya lebih dari 2000 halaman itu. Tercengang? Akupun. Tak menyangka bahwa kekuatan tulisan akan seperti itu. Lain cerita dengan lembar sejarah yang ditoreh para Imam dalam kitab kitabnya. Jikalau mereka terlalu egois dan mengkungkung lembaran ilmu fiqih, aqidah, atau syariah untuk diri mereka sendiri, tentu kelabakan kita. Menafsirkan arti atas kepentingan pribadi. Perihal ilmu, Ali bin Abi Thalib pernah berkata, "Ikatlah ilmu dengan tulisan" Tentu agar ilmu itu tetap abadi dalam sejarah. Apapun itu, menulislah! Utarakan idealismemu dengan kata-kata. Hingga akhirnya tersadar, akan berbuah apakah untaian kata itu pada akhirnya. . . . Amal jariyah atau dosa jariyah? . . . foto ini diambil dari gallery @sitirodiatanm #21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D1 
Melakukan kebaikan itu mudah kok, semudah dan seikhlas manjat pohon duku yang banyak semutnya. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh diri sendiri; di bawah pohon duku
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KEBAIKAN #D9
Melakukan kebaikan itu mudah kok, semudah dan seikhlas manjat pohon duku yang banyak semutnya. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh diri sendiri; di bawah pohon duku ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KEBAIKAN  #D9 
Tak perlu diperihara, dulu mereka selalu ada datang dan beranak pinak.

Memiliki peliharaan sama dengan membuat tanggung jawab baru.
Itu berat bagi aku yang dulu.

Kadang kami hanya main saat aku ada kerjaan dirumah.

Sekarang ditempat baru, aku hanya bertemu anjing dan ular sawah. 😔

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D8 #hewanpeliharaan
Tak perlu diperihara, dulu mereka selalu ada datang dan beranak pinak. Memiliki peliharaan sama dengan membuat tanggung jawab baru. Itu berat bagi aku yang dulu. Kadang kami hanya main saat aku ada kerjaan dirumah. Sekarang ditempat baru, aku hanya bertemu anjing dan ular sawah. 😔 #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D8  #hewanpeliharaan 
Ada kerinduan seorang anak pada ibu yang tidak bersamanya.  Begitupun dengan anak dari kucing ini, merindukan dirinya. Tapi, untung ada sosok Ibu baru bagi anak-anaknya, Mama Reni . ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh @renimalayu ; di atas keempukan dan kehangatan rumah
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #HEWANPELIHARAAN #D8
Ada kerinduan seorang anak pada ibu yang tidak bersamanya. Begitupun dengan anak dari kucing ini, merindukan dirinya. Tapi, untung ada sosok Ibu baru bagi anak-anaknya, Mama Reni . ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh @renimalayu ; di atas keempukan dan kehangatan rumah ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #HEWANPELIHARAAN  #D8 
Kana, berjalan menelusuri perkumpulan manusia manusia.

Ia percaya, segalanya adalah hal baik yang perlu diterima.

Tapi Kana selalu sendiri.

Keluarganya hilang, dan tak pernah ada tanda kemunculannya lagi.

Ia pergi sangat jauh, hingga hilang identitasnya.
Ia akan membuat identitas baru di tempat yang baru.

Disetiap tempat ia selalu bertemu senior yang bisa menjadi gurunya.

Suatu hari, seorang kakak selalu berpetuah bijaksana. Walau kadang Kana mendapat pukulan saat latihan.

Kana yang pendiam, menjadi agak garang, ia dipercaya memimpin kelompok untuk mengikuti turnamen turnamen.

Hingga akhirnya Kana harus pergi lagi ke tempat lain dan meninggalkan mereka.

Waktu akan mengubah seseorang menjadi lebih baik, atau sebaliknya.

Bekal pendidikan bertahun tahun, menjadi dasar ia menjalani kehidupan setelahnya.

Tak perlu takut, tak harus menyerah semua takdir harus diterima seperti makan buah asam. Berkhasiat tapi sukar diterima.

Intuitif membawa ia bertemu senior senior yang selalu mendukung dan mengajarkan banyak hal.

Asal kita tidak sombong, dan selalu bersungguh sunggu belajar. Pertemuan pertemuan membawa ilmu kehidupan berharga.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D7 #kakak
Kana, berjalan menelusuri perkumpulan manusia manusia. Ia percaya, segalanya adalah hal baik yang perlu diterima. Tapi Kana selalu sendiri. Keluarganya hilang, dan tak pernah ada tanda kemunculannya lagi. Ia pergi sangat jauh, hingga hilang identitasnya. Ia akan membuat identitas baru di tempat yang baru. Disetiap tempat ia selalu bertemu senior yang bisa menjadi gurunya. Suatu hari, seorang kakak selalu berpetuah bijaksana. Walau kadang Kana mendapat pukulan saat latihan. Kana yang pendiam, menjadi agak garang, ia dipercaya memimpin kelompok untuk mengikuti turnamen turnamen. Hingga akhirnya Kana harus pergi lagi ke tempat lain dan meninggalkan mereka. Waktu akan mengubah seseorang menjadi lebih baik, atau sebaliknya. Bekal pendidikan bertahun tahun, menjadi dasar ia menjalani kehidupan setelahnya. Tak perlu takut, tak harus menyerah semua takdir harus diterima seperti makan buah asam. Berkhasiat tapi sukar diterima. Intuitif membawa ia bertemu senior senior yang selalu mendukung dan mengajarkan banyak hal. Asal kita tidak sombong, dan selalu bersungguh sunggu belajar. Pertemuan pertemuan membawa ilmu kehidupan berharga. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D7  #kakak 
Apa hakikat seorang kakak? Sesal? Ah sudahlah. Peduli dan bertanggung jawab kewajibannya. ⠀⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh abang; di balik cahaya Floating Market
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KAKAK #D7
Apa hakikat seorang kakak? Sesal? Ah sudahlah. Peduli dan bertanggung jawab kewajibannya. ⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh abang; di balik cahaya Floating Market ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KAKAK  #D7 
Jalanan masih jauh dan panjang
Hanya ada kabut yang tak pernah hilang
Untung tadi pagi aku sarapan
Gulai, sayur dan juga ikan
Bersamamu aku jadi yakin
Aku akan menjadi lebih baik dari kemarin
Aku mencoba selalu mengingatmu, dan menyebut namamu
Angin dan aroma membuatku lupa 
Jalan ini masih kabur dan hampa
Tak ingin berlama-lama dan ingin segera
Berjalan kembali bersamamu 
Hingga nanti

#21DWC #D4 #AWF18 #UKMKIALQOLAM #Cinta
Jalanan masih jauh dan panjang Hanya ada kabut yang tak pernah hilang Untung tadi pagi aku sarapan Gulai, sayur dan juga ikan Bersamamu aku jadi yakin Aku akan menjadi lebih baik dari kemarin Aku mencoba selalu mengingatmu, dan menyebut namamu Angin dan aroma membuatku lupa Jalan ini masih kabur dan hampa Tak ingin berlama-lama dan ingin segera Berjalan kembali bersamamu Hingga nanti #21DWC  #D4  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #Cinta 
ada saat kau bersenang senang
Ada saat kau meluapkan kesedihan

Tak perlu membohongi hati,
Sebab malah buat semakin terluka.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D6 #kesedihan
Apakah kau mencintai kehidupanmu? 
Dari kapan kau mencintai kehidupanmu?
Kapan kau mulai mengenal kata "cinta" ?
Apakah sejak kau remaja? 
Oh tolonglah... Cinta tak selalu berkata kau dan dia.. aku dan kamu...
Namun...
Cinta sangat erat kaitannya dengan Tuhanmu..
Ya.
Tuhanmu...
Dia amat sangat mencintaimu 
Cinta yang selalu menghindarimu dari rasa sepi..
Namun apa yang kau lakukan??? Kau membakar rasa cinta - Nya? 
Manusia saja jika memberi surat pada pujaan hatinya, dan sang pujaan hatinya membakarnya tepat di depannya... Yang ada sang pemberi itu marah, kesal, dan sedih... Maka...
Tundukkanlah dirimu...
Kau telah membuat - Nya patah hati... Balasannya... Api yang tiada matinya... Oleh : seseorang yang ingin kembali ke jalan yang lurus.. TA 📷 From @yukngajiid @hawaariyyun
@felixsiauw 
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D4 #Cinta
Apakah kau mencintai kehidupanmu? Dari kapan kau mencintai kehidupanmu? Kapan kau mulai mengenal kata "cinta" ? Apakah sejak kau remaja? Oh tolonglah... Cinta tak selalu berkata kau dan dia.. aku dan kamu... Namun... Cinta sangat erat kaitannya dengan Tuhanmu.. Ya. Tuhanmu... Dia amat sangat mencintaimu Cinta yang selalu menghindarimu dari rasa sepi.. Namun apa yang kau lakukan??? Kau membakar rasa cinta - Nya? Manusia saja jika memberi surat pada pujaan hatinya, dan sang pujaan hatinya membakarnya tepat di depannya... Yang ada sang pemberi itu marah, kesal, dan sedih... Maka... Tundukkanlah dirimu... Kau telah membuat - Nya patah hati... Balasannya... Api yang tiada matinya... Oleh : seseorang yang ingin kembali ke jalan yang lurus.. TA 📷 From @yukngajiid @hawaariyyun @felixsiauw #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D4  #Cinta 
Kesedihan dan air mata menjadi satu kesatuan. Tapi, bukan tidak mungkin air mata mengkhianati kesedihan. Bisa jadi, air mata berpaling pada kebahagiaan. 
Air mata terlalu lelah bersandar pada kepiluan. Ia pun menggunakan haknya untuk bebas dari itu.⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh diri sendiri; di balik air mata Nanta
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KESEDIHAN #D6
Kesedihan dan air mata menjadi satu kesatuan. Tapi, bukan tidak mungkin air mata mengkhianati kesedihan. Bisa jadi, air mata berpaling pada kebahagiaan. Air mata terlalu lelah bersandar pada kepiluan. Ia pun menggunakan haknya untuk bebas dari itu.⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh diri sendiri; di balik air mata Nanta ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KESEDIHAN  #D6 
Saat Kelas 2 sma banyak dari teman-teman kelas yg membawa novel. Mulai dari novel horor, cinta, sampai novel misteri seperti sherlock holmes. 
Sejak kecil Saya adalah orang yang malas membaca buku-buku seperti novel. Saya lebih terbiasa membaca komik karena banyak gambar dan cerita yang seru. 
Setiap kali membaca novel atau buku lainnya setelah 15 menit pertama, mata ini akan merapat dan kepala pun turun naik. Membaca yang tidak niat y seperti itu lah. 
Tapi saat itu saya tertantang untuk mencoba hobby baru ini. Kata teman "baca novel yang asik yang kamu suka dulu". Tapi tetap saja, hukum ngantuk saat membaca itu muncul. Tapi di tengah-tengah novel, ada perasaan berbeda. Ketika pikiran dan jiwa saya sudah berada dalam cerita, ada keasikan dan penasaran yang datang. Entah bagaimana dan kenapa rasanya ingin terus membaca dan mengetahui kelanjutan cerita. Mulai ke akhir akhirnya saya terhanyut pada cerita. Apa yang dirasakan tokoh utama terasa begitu nyata dan mengharukan. Tanpa sadar tetes air mata mengalir dan membasahi salah satu pipi. Tak elak, diri ini tenggelam dalam, dan begitu meresapi nilai yang dipahami dari cerita tsb. 
Bagi saya, buku yang mampu mengubah, baik itu perasaan, pandangan, ataupun pemikiran adalah buku yang bagus. Ada kenangan dan kesan yang tertinggal pada buku itu walaupun kita sudah lama tak membacanya.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM  #D3 #bukufavorit
Saat Kelas 2 sma banyak dari teman-teman kelas yg membawa novel. Mulai dari novel horor, cinta, sampai novel misteri seperti sherlock holmes. Sejak kecil Saya adalah orang yang malas membaca buku-buku seperti novel. Saya lebih terbiasa membaca komik karena banyak gambar dan cerita yang seru. Setiap kali membaca novel atau buku lainnya setelah 15 menit pertama, mata ini akan merapat dan kepala pun turun naik. Membaca yang tidak niat y seperti itu lah. Tapi saat itu saya tertantang untuk mencoba hobby baru ini. Kata teman "baca novel yang asik yang kamu suka dulu". Tapi tetap saja, hukum ngantuk saat membaca itu muncul. Tapi di tengah-tengah novel, ada perasaan berbeda. Ketika pikiran dan jiwa saya sudah berada dalam cerita, ada keasikan dan penasaran yang datang. Entah bagaimana dan kenapa rasanya ingin terus membaca dan mengetahui kelanjutan cerita. Mulai ke akhir akhirnya saya terhanyut pada cerita. Apa yang dirasakan tokoh utama terasa begitu nyata dan mengharukan. Tanpa sadar tetes air mata mengalir dan membasahi salah satu pipi. Tak elak, diri ini tenggelam dalam, dan begitu meresapi nilai yang dipahami dari cerita tsb. Bagi saya, buku yang mampu mengubah, baik itu perasaan, pandangan, ataupun pemikiran adalah buku yang bagus. Ada kenangan dan kesan yang tertinggal pada buku itu walaupun kita sudah lama tak membacanya. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #D3  #bukufavorit 
Ketika seorang Ibu tinggal di rumah dengan seorang anak.

Dan Tuhan berikan kelembutan dan ketulusan kepadanya.

Agar anak anak bisa lebih dekat dan merasa nyaman.

Diajarkannya ketauhidan, ketakwaan dan rupa prilaku yang diajarkan Nabi.

Hingga anak anak mamou menghadapi realitas, tanpa harus merasa takut.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D5 #pendidikanideal
Ketika seorang Ibu tinggal di rumah dengan seorang anak. Dan Tuhan berikan kelembutan dan ketulusan kepadanya. Agar anak anak bisa lebih dekat dan merasa nyaman. Diajarkannya ketauhidan, ketakwaan dan rupa prilaku yang diajarkan Nabi. Hingga anak anak mamou menghadapi realitas, tanpa harus merasa takut. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D5  #pendidikanideal 
Bicara soal pendidikan. Apakah pendidikan identik dengan guru dan murid? Tentu. Tapi pendidikan tidak sebatas itu, pendidikan meliputi segala aspek yang ada di dunia. 
Apa itu? Coba saya renungkan dahulu.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh diri sendiri; di balik dinding SDN Cipedes 5
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #PENDIDIKANYANGIDEAL #D5
Bicara soal pendidikan. Apakah pendidikan identik dengan guru dan murid? Tentu. Tapi pendidikan tidak sebatas itu, pendidikan meliputi segala aspek yang ada di dunia. Apa itu? Coba saya renungkan dahulu. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh diri sendiri; di balik dinding SDN Cipedes 5 ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #PENDIDIKANYANGIDEAL  #D5 
Tak ada yang benar benar terwujud.

Dari permulaan, hingga hampir senja.

Tak ada yang berwujud

Kau bilang rindu,
Tapi malam menguap cerita masa lalu.

Kau bilang cinta,
Tanpa balasan itu menjadi tak berguna.

dan jejak akan segera hilang, meski pakai sepatu yang sangat mahal.

Oleh debu, angin dan hujan yang mengguyur setiap petang.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D4 #cinta
Tak ada yang benar benar terwujud. Dari permulaan, hingga hampir senja. Tak ada yang berwujud Kau bilang rindu, Tapi malam menguap cerita masa lalu. Kau bilang cinta, Tanpa balasan itu menjadi tak berguna. dan jejak akan segera hilang, meski pakai sepatu yang sangat mahal. Oleh debu, angin dan hujan yang mengguyur setiap petang. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D4  #cinta 
Buku adalah jendela dunia.
Sering aku mendengarnya.
Jendela selalu mempersembahkan pemandangan.
Namun hanya satu pemandangan.
Sedangkan buku...
Mempersembahkan pemandangan juga namun lebih beragam. Mengelilingi pikiran yang kosong dan mengisi seluruh relung hati...
Dan hatiku masih tertinggal di Yogya..
Hmm...
Triana Amalia
3 November 2018 
Di indahnya Yogya malam hari 💕💕💕
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #BUKUFAVORIT #D3 #window #favoritebook
Buku adalah jendela dunia. Sering aku mendengarnya. Jendela selalu mempersembahkan pemandangan. Namun hanya satu pemandangan. Sedangkan buku... Mempersembahkan pemandangan juga namun lebih beragam. Mengelilingi pikiran yang kosong dan mengisi seluruh relung hati... Dan hatiku masih tertinggal di Yogya.. Hmm... Triana Amalia 3 November 2018 Di indahnya Yogya malam hari 💕💕💕 #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #BUKUFAVORIT  #D3  #window  #favoritebook 
CINTA.

Tidak serumit yang orang kata. Sekadar hubungan hamba dan Sang Pencipta.
Maka selesailah segala prahara. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 oleh diri sendiri; di bawah langit Kabanjahe kala pagi hari ⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #CINTA #D4
CINTA. Tidak serumit yang orang kata. Sekadar hubungan hamba dan Sang Pencipta. Maka selesailah segala prahara. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 oleh diri sendiri; di bawah langit Kabanjahe kala pagi hari ⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #CINTA  #D4 
Pandai sikek memiliki segudang kenangan didalamnya. tanah asri, hijau, dan tabek dimana-mana memberikan rasa sejuk dan nyaman. Apalagi ketika musim hujan dan kabut sering muncul. 
Di arah belakang rumah tabek, depan rumah tabek, samping rumah tabek, sebrang rumah juga tabek. Dimana-mana di sekitar rumah saya adalah tabek. Tapi sayang saya tidak terlalu mahir berenang :(( Terkadang di hari minggu pagi, saya dan kawan2 dari koto pergi bersama menjelajah. Tidak ada tujuan khusus, hanya pergi sejauh mungkin melewati pematang sawah dan menyebrangi batang aia. Memasuki daerah baru dan bermain disana. Saat itu rasanya benar-benar mengasikkan dan keren. 
Sekolah saya berada di balai. Untuk ke sekolah, saya harus menaiki tangga yang cukup banyak, karena rumah saya berada di baruah. Setelah itu Melewati lapau anduang yang sudah menjadi langganan ama saat belanja keperluan sehari-hari. Menelusuri pasar, menyelinap ke belakangnya menuju jalan pintas. Dan sampailah di samping sekolah.

Selain ke sekolah, saya juga mengikuti tpa. Mulai dari jam 2 sampai jam 5. Di tpa ada banyak space bagi kami untuk bermain. Mulai dari petak umpet,  dan banyak permainan lain yg lupa ingat namanya hehe. 
Setiap bulan ramadhan kami selalu mendapat tugas mencatat ceramah di mesjid. Setelah ceramah selesai kami akan beramai-ramai mengumpulkan catatan yang tadi ditulis agar di tanda tangani oleh ustad tsb.

Saat lebaran malam biasanya anak2, remaja, dan org tua pergi ke balai. disana berdiri sebuah komedi putar besar yang didirikan oleh pemuda setempat. Mekanismenya sederhana yaiitu dengan di dorong setiap kali ingin mempercepat putarannya. Malam itu biasanya ramai sekali oleh orang2 yang sedang menikmati liburannya.

Hari tujuh belas agustus adalah hari yg benar2 ramai bagi kami. Lomba balap karung, balap tangkelek, rebutan kursi, sampai panjat pinang. Biasanya saya mengikuti lomba dansa dengan balon, tangkelek dan balap karung. Bagi yang menang akan mendapat hadiah, isinya buku dan beberapa alat tulis,, lumayan hehe

Ada banyak sekali cerita lainnya yang ada di pandai sikek. Selalu akan menjadi bagian yg indah saat dikenang. 😁

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM  #D2 #kenanganmasakecil
Pandai sikek memiliki segudang kenangan didalamnya. tanah asri, hijau, dan tabek dimana-mana memberikan rasa sejuk dan nyaman. Apalagi ketika musim hujan dan kabut sering muncul. Di arah belakang rumah tabek, depan rumah tabek, samping rumah tabek, sebrang rumah juga tabek. Dimana-mana di sekitar rumah saya adalah tabek. Tapi sayang saya tidak terlalu mahir berenang :(( Terkadang di hari minggu pagi, saya dan kawan2 dari koto pergi bersama menjelajah. Tidak ada tujuan khusus, hanya pergi sejauh mungkin melewati pematang sawah dan menyebrangi batang aia. Memasuki daerah baru dan bermain disana. Saat itu rasanya benar-benar mengasikkan dan keren. Sekolah saya berada di balai. Untuk ke sekolah, saya harus menaiki tangga yang cukup banyak, karena rumah saya berada di baruah. Setelah itu Melewati lapau anduang yang sudah menjadi langganan ama saat belanja keperluan sehari-hari. Menelusuri pasar, menyelinap ke belakangnya menuju jalan pintas. Dan sampailah di samping sekolah. Selain ke sekolah, saya juga mengikuti tpa. Mulai dari jam 2 sampai jam 5. Di tpa ada banyak space bagi kami untuk bermain. Mulai dari petak umpet, dan banyak permainan lain yg lupa ingat namanya hehe. Setiap bulan ramadhan kami selalu mendapat tugas mencatat ceramah di mesjid. Setelah ceramah selesai kami akan beramai-ramai mengumpulkan catatan yang tadi ditulis agar di tanda tangani oleh ustad tsb. Saat lebaran malam biasanya anak2, remaja, dan org tua pergi ke balai. disana berdiri sebuah komedi putar besar yang didirikan oleh pemuda setempat. Mekanismenya sederhana yaiitu dengan di dorong setiap kali ingin mempercepat putarannya. Malam itu biasanya ramai sekali oleh orang2 yang sedang menikmati liburannya. Hari tujuh belas agustus adalah hari yg benar2 ramai bagi kami. Lomba balap karung, balap tangkelek, rebutan kursi, sampai panjat pinang. Biasanya saya mengikuti lomba dansa dengan balon, tangkelek dan balap karung. Bagi yang menang akan mendapat hadiah, isinya buku dan beberapa alat tulis,, lumayan hehe Ada banyak sekali cerita lainnya yang ada di pandai sikek. Selalu akan menjadi bagian yg indah saat dikenang. 😁 #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #D2  #kenanganmasakecil 
Buku ini bukan buku yang pertama kali aku miliki. Bukan pula yang pertama menggugah hati. Tapi, buku ini yang pertama membantu memahami hakikat diri—mungkin.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Dulu—semasa SMA,
Buku ini adalah teman, diary, bahkan time keeper dalam urusan ibadah. Bagiku (seorang anak SMA yang sedang puber—dulu) buku ini cocok dijadikan sebagai teman nyata walau maya.
Buku ini mengajak para muslimah menjadi muslimah yang kaffah (menyeluruh). Dari segi materi, mungkin buku ini tidak beda dengan yang lain. Tapi ntah kenapa, buku ini punya nilai tersendiri dari pandanganku. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Bukan persoalan masih SMA, sedang kuliah atau sudah kerja. Tidak ada batasan tuk membaca dan memanfaatkan buku ini. Dan tidak menutup kemungkinan hingga menjadi muslimah penebar inspirasi, seperti Ibunda Siti Khadijah, Siti Aisyah, Fatimah Az-Zahra, Zainab Al-Kubra, Hafsah binti Umarra, Ramlah binti Sufyan dan banyak lagi. 😊⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 diri sendiri; di pemukiman ilmu.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #BUKUFAVORIT #D3
Buku ini bukan buku yang pertama kali aku miliki. Bukan pula yang pertama menggugah hati. Tapi, buku ini yang pertama membantu memahami hakikat diri—mungkin. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Dulu—semasa SMA, Buku ini adalah teman, diary, bahkan time keeper dalam urusan ibadah. Bagiku (seorang anak SMA yang sedang puber—dulu) buku ini cocok dijadikan sebagai teman nyata walau maya. Buku ini mengajak para muslimah menjadi muslimah yang kaffah (menyeluruh). Dari segi materi, mungkin buku ini tidak beda dengan yang lain. Tapi ntah kenapa, buku ini punya nilai tersendiri dari pandanganku. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Bukan persoalan masih SMA, sedang kuliah atau sudah kerja. Tidak ada batasan tuk membaca dan memanfaatkan buku ini. Dan tidak menutup kemungkinan hingga menjadi muslimah penebar inspirasi, seperti Ibunda Siti Khadijah, Siti Aisyah, Fatimah Az-Zahra, Zainab Al-Kubra, Hafsah binti Umarra, Ramlah binti Sufyan dan banyak lagi. 😊⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 diri sendiri; di pemukiman ilmu. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #BUKUFAVORIT  #D3 
Pergaulan dan lingkungan sangat mempengaruhi buku apa yang sering kita baca.

Setelah masa buku buku ringan macam karya karya Habiburrahman, Asma Nadia dsb. Sewaktu SMP.

Saya sempat vakum selama SMA, dan mulai membaca lagi ketika kuliah.

Lebih banyak variasi orang, lebih banyak pilihan bacaan.
Suatu hari aku bertemu dengan salah satu anak SMA kami berdiskusi tentang salah satu karya Haruki Murakami.

Bedanya, dia baca versi inggris sedangkan aku versi Indo. Memalukan sekali. Dulu aku fokus PBB dan giring orang buat latihan.

Adapun buku yang selalu saya nantikan diantaranya. Karya2 Haruki Murakami, Remy Sylado, Eka Kurniawan, Jostein Gaarder, SGA, Cak Nun, Jalaluddin Rumi dan George Orwell.

Dan beberapa buku yang banyak diminati seperti Faisal Odang, Puthut Ea, beberapa penulis di Mojok dan Basabasi.

Sometime aku seneng sama Bulughul Maram, kitab yang tak pernah habis dipelajari.
Aku juga naksir Ihya Ulumuddin, tapi kitab kitab itu berseri dan nguras kantong lebih banyak.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D3 #bukufavorite
Pergaulan dan lingkungan sangat mempengaruhi buku apa yang sering kita baca. Setelah masa buku buku ringan macam karya karya Habiburrahman, Asma Nadia dsb. Sewaktu SMP. Saya sempat vakum selama SMA, dan mulai membaca lagi ketika kuliah. Lebih banyak variasi orang, lebih banyak pilihan bacaan. Suatu hari aku bertemu dengan salah satu anak SMA kami berdiskusi tentang salah satu karya Haruki Murakami. Bedanya, dia baca versi inggris sedangkan aku versi Indo. Memalukan sekali. Dulu aku fokus PBB dan giring orang buat latihan. Adapun buku yang selalu saya nantikan diantaranya. Karya2 Haruki Murakami, Remy Sylado, Eka Kurniawan, Jostein Gaarder, SGA, Cak Nun, Jalaluddin Rumi dan George Orwell. Dan beberapa buku yang banyak diminati seperti Faisal Odang, Puthut Ea, beberapa penulis di Mojok dan Basabasi. Sometime aku seneng sama Bulughul Maram, kitab yang tak pernah habis dipelajari. Aku juga naksir Ihya Ulumuddin, tapi kitab kitab itu berseri dan nguras kantong lebih banyak. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D3  #bukufavorite 
Setiap hitam, putih, manis, dan pahit dalam hidup kita pada hakikatnya adalah pembelajaran dari Allah. Tidak ada yang perlu disesali, karena mereka berharga. Kuulangi, terlalu berharga. Dekap mereka dengan hangat, percaya semua itu akan indah pada waktunya.

Sesekali pernah memicingkan sebelah mata. Melirik dan menatap langit dengan angkuh. Ah, rupanya berkali-kali ditunggangi materi tak membuat sesorang lebih berarti. 
Sesekali pernah mengaduh, berharap  dan menggantungkan diri pada kekecewaan yang membuncah. Tidak tahu menahu tentang sesuatu, karena keterbatasan yang menjamah. Ah, rupanya aku tidak punya alasan untuk pasrah dan menjadi lemah.

Sesekali pernah marah, provokasi keegoisan diri tanpa ramah tamah. Menghadapi realita dengan tangan hampa. Tertawa tanpa kata-kata. Ah, kala itu aku terlalu tergesa-gesa untuk tahu tentang makna dibalik semuanya.

Aku adalah komponen masa lalu yang terus bergerak layaknya roda. Sesekali harus jatuh, sesekali harus berhenti, sesekali harus melaju dan melambat. Apapun, asalkan laju roda itu terarah dalam satu orientasi yang pantas.
.
.
.
.
.
Masa kecil kurang bahagia? Kata siapa? 
Foto ini diambil dari instagramnya adikku yang kebetulan posenya lagi bagus

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KENANGANMASAKECIL#D2
Setiap hitam, putih, manis, dan pahit dalam hidup kita pada hakikatnya adalah pembelajaran dari Allah. Tidak ada yang perlu disesali, karena mereka berharga. Kuulangi, terlalu berharga. Dekap mereka dengan hangat, percaya semua itu akan indah pada waktunya. Sesekali pernah memicingkan sebelah mata. Melirik dan menatap langit dengan angkuh. Ah, rupanya berkali-kali ditunggangi materi tak membuat sesorang lebih berarti. Sesekali pernah mengaduh, berharap dan menggantungkan diri pada kekecewaan yang membuncah. Tidak tahu menahu tentang sesuatu, karena keterbatasan yang menjamah. Ah, rupanya aku tidak punya alasan untuk pasrah dan menjadi lemah. Sesekali pernah marah, provokasi keegoisan diri tanpa ramah tamah. Menghadapi realita dengan tangan hampa. Tertawa tanpa kata-kata. Ah, kala itu aku terlalu tergesa-gesa untuk tahu tentang makna dibalik semuanya. Aku adalah komponen masa lalu yang terus bergerak layaknya roda. Sesekali harus jatuh, sesekali harus berhenti, sesekali harus melaju dan melambat. Apapun, asalkan laju roda itu terarah dalam satu orientasi yang pantas. . . . . . Masa kecil kurang bahagia? Kata siapa? Foto ini diambil dari instagramnya adikku yang kebetulan posenya lagi bagus #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KENANGANMASAKECIL #D2 
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Aku dan lelaki yang berada di sebelahku.

Perkenalkan, ini abang; abang satu bangku; abang satu kelas; abang dua mamak; abang dua bapak; abang tukang ojek; abang supir dan abang-abang lainnya.

Banyak kenangan yang dilalui sama abang yang satu ini, dari kecil sampai saat ini. 
Jangan lagi tanya, kenangan apa itu?
Karna kebersamaan kami, hingga jarak yang tercipta saat ini, sudah cukup menceritakan segalanya. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Aku hanya rindu sosok yang memasang badan bak seorang preman kala aku diganggu.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Tidak lain dan tidak bukan; ini abang bodyguardku sejak kecil. 😅
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 Bik uda; di antara udara Tangkuban Perahu
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KENANGANMASAKECIL #D2
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Aku dan lelaki yang berada di sebelahku. Perkenalkan, ini abang; abang satu bangku; abang satu kelas; abang dua mamak; abang dua bapak; abang tukang ojek; abang supir dan abang-abang lainnya. Banyak kenangan yang dilalui sama abang yang satu ini, dari kecil sampai saat ini. Jangan lagi tanya, kenangan apa itu? Karna kebersamaan kami, hingga jarak yang tercipta saat ini, sudah cukup menceritakan segalanya. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Aku hanya rindu sosok yang memasang badan bak seorang preman kala aku diganggu. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Tidak lain dan tidak bukan; ini abang bodyguardku sejak kecil. 😅 ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 Bik uda; di antara udara Tangkuban Perahu ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KENANGANMASAKECIL  #D2 
Kebahagian zaman sekarang, butuh materi yang cukup.

Pernah ada yang kepikiran gak sih, berapa biaya anak setiap bulannya, terutama untuk membeli kebahagiaan itu.

Seperti pergi ke kebun binatang, membeli mainan dan beberapa pakaian bagus.

Padahal kalau pikir pikir dulu orang tuaku lebih sering ngajak jalan ke sawah untuk membuat beberapa bahan mainan.

Jalan sore untuk memetik bunga dan menangkap capung
Atau dijahitkan beberapa pakaian boneka.

Sebagai anak pertama, aku memang mendapat banyak mainan belian maupun buatan tangan orang tuaku sendiri.

Namun nyatanya, situasi itu jarang sekali aku temukan dikeluarga muda.

Saat ini, mainan anak anak lebih banyak berbasis digital,
Apa nanti aku juga perlu pasang wifi? 
Bagaimana menurutmu?

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D2 #kenanganmasakecil
Kebahagian zaman sekarang, butuh materi yang cukup. Pernah ada yang kepikiran gak sih, berapa biaya anak setiap bulannya, terutama untuk membeli kebahagiaan itu. Seperti pergi ke kebun binatang, membeli mainan dan beberapa pakaian bagus. Padahal kalau pikir pikir dulu orang tuaku lebih sering ngajak jalan ke sawah untuk membuat beberapa bahan mainan. Jalan sore untuk memetik bunga dan menangkap capung Atau dijahitkan beberapa pakaian boneka. Sebagai anak pertama, aku memang mendapat banyak mainan belian maupun buatan tangan orang tuaku sendiri. Namun nyatanya, situasi itu jarang sekali aku temukan dikeluarga muda. Saat ini, mainan anak anak lebih banyak berbasis digital, Apa nanti aku juga perlu pasang wifi? Bagaimana menurutmu? #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D2  #kenanganmasakecil 
"kok aneh y" "emang benar gitu" "biasa wkwk" "ga bermutu bgt" "ini tulisan mahasiswa?" "males bacanya". suara-suara itu datang ketika sebuah keinginan untuk mulai berkarya. jujur menjadi orang yang suka mikir banyak hal ada baiknya dan ada buruknya juga. dan selama ini kebiasaan overthinking ini sudah merasuki pikiran dengan sangat kuat, sehingga dengan mudahnya menjatuhkan mental sebelum terjun langsung ke dunia yang sebenarnya. 
di kehidupan sehari-hari kita mengenal banyak sekali orang yang sukses dan berhasil. ada yang berhasil dengan kerja kerasnya, ada yang berhasil karena idenya, dan ada juga yang berhasil dengan karya-karyanya. sepintas orang-orang ini terlihat sangat menikmati sekali hidup dan kesusksesannya. lalu bagaimana bisa mereka  bisa sampai pada titik itu? 
saya jadi teringat pada sebuah cerita. seekor katak tuli yang memenangkan sebuah perlombaan lari antar katak. rahasia dibalik juaranya itu adalah karena tuli itu tadi. ia tidak bisa mendengarkan apa yang disampaikan orang padanya. jadi ketika banyak orang mencemooh dan menakut-nakuti peserta si katak tuli tetap berlari. disaat semua katak lain sudah menyerah untuk mencapai finish, si katak tuli terus berusaha dan menyelesaikan perlombaan. 
memang memulai berkarya seperti memasuki sebuah goa yang gelap. sangat hitam dan menyeramkan. namun permasalahnnya adalah kita tidak tahu apa yang akan terjadi didalamnya. satunya2 cara terbaik untuk memasuki goa tersebut adalah ya dengan memasukinya. dengan membawa cahaya sehingga dengan itu kita bisa mengetahui apa isinya. 
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #D1 #MOTIVASIMENULIS
"kok aneh y" "emang benar gitu" "biasa wkwk" "ga bermutu bgt" "ini tulisan mahasiswa?" "males bacanya". suara-suara itu datang ketika sebuah keinginan untuk mulai berkarya. jujur menjadi orang yang suka mikir banyak hal ada baiknya dan ada buruknya juga. dan selama ini kebiasaan overthinking ini sudah merasuki pikiran dengan sangat kuat, sehingga dengan mudahnya menjatuhkan mental sebelum terjun langsung ke dunia yang sebenarnya. di kehidupan sehari-hari kita mengenal banyak sekali orang yang sukses dan berhasil. ada yang berhasil dengan kerja kerasnya, ada yang berhasil karena idenya, dan ada juga yang berhasil dengan karya-karyanya. sepintas orang-orang ini terlihat sangat menikmati sekali hidup dan kesusksesannya. lalu bagaimana bisa mereka bisa sampai pada titik itu? saya jadi teringat pada sebuah cerita. seekor katak tuli yang memenangkan sebuah perlombaan lari antar katak. rahasia dibalik juaranya itu adalah karena tuli itu tadi. ia tidak bisa mendengarkan apa yang disampaikan orang padanya. jadi ketika banyak orang mencemooh dan menakut-nakuti peserta si katak tuli tetap berlari. disaat semua katak lain sudah menyerah untuk mencapai finish, si katak tuli terus berusaha dan menyelesaikan perlombaan. memang memulai berkarya seperti memasuki sebuah goa yang gelap. sangat hitam dan menyeramkan. namun permasalahnnya adalah kita tidak tahu apa yang akan terjadi didalamnya. satunya2 cara terbaik untuk memasuki goa tersebut adalah ya dengan memasukinya. dengan membawa cahaya sehingga dengan itu kita bisa mengetahui apa isinya. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #D1  #MOTIVASIMENULIS 
Dan Yogya mengingatkanku...
Dahulu...
Cinta kepada...
Orangtua yang mencintaiku...
Sehingga aku tak merasa kesepian...
Kumerindukan kasih mereka saat ku kecil...
Membimbing setiap langkahku...
Kini aku harus mampu...
Melangkahkan mimpiku...
Kala hari pagi...
Angin menyapu wajahku...
Kuucapkan sebaris doa...
Untuk seorang pria dan wanita..
Yang menjagaku sampai hari ini.. -
-
-
-
-
2November 2018
Di pantai kebanggaan kota pelajar
T.A
📷 Oleh saya sendiri 
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #KENANGANMASAKECIL #D2
Dan Yogya mengingatkanku... Dahulu... Cinta kepada... Orangtua yang mencintaiku... Sehingga aku tak merasa kesepian... Kumerindukan kasih mereka saat ku kecil... Membimbing setiap langkahku... Kini aku harus mampu... Melangkahkan mimpiku... Kala hari pagi... Angin menyapu wajahku... Kuucapkan sebaris doa... Untuk seorang pria dan wanita.. Yang menjagaku sampai hari ini.. - - - - - 2November 2018 Di pantai kebanggaan kota pelajar T.A 📷 Oleh saya sendiri #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #KENANGANMASAKECIL  #D2 
Kamu lihat itu? Titik hitam di antaranya. 
Apakah kamu melihatnya? Tentu, tentu tidak. Karna titik itu tidak lebih besar dari butiran debu yang terbelah.
Jangan tanya mengapa aku menulis. Karna aku telah tersadar.
Begitu pun dengan keindahan awan ini, terbentuk dari buliran air.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📷 @dwisembiring_ ; di atas keindahan Danau Toba

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D1
Kamu lihat itu? Titik hitam di antaranya. Apakah kamu melihatnya? Tentu, tentu tidak. Karna titik itu tidak lebih besar dari butiran debu yang terbelah. Jangan tanya mengapa aku menulis. Karna aku telah tersadar. Begitu pun dengan keindahan awan ini, terbentuk dari buliran air. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📷 @dwisembiring_ ; di atas keindahan Danau Toba #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D1 
Dari rumah...
Aku melangkah...
Dengan sebuah pena..
Aku berjuang... Namun...
Terhenti...
Niatku terlupakan..
Dengan pena...
Peradaban bisa berubah... Ntah lebih baik atau buruk...
Aku hanya menuliskan...
Apa yang ada dalam diriku...
Sebuah tulisan akan terkenang..
Sebuah bualan akan terbuang...
Namun...
Terhenti...
Aku butuh motivasi. 
Oleh : Triana Amalia
📷 Oleh diri saya sendiri
(Dari kampung halaman yang tidak terlalu jauh) 
#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D1
Dari rumah... Aku melangkah... Dengan sebuah pena.. Aku berjuang... Namun... Terhenti... Niatku terlupakan.. Dengan pena... Peradaban bisa berubah... Ntah lebih baik atau buruk... Aku hanya menuliskan... Apa yang ada dalam diriku... Sebuah tulisan akan terkenang.. Sebuah bualan akan terbuang... Namun... Terhenti... Aku butuh motivasi. Oleh : Triana Amalia 📷 Oleh diri saya sendiri (Dari kampung halaman yang tidak terlalu jauh) #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D1 
Tak disangka, adik adik dan orang tuaku sangat suka menulis.

Lantas tak heran aku juga begitu.

Lucunya, setiap dari kita pasti mempunyai beberapa buku catatan.

Mamah rajin sekali mengumpulkan klipingan resep masakan yang didapat dari koran, majalah atau bungkusan sereal.

Kadang, kalau pergi ke tempat kerabat. Mamah meminta resep dan menuliskannya di halaman klipingan yang masih kosong.

Selain itu, mamah selalu mencatat beberapa rangkuman materi dan peta pikir suatu materi dicatatan lain.

Sementara Bapak, seorang pengrajin sepatu yang berhijrah tekun mencatat materi materi ceramah.

Membuat rangkuman dari buku buku yang beliau beli setiap saat.

Membuat buku catatan lipat berupa kosakata bahasa Arab yang biasa ia bawa disakunya.

Seperti Bapak, adik lakilakiku, demikian juga. Bedanya, adikku punya catatan kecil berupa kumpulan hikmah dan nasihat yang mungkin ia kadang dapatkan dikeseharian.

Beberapa diari dan cerita pendek ia buat juga. 
Adik perempuanku ketularan juga, sedikit romance membuat pembeda tulisan mereka.

Sementara saya, sejak SMP saya sering menulis di Blogger, setiap seminggu sekali di ruang komputer saya berjejaring dengan beberapa blogger.

Sewaktu SMA, produktifitas menulis dan membaca saya menurun karena jadwal belajar dan eskul saya sangat padat.

Tapi salah satu teman saya selalu mendukung saya untuk terus menulis, sampai akhirnya saya kirimkan salah satu tulisan di blog saya untuk diikutsertakan dalam perlombaan.

Kegiatan menulis, didorong dari banyak nya buku dan situasi yang saya baca.

Perpustakaan sekolah, sewaktu SMP sangat mengenalkan saya dengan jejeran penulis FLP dan beberapa ilmuan luar.

Sampai saat ini, Bapak banyak ninggalin kitab kitab dan pembelajaran bahasa arab.

Mamah jelas selalu belajar dan membuat media pembelajaran walaupun beliau gaptek.

Adik laki laki baca buku dan majalah agama. Yang perempuan lebih banyak buku buku remaja romance dan selfhelp.

Saya lebih banyak buku sastra luar dan dalam negeri.

Hikmah tidak hanya didapat dari buku agama. Tapi dari buku apapun, selama kita bisa jadi pembaca yang baik.

#21DWC #AWF18 #UKMKIALQOLAM #MOTIVASIMENULIS #D1 #motivasimenulis
Tak disangka, adik adik dan orang tuaku sangat suka menulis. Lantas tak heran aku juga begitu. Lucunya, setiap dari kita pasti mempunyai beberapa buku catatan. Mamah rajin sekali mengumpulkan klipingan resep masakan yang didapat dari koran, majalah atau bungkusan sereal. Kadang, kalau pergi ke tempat kerabat. Mamah meminta resep dan menuliskannya di halaman klipingan yang masih kosong. Selain itu, mamah selalu mencatat beberapa rangkuman materi dan peta pikir suatu materi dicatatan lain. Sementara Bapak, seorang pengrajin sepatu yang berhijrah tekun mencatat materi materi ceramah. Membuat rangkuman dari buku buku yang beliau beli setiap saat. Membuat buku catatan lipat berupa kosakata bahasa Arab yang biasa ia bawa disakunya. Seperti Bapak, adik lakilakiku, demikian juga. Bedanya, adikku punya catatan kecil berupa kumpulan hikmah dan nasihat yang mungkin ia kadang dapatkan dikeseharian. Beberapa diari dan cerita pendek ia buat juga. Adik perempuanku ketularan juga, sedikit romance membuat pembeda tulisan mereka. Sementara saya, sejak SMP saya sering menulis di Blogger, setiap seminggu sekali di ruang komputer saya berjejaring dengan beberapa blogger. Sewaktu SMA, produktifitas menulis dan membaca saya menurun karena jadwal belajar dan eskul saya sangat padat. Tapi salah satu teman saya selalu mendukung saya untuk terus menulis, sampai akhirnya saya kirimkan salah satu tulisan di blog saya untuk diikutsertakan dalam perlombaan. Kegiatan menulis, didorong dari banyak nya buku dan situasi yang saya baca. Perpustakaan sekolah, sewaktu SMP sangat mengenalkan saya dengan jejeran penulis FLP dan beberapa ilmuan luar. Sampai saat ini, Bapak banyak ninggalin kitab kitab dan pembelajaran bahasa arab. Mamah jelas selalu belajar dan membuat media pembelajaran walaupun beliau gaptek. Adik laki laki baca buku dan majalah agama. Yang perempuan lebih banyak buku buku remaja romance dan selfhelp. Saya lebih banyak buku sastra luar dan dalam negeri. Hikmah tidak hanya didapat dari buku agama. Tapi dari buku apapun, selama kita bisa jadi pembaca yang baik. #21DWC  #AWF18  #UKMKIALQOLAM  #MOTIVASIMENULIS  #D1  #motivasimenulis 
Joyful Set Available online!
(2X&3X)
.
.
@iamquichedetroit Fash Art Event
Model: @iamtrubryant 
Phot: @darrienpope .
.
#ingjoy#ingjoyboutique#ingjoyandco 
#awf18 #whereArtmeetsFashion
The last raver 🎶 @awakenings @awakenings_festival  see you next year!!🙌
#livetotraveland #livetotravel 
#awakenings #awakeningsfestival  #awf18 
#amsterdam #spaarnwoude #holland #festival #tecnho #drumcode #music
#throwback with the girls at @amsterdamfashionweek #awf #awf18
Art & Fashion go hand in hand!
Quiché FashArt Collections
Outfit: @ingjoyboutique 
Art: @kokoinspiredart 
Model: Crystal White
📷: @imagesbymws
#DRR2018#AWF18#fashion#detroit#collaborate#blog#artist#chicago#newyork#paris#love#instafashion#trend#sketchbook#ootd#drawings#urban#model#watercolor#blue#styleblogger#contemporaryart#fashart #artoftheday#art#follow#fashionblogger#frame
Art & Fashion go hand in hand!
Quiché FashArt Collections
Outfit: @ingjoyboutique 
Art: @kokoinspiredart 
Model: @djlover007
📷: @imagesbymws
#DRR2018#AWF18#fashion#detroit#collaborate#blog#artist#chicago#newyork#paris#love#instafashion#trend#sketchbook#ootd#drawings#urban#model#watercolor#blue#styleblogger#fashart #artoftheday#art#follow#fashionblogger
Art & Fashion go hand in hand!
Quiché FashArt Collections
Outfit: @ingjoyboutique 
Art: @kokoinspiredart 
Model: @theblaqueheauxl
📷: @darrienpope 
#DRR2018#AWF18#fashion#detroit#collaborate#blog#artist#chicago#newyork#paris#love#instafashion#trend#sketchbook#ootd#drawings#urban#model#watercolor#blue#styleblogger#flowers#artoftheday#art#follow#fashionblogger#lifestyleblogger#fashart#vogue
Art & Fashion go hand in hand!
Quiché FashArt Collections
Outfit: @ingjoyboutique 
Art: @kokoinspiredart 
Model: @the__real__tesla
📷: @imagesbymws
#DRR2018#AWF18#fashion#detroit#collaborate#blog#artist#chicago#newyork#paris#love#instafashion#trend#sketchbook#ootd#drawings#urban#model#watercolor#blue#styleblogger#fashart#vogue #artoftheday#art#follow#fashionblogger
The world is for runway!!😍💜😘🧡
Models: @gorgeousbeauty25 @tashi_42
📸: @darrienpope .
.
.
#TheFashionStatement #TheFashionStatementBrand #FashionDesigner #AfricanPrint #Glam #KenteCloth #Style #Models #AWF2018 #AWF18 #AWF36 #Africa #DRR2018 #BlackGirlMagic #Photography #Fashion #Curvy #Detroit #Hair #Makeup #Beauty #Culture
@modelcitizenmedia
I was so geeked to Rock The Runway with one of my trusted Soul Sista’s. We have been through a lot in these 15 years. But Together We Will Always Rise 💫! Styled by @iamquichedetroit clothing from @ingjoyboutique 📸 @darrienpope #AWF18 #DRRW2018 #Fashion #Squad #EnchantedLife #NaturalHair #CharlesHWrightMuseum #MadeInTheD #SoulSista
#Repost @iamquichedetroit with @get_repost
・・・
Art & Fashion go hand in hand!
Quiché FashArt Collections
Outfit: @ingjoyboutique 
Art: @kokoinspiredart 
Model: @danamari1 📷: @darrienpope 
#DRR2018 #AWF18 #fashion#detroit#collaborate#blog#artist#chicago#newyork#paris#love#instafashion#trend#sketchbook#ootd#drawings#urban#model#watercolor#blue#styleblogger#erykahbadu#artoftheday#art#follow#fashionblogger